Cantik Tak Harus Mahal dengan Olahraga

Youth is happy because it has the capacity to see beauty. Anyone who keeps the ability to see beauty never grows old.” (Franz Kafka, sastrawan)

Seorang perempuan selayaknya bersyukur bila dikaruniai wajah dan tubuh yang cantik. Sebab, setiap perempuan mendambakan kecantikan dalam dirinya. Bahkan, misalnya seorang perempuan kebetulan tidak cantik secara fisik, dia akan mengupayakannya dengan berbagai cara: melakukan perawatan kulit secara regular atau bahkan melakukan opiaerasi tertentu. Keluar biaya yang tak sedikit pun tak masalah asal bisa jadi cantik.

Bagaimana bila seseorang dikaruniai wajah dan tubuh cantik tapi tidak sehat? Alih-alih memancarkan pesona, dia akan tampak muram. Kecantikannya bisa pelan-pelan memudar. Salah satu untuk menjaga kebugaran  dan kesehatan adalah dengan berolahraga secara teratur. Maka, sudah sama-sama  kita sepakati bahwa betapa pentingnya berolahraga bagi tubuh kita.

Tak heran, banyak pakar kesehatan dan kecantikan meyakinkan kita mengenai manfaat olahraga bagi tubuh dan juga jiwa manusia. Dalam kaitannya dengan kecantikan, seorang ahli kecantikan kulit dari New York, Dr. Kavita Mariwalla, mengungkapkan berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa peningkatkan kesehatan secara keseluruhan melalui olahraga akan memberikan kontribusi terhadap penampilan seseorang menjadi lebih muda dan segar.

“Olahraga telah terbukti tidak hanya memperkuat otot tetapi juga bermanfaat bagi tubuh kita dan memiliki efek positif terhadap penampilan kita,” kata Kavita seperti dilansir situs livestrong.com.

Jadi, saat kita berolahraga dan mengeluarkan keringat, tubuh akan secara otomatis mengatur suhu tubuh, melembapkan kulit kita, menyeimbangkan tingkat elektrolit seperti natrium dan kalsium dalam tubuh kita. Keringat yang dilepaskan melalui pori-pori dapat membersihkan pori-pori tersebut dari kotoran dan minyak yang menyumbat, mengangkat sel kulit mati dan bakteri. Keringat juga mengandung antibiotik alami yang membantu mengalahkan bakteri tertentu yang menyebabkan jerawat. Tentu saja, kita harus memastikan membersihkan tubuh secara keseluruhan usai berolahraga agar tidak ada kotoran yang tertinggal.

Gaya Hidup
Sekarang ini, berolahraga yang tak hanya bertujuan untuk kesehatan tapi kecantikan memang sudah menjadi gaya hidup sebagian kalangan. Jenisnya bisa beragam seperti jogging, senam aerobik, senam kebugaran, dan banyak lagi lainnya.

Ya, seperti sudah disebutkan, demi bisa cantik, seseorang mau melakukan terapi apa saja. Dia bisa melakukan suntik botox, implan silikon, bedah plastik, atau liposuction. Tapi sebenarnya, ada cara yang lebih mudah dan alami agar menjadi cantik. Jawabannya adalah dengan berolahraga.

Berikut ini beberapa manfaat olahraga yang mendukung kecantikan:

1. Kulit Bercahaya
Olahraga teratur bisa meningkatkan kesehatan kulit karena peredaran darah ke bawah permukaan kulit menjadi lancar. Proses ini membantu tubuh menyuplai berbagai nutrisi penting ke kulit. Jenis olahraga seperti aerobik akan mengeluarkan racun-racun melalui keringat. Hasilnya, kulit lebih sehat bercahaya karena peningkatan sirkulasi darah dan kandungan oksigen dalam tubuh.

2. Mencegah Penuaan Dini
Siapa yang tak ingin selalu tampak awet muda? Nah, rajin berolahraga menghasilkan efek pencegahan penuaan dini. Sebab,  aktivitas fisik bisa mencegah timbulnya kerutan, garis-garis halus dan kulit kendur karena mendorong produksi kolagen (protein yang bermanfaat menjaga ketahanan struktur kulit). Ketika berolahraga, otot-otot di bawah kulit akan menguat sehingga kulit tampak lebih sehat. Semakin kuat otot, jaringan kulit juga lebih baik dan menghasilkan kulit yang elastis.

3. Mencegah Timbulnya Jerawat
Timbulnya jerawat umumnya disebabkan karena produksi sebum yang berlebihan hingga menutup pori-pori. Normalnya, sebum memang dikeluarkan lewat pori-pori, tapi beberapa hormon tertentu seperti testosteron dan kortisol (hormon stres) bisa menyebabkan produksi sebum berlebihan. Akibatnya, pori-pori tersumbat dan timbullah jerawat.

Dengan berolahraga, Anda bisa mengatasi ketidakseimbangan hormon yang mengakibatkan jerawat. Olahraga menghilangkan stres dan menurunkan level kortisol di dalam darah dan memangkas produksi hormon yang berlebihan. Di samping itu, olahraga akan mengeluarkan keringat dan keringat bisa membantu membersihkan pori-pori serta mengurangi sel kulit mati, minyak dan zat kimia yang menumpuk di permukaan kulit.

4. Rambut Lebih Indah
Olahraga membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan folikel rambut, yang artinya semakin banyak juga suplai nutrisi yang dikirimkan melalui pembuluh darah ke area rambut. Hal ini merangsang pertumbuhan rambut dan mengontrol agar jumlah rambut yang rontok tetap normal (jumlah kerontokan rambut normal 100 helai per hari). Dengan rutin olahraga, folikel rambut akan ternutrisi dengan baik berkat sirkulasi darah yang mengalirkan antioksidan yang menghancurkan radikal bebas sebelum ia merusak rambut.

5. Mengurangi Selulit
Selulit terjadi akibat jalinan fibroblast tertarik dan membentuk kantung lemak. Selulit umumnya ada di pantat, paha belakang atau lengan dan membuat kulit menyerupai kulit jeruk. Kehadiran selulit akan mengganggu penampilan kita. Saat berolahraga, tubuh mengalami proses pembentukan dan peregangan otot sehingga selulit yang ada dapat dihilangkan.

6. Memperindah Bentuk Payudara
Bentuk payudara juga akan terlihat lebih indah dengan jenis olahraga tertentu, salah satunya renang. Jika tidak bisa berenang, pilihlah olahraga yang membantu menguatkan otot dada (misalnya pada senam aerobic atau senam jenis lain). Latihan ini akan membentuk otot di bawah jaringan payudara kita dan membuatnya tampak lebih penuh.

Murah-Sehat
Ketimbang operasi dan jenis-jenis perawatan atau terapi yang menguras biaya, berolahraga adalah cara cerdas untuk sehat dan cantik. Berikut ini beberapa tips untuk berolahraga untuk menghasilkan kecantikan:

  • Jalan kaki di pagi hari selama 45-60 menit. Lakukan paling tidak tiga kali dalam seminggu. Hal ini pun dapat dilakukan dengan menggunakan treadmill.
  • Bersepeda. Buatlah target berbeda setiap kali bersepeda, misalnya hari ini-jarak tempuhnya dua kilometer, mungkin besok tiga kilometer. Lakukan bersepeda paling tidak empat kali seminggu.
  • Untuk yang memilih berolahraga energik, mungkin bisa melakukan aerobik, atau salsa. Lakukan selama satu jam, tiga kali dalam seminggu.
  • Latihan beban. Jika memilih untuk berolahraga di gymnasium atau pusat kebugaran, lakukan latihan beban. Jangan lupa buat target; misalnya bulan ini latihan beban dengan berat beban lima kilo, bulan depan tingkatkan menjadi enam atau tujuh kilo.
  • Sebagian orang mungkin ada yang hobi berolahraga berat, seperti tenis, badminton, atau futsal. Lakukan secara teratur 1-2 kali seminggu, dan jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan tiap kali berolahraga.

Tentu saja sebenarnya ukuran kecantikan pada diri seseorang, terutama kaum perempuan, tak selalu berkaitan dengan hal-hal yang bersifat fisik. Orang yang biasa-biasa saja wajah dan tubuhnya bakal terlihat memancarkan aura kecantikan (inner beauty) bila tubuh dan jiwanya sehat. Dan itu bisa dicapai dengan berolahraga. Gampang dilakukan, tapi punya manfaat yang menakjubkan. Ayo mulai dari sekarang!

Bonita DS
Direktur YPI Training Centre & Consultancy
Professional Trainer/
Host “Pilih Pola Sehat” TVB Kompas  setiap Selasa 11.00 – 12.00

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: