Wujudkan Semarang Smart City

Semarang smart cityPT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mewujudkan program Digital Govermnet Services melalui Semarang Smart City”. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, SE, MM dan General Manager Telkom Witel Jateng Utara Rosyidul Umam Aly disaksikan Direktur Enterprise & Wholesale Telkom, Muhammad Awaluddin di Balaikota Semarang (5/4).

Konsep Semarang Smart City bertujuan guna menjadikan Kota Semarang sebagai kota yang pintar dengan memberikan pelayanan yang berbasis Information Technology (IT) secara holistik. Kick off Semarang Smart City ini sebagai bagian dari peringatan ulang tahun ke-466 Kota Semarang pada 1 Mei mendatang. Menandai kick off Semarang Smart City, Telkom meresmikan penggunaan 1.200 titik akses Indonesia Wifi.

Akses tersebut dipasang di antaranya di sepanjang jalan protokol meliputi Jl. Pemuda untuk mendukung akses kegiatan perkantoran dan sekolah; sepanjang Jl. Pandanaran untuk mendukung wisata kuliner; sepanjang Jl Pahlawan dan Simpang Lima untuk mendukung kegiatan sosial masyarakat seperti Car Free Day dan temu komunitas.

Direktur Enterprise & Wholesale Muhammad Awaluddin mengatakan, pemasangan 1.200 titik akses Wifi di seluruh areal publik di Kota Semarang tersebut merupakan bagian dari 20.000 titik akses yang akan dipasang di seluruh Kota Semarang. “Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi negara siap mendukung visi pemerintah Kota Semarang, yakni terwujudnya Semarang sebagai kota perdagangan dan jasa yang berbudaya menuju masyarakat sejahtera,” papar Awaluddin.

Melalui penandatanganan MoU ini Telkom berharap dapat membantu Pemkot Semarang meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Sekaligus mewujudkan Semarang sebagai kota seni budaya, kuliner dan wisata,” tambah Awaluddin.

Terkait dengan kemudahan akses informasi, Telkom siap menggelar program IndiSchool di Semarang. Menurut Awaluddin, khusus di Kota Semarang Telkom memproyeksikan penggelaran program IndiSchool di 4.000 sekolah. IndiSchool adalah layanan akses internet Indonesia Wifi untuk komunitas pendidikan yang diberikan oleh Telkom Group.

Saat ini sebanyak 50 sekolah sudah bergabung dalam program IndiSchool. Bersamaan penandatangan MoU dengan pemkot Semarang, Awaluddin menyerahkan penghargaan kepada 3 IndiSchool terbaik di Semarang, yakni SMAN 5, SMAN 4 dan SD Al Azhar 25. Memeriahkan IndiSchool dilaksanakan pameran robotika, lomba try out dan games, pameran produk Telkom Group dan Seminar UKM yang diikuti oleh 320 pelaku UKM.

“Program Semarang Smart City sejalan dengan program yang tengah dijalankan Telkom, yakni IndiSo (Indonesia Digital Society), dimana program lainnya adalah IndiSchool, IndiPreneur dan IndiFinance. IndiSo sendiri merupakan salah satu inisiatif untuk mengisi program besar Telkom yakni Indonesia Digital Network (IDN).

IDN mengemban visi pengembangan infrastruktur true broadband Telkom secara end to end (user terminal, akses, transport dan service) yang akan dicapai melalui pembangunan tiga infrastruktur utama, yakni ID Acces, ID Ring dan ID Covergance. Pembangunan ketiga infrastruktur utama Telkom itu didasari oleh pemikiran bahwa setiap lapisan masyarakat Indonesia berhak mengakses informasi yang sama.

“Kami meyakini kemudahan mengakses informasi akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dan Kota Semarang khususnya,” jelas Awaluddin. Telkom terpanggil untuk proaktif menjadi terdepan dalam melayani Digital Society dan Digital Ecosystem di Indonesia yang tumbuh pesat sejalan dengan tren global. “Persembahan Telkom Indonesia untuk Indonesia,” ujarnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: