Daya Magis Kata-kata

BonitaUbahlah hidup Anda dengan kata-kata yang positif’’ (Yvonne Oswald)

Santiago, pengembala yang telah menjelajahi padang-padang rumput di Spanyol, sudah memutuskan untuk memburu impiannya: pergi ke piramida di Mesir. Tapi lantas dia ragu-ragu sebelum akhirnya pada sebuah taman dia bertemu seorang lelaki tua yang mengaku bernama Raja Melkisedek. Dia berkata, “Bila engkau mengejar apa yang kaudambakan, maka seluruh alam semesta akan membantumu mewujudkannya.”

Santiago yang tadinya ragu-ragu itu lantas mantap pergi menyeberangi selat dan pergi ke gurun untuk menuju piramida di Mesir. Tentu banyak cobaan dia alami, tapi kata-kata si Raja Tua itu selalu terpacak dalam benaknya. Dan pada akhir cerita dalam novel Sang Alkemis karya Paulo Coelho itu, Santiago sadar impiannya telah terwujud: dia beroleh harta karun dan berkesempatan bertemu dengan Fatima, gadis yang dia temui dalam pengembaraan.

Novel Paulo Coelho itu jadi best seller di seluruh dunia lantaran tema sentralnya lewat kata-kata Raja Melkisedek itu begitu inspiratif. Tak hanya bagi Santiago, tapi juga buat seluruh pembaca novel itu. Setelah novel tersebut, karya-karya Coelho selalu ditunggu pembaca, bahkan sebelum diterbitkan. Kebetulan Coelho secara aktif menuliskan kisah pendek inspiratif atau sekadar menuangkan kata-kata inspirasi di blognya: paulocoelhoblog.com.

Ya, betapa ajaibnya kata-kata. Ia bisa membangkitkan orang yang tengah galau, atau bahkan frustasi, untuk bangkit. Ia bisa membuat seseorang menemukan kepercayaan dirinya. Ambil contoh seorang gadis yang begitu kikuk dan canggung ketika berinteraksi sosial hanya lantaran dia merasa tubuhnya gemuk. Dia sering tidak nyaman ketika berkumpul dengan sebayanya yang rata-rata bertubuh langsing. Namun, suatu hari seseorang mengatakan padanya, “Siapa bilang tubuhmu gemuk? Kau ini montok dan menarik. Bahkan orang sepertimu memiliki sex appeal tertentu.”

Dari kata-kata itu, dia lantas mendapatkan rasa percaya dirinya. Dia menjadi riang saat bergaul dengan sebaya. Pelan-pelan dia melupakan kegemukan tubuhnya dan merasa yakin bahwa tubuhnya montok yang berdaya sex appeal.

Membentuk Mindset
Sudah banyak pakar komunikasi menyebutkan bahwa kata-kata terutama yang diucapkan atau dipikirkan secara berulang-ulang untuk diri sendiri dan orang lain akan membentuk mindset atau tatanan berpikir yang sangat penting bagi yang bersangkutan. Bahkan ada seorang pakar yang melakukan penelitian mengenai kekuatan kata-kata lewat medium air. Dr. Masaru Emoto, seorang peneliti dari Jepang, melakukan penelitian yang patut dicatat tentang relasi antara pikiran dan materi dengan menggunakan kristal-kristal air. Dengan menggunakan sebuah mikroskop yang sangat kuat dan teknik pemotretan berkecepatan tinggi di ruangan yang sangat dingin, ia memotret kristal-kristal air yang beku.

Dia menemukan bahwa kristal-kristal berubah ketika pikiran-pikiran yang spesifik dan terpusat diarahkan kepada mereka. Misalnya, ketika ia menyajikan kata-kata dan musik yang indah (tertulis atau diucapkan) untuk membentuk kristal-kristal air, ia mengamati bahwa air berkembang ke dalam pola-pola yang kompleks, indah, dan berwarna-warni, seperti serpih salju. Air yang dipaparkan terhadap pikiran yang berenergi rendah, misalnya emosi negatif (takut, marah, dan sebagainya), memiliki pola-pola yang berwarna buram dan tidak simetris.
Dari penelitian ini dan penelitian serupa lainnya, mudah dibayangkan bagaimana kata-kata dan pikiran berdampak sama pada tubuh manusia karena 70 persen dari tubuh kita adalah air, sebagaimana bumi sendiri.

Begitu pula pakar komunikasi Yvonne Oswald, dalam bukunya Every Word Has Power (2008), menyatakan bahwa kata-kata kita memiliki daya. Kata-kata membentuk masa depan kita dan mentransformasikan diri kita ke dalam hal-hal yang menakjubkan. Disadari atau tidak, kata-kata yang diucapkan untuk diri sendiri menentukan hasil atau tujuan yang hendak kita capai.
Baik Dr. Masaru maupun Yvonne sangat memercayai energi yang keluar dari kata-kata. Bila kita kerap memakai kata-kata yang berenergi positif (berupa kata-kata bermakna positif) secara langsung diri kita dipenuhi energi positif. Karena itu, keduanya menyarankan agar kita benar-benar mengendalikan atau benar-benar memilih kata-kata yang kita ucapkan sedapat mungkin berdaya positif.

Beberapa contoh bisa dikemukakan, misalnya alih-alih mengatakan, “Hal itu tidak buruk”, kita mengubahnya menjadi ‘’Itu cukup baik”. Atau, ketimbang mengatakan, “Jangan khawatir”, lebih baik kita mengucapkannya, “Anda akan baik-baik saja”. Atau, kata-kata yang berkesan positif seperti “Aku sudah bekerja keras” lebih baik dikatakan dengan “Aku sudah bekerja dengan baik”. Bahkan, kata-kata yang memiliki daya negatif, bisa diminimalisasi efeknya dengan kata-kata yang lebih menguatkan diri sendiri. Contohnya kalimat “Aku takut” seyogianya diubah menjadi “Aku tidak memiliki keberanian” (kata “takut” yang negatif diganti dengan kata “keberanian” yang positif).

Jadi, tak termungkiri lagi betapa berdayanya kata-kata untuk memotivasi diri. Sebaliknya, kata-kata juga bisa mendemotivasi diri bila kita terbiasa menggunakan kata-kata berenergi negatif.
Sebenarnya, kita sudah begitu meyakini kekuatan kata-kata. Itu sebabnya acara televisi atau off-air yang mendatangkan para pakar motivasi selalu mendapat respons bagus. Orang seperti Mario Teguh, Tung Desem Waringin, dan lain-lain adalah pakar-pakar yang selalu dinantikan orang-orang yang ingin termotivasi oleh kata-kata mereka.

Begitu pula, di internet, banyak sekali situs yang menyajikan kata-kata bijak, kata-kata mutiara, kata-kata motivasi. Jejaring sosial pun setali tiga uang dan umumnya diikuti banyak pengguna di dunia maya. Mereka semua yakin, betapa kata-kata mampu memunculkan energi magis, betapa kata-kata mampu menciptakan keajaiban bagi kehidupan manusia.

Jadi, jangan main-main dengan pilihan kata-kata yang kita pikirkan atau kita ucapkan. Kau adalah kata-kata yang muncul dari dirimu.

Bonita DS
Direktur YPI Training Centre & Consultancy
Professional Trainer/
Host “Pilih Pola Sehat” TVB Kompas  setiap Selasa 11.00 – 12.00

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: