Hidup Lebih Bergairah dengan Hobi

Dengan hobi Anda tidak perlu bekerja seumur hidup. Begitu kira-kita kata bijak yang sering kita dengar. Karena hobi membuat kita mengerjakan sesuatu dengan rasa senang. Jika dengan hobi kita bisa mendapatkan penghasilan, tentu kata-kata di atas benar adanya.

Tentu tidak semua orang bisa beruntung mendapatkan penghasilan dari hobinya. Namun hobi tetap saja membawa manfaat positif bagi yang melakukannya. Tengok saja pendapat Asmari, pendiri komunitas blogger DotSemarang. Menurutnya dengan hobi ngeblog yang telah beberapa tahun dilakukannya, banyak manfaat yang telah dia dapatkan.

“Setidaknya saya bisa memegang arus informasi yang saya buat sendiri. Berpikir kreatif dan mandiri untuk sekadar berbagi. Saya banyak bertemu orang-orang berpengaruh atau orang penting, sehingga saya bisa belajar langsung kepada mereka,” papar Asmarie.

Tidak hanya itu dari blog, cowok yang masih tercatat sebagai mahasiswa di salah satu universitas ini di Semarang berharap, bisa mengubah citra Indonesia di mata dunia melalui arus informasi yang ada saat ini. Untuk lingkup kota menurutnya, Semarang yang sepertinya sepi, dengan banyaknya informasi tentang Semarang terutama dari blog, orang akan tahu kota ini ternyata unik dan seru bagi banyak orang.

Bagaimana pengaruh hobi bagi pengusaha? Reny, pemilik Aluna Home Spa mengungkapkan bahwa hobinya sangat bermanfaat terhadap perkembangan usaha yang telah lama dia jalankan.

“Selain hobi, membaca menurut saya adalah cara paling mudah bagi seorang pengusaha  untuk mentraining diri sendiri dengan pengetahuan baru agar selalu update dengan perkembangan dunia bisnis. Kisah perjuangan dan pengalaman orang-orang sukses selalu menginspirasi saya untuk terus bermimpi besar, menjaga semangat untuk tidak mudah menyerah dalam menghadapi kendala usaha,” jelasnya.

Selain itu hobi membaca, Reni juga hobi travelling ke tempat-tempat baru. “Selain untuk refreshing juga penting untuk membuka wawasan saya tentang trend usaha di kota itu. Mengunjungi tempat spa adalah agenda wajib tiap travelling, hal-hal positif dan negatif yang dilihat menjadi masukan bermanfaat bagi usaha saya,” ungkap wanita cantik ini.

Lalu bagaimana dengan para pekerja? Sekar Nareswari, Direktur Biro Psikologi Personal Growth Center, memaparkan bagaimana hobi bisa meningkatkan kerja seseorang. Menurutnya bekerja adalah situasi dimana membutuhkan konsentrasi dan daya tahan tubuh. Ibarat sebuah karet, jika terus menerus terpentang maka akan putus atau tegang sehingga fungsi karet tidak akan maksimal.

“Hobi adalah salah satu cara untuk mengendurkan ketegangan di dalam diri kita dan memperkuat daya tahan tubuh sehingga kembali siap untuk bekerja. Kalau fokus dan tegang terus menerus karena pekerjaan, kan jadi tidak rileks lalu bosan. Hobi dapat meningkatkan kinerja bila hobi tersebut benar-benar dapat membuat rileks, segar secara fisik dan pikiran serta menimbulkan kegembiraan saat melakukannya sehingga saat kembali bekerja, tubuh, perasaan dan pikiran siap diajak fokus,” jelasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: