Duta Wisata Itu Ibarat Public Relation

martina fianiTahun ini, Visit Jawa Tengah (Jateng) digelar. Banyak orang yang diharapkan ikut berkiprah di dalamnya, temasuk Mbak Jawa Tengah 2012 tentunya. Martina Fiani, gadis kelahiran Magelang, 17 Maret 1991 ini yang terpilih untuk menjadi Duta Wisata Jateng 2012. Apa saja pengalaman yang didapat cewek yang sedang menempuh pendidikan S1 Ekonomi ini selama mengikuti pemilihan Mbak Jateng 2012, berikut wawancara Tabloid Simpang5.

Bisa ceritakan bagaimana awalnya sampai memutuskan untuk ikut pemilihan Mbak Jateng 2012?
Pertama kali ikut disuruh sama mama, tadinya aku tomboy banget udah gitu pemalu lagi. Jadi disuruhlah aku ikut pemilihan duta wisata. Mungkin tujuannya mengubah kebiasaanku yang slengekan dan tomboy, juga biar aku latihan percaya diri. Awalnya aku ngga begitu berminat mengikuti ajang seperti itu, karena itu bukan aku banget. Tapi, berhubung mamaku yang minta dan agak maksa, jadinya ikutlah aku. Aku pengen bikin mama bangga sama aku, karena selama ini aku ngerasa belum bisa bikin mama bahagia dan bangga sama aku.

Tentu banyak pengalaman yang didapat selama mengikuti pemilihan Mbak Jateng 2012, apa saja di antaranya?
Pengalaman yang didapet banyak banget, ngga perlu les kepribadian tapi kita bisa mengerti itu dengan ikut ajang Mas Mbak Jateng. Bisa mengerti public speaking tanpa harus kursus, belajar marketing juga, pokonya banyak banget manfaat yang bisa diambil. Tadinya aku yang pemalu sekarang mulai berani ngomong di depan umum. Sudah ngga malu-malu lagi kayak dulu, hehehe… malah jadi ketagihan naik panggung.

Sebagai Mbak Jateng, tentu juga mengemban tugas sebagai duta wisata Jateng. Apa saja sih tugas seorang duta wisata itu?
Tugas duta wisata itu jika di perusahaan ibarat public relation. Jadi seorang duta wisata dituntut bisa menjadi jembatan antara dinas pariwisata dengan masyarakat. Atau juga memberikan informasi kepada masyarakat mengenai obyek wisata, event-event kebudayaan, daya tarik wisata, makanan khas, kesenian, dan kebudayaan Jateng.

Berkait dengan Visit Jateng 2013, apakah ada persiapan atau pelatihan khusus dari pemerintah yang diberikan kepada Mbak dan Mas Jateng atau pun duta wisata Jateng lainnya?
Terkait Visit Jateng, belum ada pelatihan yang diberikan oleh pemerintah. Namun saat karantina kemarin, sempat disisipi materi-materi mengenai wisata unggulan dan public speaking, yang sedikit banyak bisa dijadikan modal untuk membantu menyukseskan Visit Jateng 2013. Selain itu kami juga diberi tugas membuat makalah berisi kegiatan yang akan kami lakukan dalam rangka mendukung Visit Jateng 2013 di daerah masing-masing.

Menurut kamu, apa saja yang perlu ditingkatkan dari Jawa Tengah agar menjadi salah satu tujuan utama wisata di Indonesia?
Pelayanan umum yang memadai mungkin ya, karena sekarang kan lagi ngetren backpacker. Jadi jika fasilitas dan pelayanan umum memadai dan membuat mereka nyaman, pasti pariwisata Jateng akan lebih maju. Lebih ke sarana dan prasarananya gitu, yang jadi pendukung wisata.

Tentu menjadi sebuah kebanggan tersendiri terpilih sebagai Mbak Jateng 2012. Punya tips bagi mereka yang ingin menjadi Mbak Jateng tahun depan?
Bangga pasti, karena tercatat pernah menjadi Mbak Jateng, hehehe… Tipsnya berlatih yang serius, do ur best. Ketika kita melakukan yang terbaik Tuhan punya cara yang indah untuk menjawab usaha-usaha kita. Yang kedua ikhlas, apapun hasilnya ketika kita sudah melakukan yang terbaik, jangan pernah kecewa terhadap diri sendiri. Yang terakhir dan paling penting, minta doa ibu. Restu dan doa ibu itu mengalahkan segalanya, hehehe…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: