Pinjaman yang Tepat untuk Usaha Anda

Setelah sukses menetaskan Bengkel Motor pertamanya di kawasan Pemuda Semarang, Basri sang pemilik mulai mencari peluang untuk meningkatkan kapasitas bengkelnya karena semakin banyak pelanggan yang datang. Basri mulai berpikir mencari pembiayaan untuk mendukung perkembangan usahanya. Ia seringkali mendapatkan penawaran kredit dari berbagai lembaga pembiayaan dan menemukan flyer promosi dengan headline “Dapatkan pinjaman Tanpa Jaminan, untuk kebutuhan usaha Anda!”.

Kejadian seperti diatas faktanya tidak hanya dialami oleh Basri.  Jika Anda mengalami hal tersebut, lantas apa yang harus Anda perhatikan dalam mengambil keputusan dari tawaran itu?

Banyak pengusaha hanya melihat faktor suku bunga pinjaman dan jangka waktu  dari fasilitas pembiayaan yang ditawarkan.  Hal ini tidak berarti salah, namun jika hanya melihat dua faktor tersebut tentu saja kurang tepat. Pengusaha harus memperhatikan metode pembayaran angsuran, karena dari metode pembayaran angsuran akan sangat berpengaruh terhadap kondisi keuangan usaha.

Terdapat beberapa metode pembayaran  sesuai dengan kegunaan dan tujuan fasilitas pembiayaan , sebagai berikut;

Metode Pembayaran  Konvensional
Metode  Pembayaran  Konvensional adalah dalam bentuk angsuran yang dibayarkan setiap bulannya, terdiri dari dua hal  yaitu cicilan pokok hutang ditambah dengan bunga pinjaman. Umumnya besar angsuran tetap setiap bulannya sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati dan akan ditinjau sesuai dengan syarat yang berlaku.  Pinjaman jenis ini biasanya dipergunakan  untuk kebutuhan  investasi  (kios, kantor,lahan, mesin, dll)

Metode Pembayaran  Pinjaman Rekening Koran (PRK)
Metode Pembayaran  Pinjaman Rekening Koran adalah setiap bulan Anda hanya membayar bunga pinjaman dari plafond kredit yang dipergunakan , pokok hutang akan dilunasi pada saat jatuh tempo.  Misalnya, Anda diberikan plafond kredit sebesar 200 juta, namun  Anda hanya menggunakan sebesar 50 juta, maka bunga yang dikenakan hanya pada pinjaman sebesar 50 juta, bukan 200 juta. Fasilitas pembiayaan  ini digunakan untuk kebutuhan modal kerja, dengan  jangka waktu pinjaman tidak lebih dari 1 (satu) tahun.

Oleh karena itu, Anda dapat menyesuaikan fasilitas pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan  usaha . Bagaimana untuk mendapatkan fasilitas ini? Anda dapat mengunjungi Kantor Cabang BII terdekat dan Account Officer SME Banking  akan selalu siap untuk memberikan informasi lebih mengenai produk dan program pinjaman yang tepat untuk kebutuhan usaha Anda.

Informasi lebih lanjut:
BII KCI SEMARANG PEMUDA
Jl. Pemuda No. 150 Semarang
TELP. (024) 3511506

BII KCI SEMARANG SULTAN AGUNG
Komp. Pertokoan Sultan Agung 1 Semarang
TELP. (024) 8315590

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: