IndiPreneur Fest 2013 Bantu UMKM ke Bisnis Online

smart bisnisDari bukan apa-apa menjadi pengusaha dengan omzet miliran rupiah. Fenomena ini kini banyak dijumpai, terutama bagi mereka yang memasarkan bisnisnya melalui internet. Tidak heran jika pagi itu (5/4), Aula Balai Kota Semarang tampak penuh peserta yang antuias untuk mendengar pengalaman dan ilmu dari berbagai pakar dan praktisi bisnis online.

Ya, IndiPreneur Fest 2013 singgah di Semarang dengan menghadirkan pembicara yang tidak asing lagi di dunia online. Yaitu M Awaluddin (Direktur EWS Telkom), Nukman Luthfie (Pakar e-Commerce), Fahmi Rizwasyah (Praktisi Online), Ponco Suhirno (presidentfurniture.com), Sri Margo Waluyo (indovenetianmirror.com), Ace (GM Industry Services Telkom), dan M. Izzudin (Smartbisnis.co.id)

Dalam acara yang digelar dari pagi hingga sore ini, mengundang Walikota Semarang, Kadonkop dan UMKM Kota Semarang, 50 UKM Binaan Telkom, 50 UKM Binaan Bank Pundi, 200 UKM dari Asosiasi Terpilih, 10 Media Massa, Direktur EWS, EGM DBS, EGM DSC, EGM DTT, SGM CDC, GM Telkom Jateng Utara, dan Group Head EWS.

Peserta yang datang tidak hanya mendengarkan dan berdiskusi dengan nara sumber tentang berbagai peluang yang bisa diraih dengan memasarkan produk di internet. Peserta juga bisa mendaftar langsung di situs Smartbisnis.co.id yang merupakan fasilitas dari PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) untuk memasarkan berbagai produk UMKM secara online.

IndiPreneur Festival 2013 yang digelar di Semarang ini merupakan bagian dari peluncuran program IndiPreneur, Telkom. Tujuan dari program ini untuk membekali para pelaku UMKM dengan pengetahuan mengenai implementasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendukung bisnis. Selain Semarang, berbagai kota lain juga disinggahi, total ada 10 kota, yaitu Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Jogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Makasar dan Bali.

Dalam program IndiPreneur, Telkom memberikan akses internet dan berbagai aplikasi bisnis seperti web hosting, domain name dan e-commerce application secara gratis agar pelaku UMKM tidak harus terbebani biaya yang tidak relevan dengan bisnisnya namun hanya membayar ketika terjadi transaksi bisnis saja.

Tidak hanya itu, aplikasi yang dikembangkan untuk UMKM ini juga menggunakan konsep open platform sehingga membuka kesempatan bagi pihak-pihak lain (content developer, application developer) untuk bermitra memperkaya content dan aplikasi tersebut dengan kemampuan lain yang mungkin dikembangkan.

“Melalui kegiatan IndiPreneur Fest 2013, Telkom mengharapkan para pelaku UMKM dapat merasakan langsung dari penggunaan teknologi informasi secara efektif dan dapat bertemu secara langsung dengan para pakar dan praktisi bisnis online yang telah berhasil dalam berkiprah di pasar global. Selanjutnya kami merencanakan untuk melaksanakan IndiPreneur Award pada bulan Desember 2013, yang memilih UMKM terbaik dalam mengimplementasikan bisnis online,” papar Muhammad Awaluddin, Direktur Enterprise dan Wholesale Telkom.

Advertisements

One Response

  1. Silakan, bagi yang membutuhkan billboard atau neon box / neon sign bagi usahanya, klik -> http://www.candikarya.com | CV Candi Karya Advertising Semarang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: