Ketika Pegiat Social Media Semarang Berkumpul

Social MediaSiapa sih yang tidak punya akun di social media atau media sosial? Seperti facebook, twitter, instagram, pinterest, dan lainnya. Pasti Anda juga punya bukan? Nah bagi masyarakat Semarang yang punya akun di media sosial tentu tidak asing dengan berbagai akun informasi tentang Semarang. Berbagai akun tersebut memiliki jumlah pengikut atau follower yang tidak sedikit, hingga puluhan ribu.

Akun twitter @wisatasemarang misalnya, sejak hadir lebih dari dua tahun lalu telah memiliki follower lebih dari 15 ribu. Informasi yang disampaikan, seperti dengan namanya, yaitu berkisar informasi tentang pariwisata di Semarang. Tabloid Simpang5 sebagai salah satu media yang telah lebih dari 8 tahun hadir juga punya akun di twitter @simpang5, berbagai info terbaru yang dimuat di edisi cetak hadir di akun tersebut.

Beberapa waktu lalu, berbagai admin dari akun informasi Semarang berkumpul untuk saling mengenal, berbagi informasi, dan berkeinginan untuk mengangkat Semarang melalui social media. Para admin yang datang di antaranya @wisatasemarang, @kotaSMG, @infotembalang, @loenpia, @dotsemarang, @klikSMG, @simpang5, dan berbagai akun lainnya.

Berawal dari pertemuan tersebut terbentuklah Forum Social Media Semarang. Sebagai forum yang lahir dari dunia internet, berbagai diskusi tidak hanya dilakukan dengan bertemu secara langsung, namun lebih secara online dengan menggunakan berbagai social media, seperti saling mention di twitter, grup facebook, dan paling aktif di WhatsApp.

Dari berbagai ngobrol dan diskusi tersebut, setidaknya ada beberapa hal yang telah dilakukan untuk mengangkat Semarang melalui social media. Salah satunya adalah saat digelarnya Festival Kota Lama. Dengan menggunakan tagar #KotaLamaFest berbagai akun tersebut benar-benar mampu menghidupkan agenda tersebut. Tidak hanya ramai di lokasi tapi juga dilihat hingga jutaan orang di dunia maya. “Impresi tagar #KotaLamaFest sangat tinggi, dalam sehari mencapai jutaan,” jelas Sofyan pemilik akun @visitsemarang.

Tentu tidak hanya Festival Kota Lama, para pegiat social media juga sering berperan serta dalam agenda promosi wisata yang dilaksanakan oleh pemerintah, seperti dalam trip Jateng (Jawa Tengah) dengan tujuan Semarang – Demak – Kudus – Jepara – Semarang yang diselenggarakan oleh Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) Jateng.

Dalam acara tersebut, berbagai akun yang ikut di dalamnya melakukan liputan langsung dengan menggunakan media twitter, facebook, instagram, dan lainnya. Laporan langsung melalui media social tersebut menjadi diskusi yang menarik antara akun dan followernya. Para peserta juga menyempatkan diri untuk membuat tulisan di blog atau website saat jam istirahat di hotel atau penginapan.

Berkumpulnya para admin informasi tentang Semarang di media sosial tentu menjadi salah satu terobosan untuk semakin mengangkat berbagai potensi di kota ini. Apalagi dengan semakin besarnya pengguna media sosial, sehingga semakin banyak yang akan membaca informasi yang disampaikan. Kita semua tentu berharap Semarang akan semakin maju dan kreatif.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: