Bijak Berlibur di Akhir Tahun

BonitaIni sudah bulan Desember, dan akhir tahun semakin dekat. Tampaknya sudah jadi tradisi, sebagian besar kita merayakan akhir tahun dengan berlibur. Benarlah, berlibur di akhir tahun tentu saja perlu. Setidak-tidaknya, dengan berlibur kita bakal bisa rehat sejenak dari rutinitas selama satu tahun lamanya.

Liburan bisa mengembalikan kesegaran tubuh dan pikiran kita. Liburan tak hanya penting bagi kebutuhan rohaniah, tapi juga jasmaniah. Banyak penelitian menyebutkan bahwa stres kronis dan rasa komitmen yang berlebihan pada pekerjaan bisa meningkatkan beberapa penyakit fisik seperti risiko penyakit jantung dan stroke.

Rutinitas memang menyebabkan stres dan itu bisa “dipadamkan” dengan rehat sejenak dalam bentuk liburan. Jadi, bisa dikatakan liburan memiliki manfaat untuk menghindari depresi, ketegangan psikis atau kelelahan mental. Selain itu, liburan juga bisa merekatkan hubungan keluarga. Sebab, kebersamaan di antara anggota keluarga bisa dibangun dalam suasana santai seperti saat berlibur.

Tapi liburan juga membutuhkan pengorbanan, khususnya finansial. Pasalnya, liburan membutuhkan biaya di luar kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan lainnya. Padahal, liburan akhir tahun termasuk peak season. Maksudnya, biaya-biayanya bisa sangat tinggi. Liburan akhir tahun akan sangat menguras pengeluaran. Maka, bijak sekali kalau kita merencanakan liburan akhir tahun dengan sebaik-baiknya.

Beberapa hal yang seyogianya kita perhatikan dalam perencanaan liburan akhir tahun, sebagai berikut:

Tujuan Liburan
Destinasi atau tujuan liburan sudah pasti memengaruhi kita dalam penyusunan bujet liburan kita.  Bila kita termasuk orang yang secara rutin berlibur di akhir tahun, sedapat mungkin tempat tujuan liburan adalah benar-benar tempat yang belum kita kunjungi.

Bila tujuan sudah ditentukan, kita bisa merencanakan segala sesuatunya, termasuk biaya-biaya yang harus dianggarkan. Beruntung sekali informasi mengenai destinasi liburan bisa kita peroleh dengan mudah melalui banyak sekali situs di internet.
Untuk menekan biaya, kita bisa mencari paket-paket promo yang banyak sekali ditawarkan oleh biro-biro perjalanan. Kalau liburan bersifat mandiri, tak ada salahnya mengecek tiket promo untuk pesawat terbang yang bisa diakses secara online.

Yang sangat penting kita perhatikan adalah memilih tempat berlibur yang sesuai dengan karakter kita. Atau katakanlah tempat liburan yang sesuai dengan minat kita. Dengan begitu, kita lebih senang menghabiskan waktu berlama-lama di tempat idaman itu. Tapi yang terpenting, tujuan liburan sedapat mungkin disesuaikan dengan kocek kita.

Liburan dengan Orang yang Kita Sayangi
Berlibur akhir tahun bersama orang-orang yang kita sayangi seperti keluarga, sahabat, kekasih, dan sebagainya akan lebih bermakna dan menyenangkan. Pertimbangan mencari tempat berlibur yang pas untuk anak-anak juga diperlukan bila kita mengajak mereka dalam liburan akhir tahun itu. Bagus juga ke tempat outbound karena di sana kita akan menemukan permainan yang dapat memperat hubungan satu sama lain.

Manfaatkan Paket Tur Biro Perjalanan
Kalau kita berlibur ke tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya, ada baiknya kita memanfaatkan paket tur yang ditawarkan biro perjalanan. Dengan mengikuti paket tur, kita biasanya akan terhindar dari pemborosan waktu dan biaya yang disebabkan karena ketidaktahuan kita tentang tempat-tempat wisata yang ada di tempat liburan.

Banyak orang yang pergi berlibur, tapi karena tidak tahu objek-objek wisata menarik yang ada di tempat tujuannya, mereka jadi tidak tahu harus pergi ke mana sehingga ini otomatis memboroskan waktu, dan ¬ secara tidak langsung ¬mereka menyia-nyiakan juga uang yang mereka keluarkan untuk tiket perjalanan. Sedangkan dengan mengikuti tur yang daerah tujuannya sudah dirancang, uang kita justru betul-betul terpakai secara maksimal.

Transportasi dan Akomodasi
Kita bisa mengecek informasi mengenai transportasi, akomodasi, dan semua hal yang dibutuhkan lewat banyak situs di internet. Bila liburan ke luar negeri, jangan lupakan untuk kelengkapan paspor dan visa (untuk negara-negara yang belum bebas visa). Berselancar pada situs-situs yang berisi pengalaman orang berlibur (terutama yang di luar negeri) juga bagus untuk mencari referensi panduan berlibur.

Kalau Anda pergi berlibur tanpa paket tur, apalagi kalau liburan itu dilakukan ramai-ramai, tak ada salahnya kita memakai mobil atau menyewanya dari rental  mobil untuk pergi tempat liburan, khususnya liburan yang bisa diakses dengan mudah oleh kendaraan.

Jangan Sampai Ada Perlengkapan yang Tertinggal
Selain tiket, paspor dan visa, jangan lupakan perlengkapan lain yang tampaknya sepele misalnya kotak P3K. Obat-obatan sangat penting untuk berjaga-jaga bila kita mengalami gangguan kesehatan. Suplemen juga seyogianya dipersiapkan dengan baik. Bila kita membawa anak kita yang masih bayi atau masih kecil, barang seperti pampers dan sebagainya yang tampaknya sepele bisa sangat berarti. Tak ketinggalan, tampon atau pembalut seyogianya dibawa serta.

Di luar itu semua, kita tetap harus sangat bijak menyikapi rencana liburan kita. Maksudnya, perencanaan anggaran liburan harus dihitung benar-benar sebab jangan sampai sehabis liburan kita terpaksa mengalami persoalan keuangan. Berlibur itu untuk menghilangkan stres dan bukan untuk menciptakan stres baru. Sebab, apabila kita tidak bijak merencanakan anggaran keuangan, bisa-bisa selepas berlibur kita malah stres lantaran terbelit persoalan keuangan itu. Sepakat?

Bonita DS
Direktur YPI Training Centre & Consultancy
Professional Trainer/
Host “Pilih Pola Sehat” TVB Kompas  setiap Selasa 11.00 – 12.00

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: