Pengembang Lain Bukan Pesaing Tapi Mitra

pengembangMasuknya para pemain nasional dan tumbuhnya para pemain lokal di bisnis properti di Semarang, tentu menciptakan kompetisi yang ketat di bisnis properti. Bagi Abdul Manaf Fudloly, Manajer Pemasaran Permata Puri, pengembang lain bukanlah pesaing, namun merupakan mitra untuk sama-sama tumbuh di bisnis properti.

“Semakin banyak pengembang yang berbisnis properti di Semarang, bagi kami merupakan mitra untuk mengedukasi pasar secara bersama-sama. Pasar akan semakin paham bagaimana menilai produk dan harga rumah,” papar Pak Manaf, panggilan akrabnya, saat ditemui di kantor Pemasaran Permata Puri.

Pengembang tentu akan dituntut untuk mampu menarik hati konsumen agar menjatuhkan pilihan pada perumahan yang dikembangkannya, tanpa memberikan penjelasan negatif pada pengembang lain. Di sinilah pengembang harus mampu menghadirkan produk yang berkualitas dan layanan yang prima.

“Kuncinya adalah bagaimana membuat produk yang benar-benar berkualitas dan memberikan layanan bagus pada konsumen. Untuk perumahan Permata Puri, bahkan kami selalu berusaha meningkatkan kualitas lingkungan, seperti dengan menambah taman di lahan kosong, dan menghadirkan fasilitas tambahan,” imbuhnya.

Untuk bisa diterima pasar, pengembang tentunya harus bisa memilih tempat yang tepat untuk membangun sebuah kawasan perumahan. Pengembang pasti memiliki tim survei untuk memilih tempat yang sesuai dengan kriteria dan menjadi standart tiap pengembang. Aksesibilitas, fasilitas umum, serta keamanan biasanya menjadi pertimbangan utama.

“Desain rumah juga menjadi salah satu faktor penting bagi konsumen untuk membeli rumah. Jika pengembang bisa menghadirkan desain yang membuat calon pembeli langsung tertarik pada pandangan pertama, tentu ini akan membuat produk yang dihadirkannya diterima oleh pasar,” ungkap Pak Manaf.

Desain rumah yang sekarang banyak digemari adalah desain rumah minimalis modern. Selain tampak elegan, desain rumah minimalis juga lebih hemat secara biaya jika dibandingkan dengan rumah bergaya natural. Ini karena desain rumah natural membutuhkan pilihan materi atau bahan bangunan khusus untuk menghadirkan suasana natural.

“Permata Puri sejak awal menghadirkan desain yang memang banyak digemari, yaitu minimalis modern. Desain rumah juga disesuaikan dengan iklim di Semarang, sehingga tetap nyaman ditinggali. Para pembeli juga akan dimintai persetujuan desain sebelum rumah dibangun,” jelasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: