Harus Total dalam Mengelola Salon

Sejak pertama kali buka di tahun 2007 hingga saat ini Griya Cantik Tiara terus berkembang di berbagai daerah. Di Semarang ada di dua tempat yaitu di Pekunden dan Tembalang. Untuk di luar kota, Griya Cantik Tiara telah buka di Salatiga, Magelang, dan Solo. Dalam waktu dekat juga akan buka di Tegal dan Probolinggo Jawa Timur.

“Memang harus total jika terjun ke bisnis kecantikan, karena persaingan semakin tinggi. Kerja kami tidak bisa seperti kemarin lagi, harus ditingkatkan. Kami bekerja ektra keras agar bisa terus berkembang,” papar Sandra Ria Sari, saat ditemui di Griya Cantik Tiara di Jalan Taman Pekunden Semarang.

Sandra, begitu panggilan akrabnya, memilih waralaba atau franchise untuk mengembangkan usahanya. Hal ini dilandasi karena keterbatasan modal untuk membuka cabang. Tentu dibutuhkan modal yang tidak sedikit untuk membuka cabang. Waralaba menjadi salah satu solusi agar bisnis salon terus berkembang.

“Waralaba selain untuk mengembangkan bisnis, juga menjadi salah satu cara promosi untuk membesarkan nama Griya Cantik Tiara. Dengan banyaknya cabang, orang akan semakin tahu keberadaan salon kami, tentunya hal tersebut juga semakin meningkatkan loyalitas pelanggan,” ungkap Sandra dengan ramah.

Tentu banyak kendala yang harus dihadapi jika ingin mengembangkan usaha. Pengelolaan karyawan dan strategi promo yang tepat, menjadi dua kendala utama yang harus ditemukan solusinya secara tepat. Melalui berbagai pendekatan, tentu solusi akan ditemukan.

“Salah paham antar karyawan tentu biasa terjadi dalam dunia kerja, dengan memperlancar komunikasi masalah bisa ditemukan solusinya. Kami biasanya mengadakan briefing untuk mengemukakan masalah yang ada dan menemukan solusinya. Karyawan sendiri yang menemukan solusinya, saya tinggal mendengarkan,” jelas ibu muda ini.

Selain itu, untuk memantau perkembangan Griya Cantik Tiara di berbagai kota, Sandra biasanya menempatkan seorang karyawan yang telah berpengalaman untuk mengelola tempat tersebut. Dia juga selalu berkomunikasi untuk mengetahui perkembangan, dan setiap beberapa bulan datang langsung mengunjungi lokasi.

Untuk strategi promosi, lanjut Sandra, salah satu yang harus dihadapi adalah perbedaan karakter masyarakat tiap kota. Promosi di satu kota harus berbeda dengan di kota lainnya, karena kebutuhan tiap kota ternyata berbeda. Materi promo pun harus terus dikreasi agar tepat sasaran.

“Tiap minggu saya selalu berpikir untuk menghadirkan promo yang tepat di berbagai kota. Jika materi promo yang satu gagal saya coba untuk menghadirkan materi promo yang lain. Begitu seterusnya hingga saya menemukan materi yang tepat untuk promo,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, untuk terus mengembangkan usahanya, Sandra juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. “Salah satunya kami bekerjasama dengan dealer sepeda motor. Mereka memberikan voucer perawatan untuk setiap pembelian varian motor tertentu. Kita juga pernah bekerjasama dengan perusahaan sampo untuk memberikan perawatan bagi pemenang kuis,” tambahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: