Bagaimana Dia Tahu Kau Mengasihinya?

Bonita“Katakan padaku, apa alasan Anda menutup hati terhadap Putri Anda sendiri? Tidakah Anda sadar dia begitu istimewa? Sepanjang hidup, aku mencari cinta seperti yang dia berusaha berikan untuk Anda. Kenapa tidak Anda cintai saja dia? Dia begitu mudah untuk dicintai,” ujar Paul Sutton

“Kau lihat semua ini? Tanah ini, kebun anggur ini? Menurutmu untuk siapa aku melakukan semua hal itu selama 365 hari dalam setahun? Untuk keluargaku. Aku mencintai seluruh keluargaku,” jawab Alberto Aragon.
“Maka seharusnya Anda menunjukkannya pada mereka,” tandas Paul.

Percakapan atau lebih tepatnya perdebatan sengit antara Paul Sutton (dimainkan oleh Keanu Reeves) dan Alberto Aragon (Giancarlo Giannini) itu muncul dalam film A Walk in the Clouds garapan sutradara Alfonso Arau. Alberto adalah orang yang keras terhadap hampir seluruh keluarganya. Kehadiran Paul Sutton ke keluarga Aragon mengubah sikap lelaki Meksiko tersebut.

Paul sebenarnya datang tanpa sengaja. Di perjalanan dia bertemu Victoria (putri Alberto) yang hamil tanpa suami. Ia gadis sangat ketakutan bila ayahnya tahu ihwal dirinya. Paul menawarkan diri menjadi “suami palsu” untuk menutupi aib itu. Di luar bahwa akhirnya Paul dan Victoria menjadi suami-istri betul-betul, film tersebut mengajarkan pada kita bahwa rasa kasih sayang itu perlu diekspresikan, dalam hal-hal tertentu secara eksplisit.

Jadi, apakah memang perlu kasih sayang ditunjukkan secara terbuka? Apakah itu namanya bukan berpamrih?
Lihatlah Alberto, dia selalu tampak keras, terutama terhadap Victoria. Rasa kasih sayang berlebihan membuat dirinya penuh kecemasan tidak bisa memberikan hal yang sempurna, sehingga dia memilih menutupi rasa kasih itu dengan sikap keras. Konsekuensinya, Victoria pun memiliki persepsi bahwa ayahnya kolot dan tak punya kasih sayang. Dalam kasus seperti ini, kasih sayang memang perlu ditunjukkan.

Di bulan Februari ini, ada satu hari yang dirayakan sebagai hari kasih sayang dengan sebutan Hari Valentine. Sebagian orang merayakannya. Pada hari itu, orang-orang mengekspresikan kasih sayang secara terbuka untuk orang-orang terdekat. Tapi, ungkapan kasih sayang tak hanya perlu diungkapkan selama satu hari saja. Setiap saat, bahkan setiap hari, kita bisa mengungkapkannya. Tentu saja, dengan cara yang berbeda-beda pada masing-masing orang.

Ada yang bisa mengungkapkannya secara verbal, tapi ada yang “gagap”. Seorang pria misalnya, tak selalu dia bisa secara verbal menyatakan cinta dan kasih sayang pada pasangannya. Kristin Booker, penulis gaya hidup di New York City yang juga pendiri dan editor blog Fashion. Style Beauty, mengatakan bahwa kita mungkin perlu melupakan kalimat pengakuan cinta. Meskipun kalimat itu tidak diucapkannya, tidak berarti orang yang bersangkutan tidak memikirkannya. Kemungkinan besar dia mengungkapkannya dengan cara lain. Ada kalanya ungkapan itu hanya berupa hal-hal kecil atau remeh-temeh.

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengungkapkan kasih sayang terhadap pasangan atau orang terdekat:

1. Ungkapkan secara Langsung
Pada Era Digital ini, komunikasi kita bisa saja dibantu beragam peranti. Kita bisa mengungkapkan kasih sayang melalui telepon, surel, SMS, Facebook, Twitter, atau BBM. Tapi mengatakan langsung dalam tatap-muka akan lebih afdal.

2. Mengingat hal-hal kecil yang tampaknya sudah terlupakan
Misalkan saja, istri atau suami kita ketika remaja menyukai salah seorang penyanyi yang sudah tidak populer lagi dan karyanya sudah tidak beredar di pasaran. Seiring berlalunya waktu, kemungkinan besar kita mengalami perubahan selera atau melupakan penyanyi idola itu. Akan sangat membahagiakan bila suatu hari kita diberi CD yang berisi lagu-lagu sang penyanyi. Ini bukan sekadar hadiah melainkan pengingatan terhadap kenangan lama yang dulunya sangat berkesan.

3. Memberikan Pujian
Setiap orang senang dipuji. Dan pujian adalah cara paling “mudah” untuk mengungkapkan kasih sayang tapi tak selalu bisa dilakukan saban orang. Kita bisa memuji orang yang kita sayangi setiap saat.

4. Selalu sedia pada momentum penting
Kita memiliki momentum penting yang bersifat personal seperti hari ulang tahun, ulang tahun pernikahan, ulang tahun jadian, dan sebagainya. Kehadiran atau kesiapsediaan kita pada momentum seperti itu juga merupakan ungkapan kasih sayang yang sangat bernilai. Pasangan atau orang terdekat kita akan merasa bahwa kita sangat berkomitmen.

5. Memberikan kejutan
Memberikan kejutan bagus akan dikenang dalam waktu lama dan orang yang diberi kejutan akan merasa dirinya benar-benar diperhatikan.

6. Jujur pada pasangan
Kejujuran meskipun tak selalu disadari pasangan kita tetap harus dilakukan. Ini menunjukkan bahwa kita memberikan kasih sayang secara tulus sebab kejujuran sering berkaitan dengan ketulusan.

7. Menepati janji
Menepati janji adalah ungkapan kasih sayang yang tak ternilai karena di dalamnya ada upaya kita untuk menjaga komitmen dan penghargaan terhadap pasangan atau orang yang kita kasihi. Bila ada kendala dalam upaya menepati janji, jangan lupa meminta maaf dan menjelaskan alasannya secara jujur.

Sekali lagi, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengungkapkan rasa kasih sayang terhadap siapa pun, masing-masing orang punya caranya sendiri. Tapi yang terpenting, semua ungkapan itu harus didasari ketulusan. Asal tulus, mengungkapkan perasaan secara terbuka akan lebih bagus lantaran tidak setiap orang bersifat sensitif terhadap cara-cara kita. Selamat merayakan hari-hari penuh kasih sayang…

Bonita DS
Direktur YPI Training Centre & Consultancy
Professional Trainer/
Host “Pilih Pola Sehat” TVB Kompas  setiap Selasa 11.00 – 12.00

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: