Natural Jadi Tren 2013 di Semarang

Tren 2013 di Semarang 1Ketika isu pendinginan global mulai tidak populer dan perlahan digantikan isu pemanasan global. Sejak saat itu gerakan kampanye go green banyak terdengar di berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia tentunya. Gerakan go green kemudian menjadi kebijakan berbagai pemerintahan dan perusahaan, bahkan kemudian menjadi gaya hidup yang terus meningkat setiap waktu.

Kampanye go green juga menginspirasi banyak ahli yang bergerak di berbagai bidang dalam kehidupan. Mulai dari teknologi, properti, bahkan dalam bidang kecantikan juga berlomba-lomba menghadirkan berbagai produk yang ramah lingkungan. Semua itu tentunya karena penduduk bumi ingin bumi tetap menjadi tempat yang nyaman untuk hidup.

Tahun 2013 ini banyak yang memprediksi gaya hidup kembali ke alam atau natural akan semakin banyak dijalankan oleh masyarakat di Kota Semarang. Tidak hanya perseorangan tapi juga banyak perusahaan yang akan menerapkan tren gaya hidup natural sebagai standar bagi produk-produk yang mereka hasilkan.

Properti
Kecenderungan untuk menghadirkan produk yang bertema natural, bahkan selama beberapa tahun ini semakin menguat. Inilah yang menjadi salah satu alasan prediksi, tahun 2013 tren rumah natural atau kembali ke alam akan semakin banyak dihadirkan di kota ini. Tidak hanya dalam desain rumah, tapi juga dalam tata kawasan yang terpadu, yang menghadirkan konsep kembali ke alam.

“Natural atau kembali ke alam akan jadi tren rumah 2013 di Semarang. Ini bisa dilihat di pameran properti yang diselenggaran belum lama ini di Semarang. Di pameran kemarin beberapa perumahan mengusung tema kembali ke alam. Salah satunya ada yang mengusung nuansa Bali dengan taman-taman yang ditonjolkan,” jelas Sukawi, Dosen Arsitektur Universitas Diponegoro.

Busana
Batik akan menjadi salah satu busana yang akan jadi tren di Semarang tahun ini. Gelaran visit Jawa Tengah menjadi salah satu alasan untuk menonjolkan berbagai batik khas Semarang. Salah satu tema batik yang akan jadi tren adalah batik natural. Ini mengacu pada produk batik tulis dan cap dengan pewarnaan alam, yang memberikan motif dan warna alam yang bernilai estetik.

Kecantikan
Berbagai produk maupun perawatan kecantikan juga telah lama menghadirkan produk-produk yang natural. Tema kembali ke alam tidak saja menarik bagi para pelanggan, tapi juga telah menjadi favorit berbagai kalangan untuk merawat kecantikan secara alami. Tahun 2013 ini berbagai produk kecantikan yang bertema natural akan menjadi tren yang semakin banyak digemari dan dihadirkan.

Martha Tilaar Salon Day Spa yang selama ini banyak dikenal dengan berbagai produk yang natural, di awal tahun ini juga mengangkat berbagai ritual perawatan alami. Batimung Spa, sensasi ritual detoksifikasi dari Tanah Borneo menjadi salah satu produk yang dikenalkan kepada masyarakat Semarang, dan tentunya banyak produk lainnya.

Gaya Hidup
Pola makan yang benar dan sehat semakin menjadi kesadaran masyarakat Semarang untuk diterapkan sebagai gaya hidup. Berbagai produk makanan organik juga semakin banyak diburu mereka yang ingin hidup sehat. Tahun 2013 ini diprediksi gaya hidup yang sehat, terutama pola makan dengan berbagai menu organik akan menjadi tren yang banyak dijalankan.

“Untuk  kuliner yang menawarkan gaya hidup sehat menurut saya peluang bisnisnya di 2013 dan ke depannya sangat bagus. Karena semakin hari orang akan semakin sadar tentang pentingnya kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan makin banyaknya demand akan bahan-bahan makanan yang diproduksi secara organik,” papar Handayani Budiharto, Branch Manager Mymeal Catering Semarang.

Tren kembali ke alam atau natural tidak saja baik bagi setiap individu, tapi juga bagi generasi penerus bumi ke depan. Tentu kita semua berharap hal tersebut tidak hanya menjadi tren sesaat, tapi bisa menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh semua manusia secara berkelanjutan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: