Belajar Tidak Hanya di Bangku Kuliah

Sederet prestasi telah diraih Yeni Amalia, mulai dari menjadi Juara 1 Puteri Kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes) 2010, Juara 1 Denok Kota Semarang 2011, serta Juara 1 Mbak Jateng 2011. Gadis kelahiran 2 Februari 1992 yang kini kuliah di Fakultas Ekonomi Unnes ini, tentu cukup memahami perkembangan dunia pendidikan. Tabloid Simpang5 mewawancarai penyuka ayam goreng yang rumahnya beralamat di Ngaliyan ini, untuk tahu lebih jauh pandangannya tentang dunia pendidikan.

Sebagai mahasiswi Unnes, sebenarnya apa sih yang membuat kamu tertarik dengan dunia pendidikan?
Yang membuat saya tertarik dengan dunia pendidikan adalah banyak manfaat yang bisa saya ambil. Dunia pendidikan tidak hanya mengajarkan hal yang bersifat material (pelajaran yang diberikan pada saat di bangku perkuliahan) tetapi dunia pendidikan bersifat luas. Belajar bagi saya tidak hanya mencari ilmu pengetahuan yang sebanyak-banyaknya tetapi juga sebagai pengembangan kepribadian. Artinya tidak hanya pintar dalam segi akademik saja, namun kita bisa menempatkan diri, ajeg dalam pendirian, bisa mengelola waktu dan kegiatan, menghargai orang lain, serta bersosialisasi dengan orang lain. Belajar tidak hanya saya lakukan di bangku kuliah, tetapi kapanpun, dimanapun, dengan siapapun.

Bagaimana pandangan kamu tentang kemajuan dunia pendidikan di Semarang, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan perkembangan masyarakat?
Pendidikan di Semarang sudah mengalami banyak kemajuan. Sekolah-sekolah sudah mengikuti perkembangan dalam dunia pendidikan khususnya IT. Perguruan tinggi, pendidikan dasar, dan menengahnya sudah banyak meraih prestasi baik akademik maupun nonakademik, yang tak kalah dari daerah-daerah lain. Dosen dan guru juga terus belajar untuk mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia pendidikan, dan juga untuk memberikan pelayanan yang baik apalagi sekarang dengan adanya sertifikasi. Siswa sekarang sudah lebih pintar dalam penggunaan teknologi, dan sudah diajarkan bahasa internasional. Secara garis besar pengamatan saya, pendidikan di Semarang sudah cukup mengikuti perkembangan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Apa saja sih tantangan seorang pendidik sekarang, berkait dengan perkembangan dunia teknologi informasi yang tumbuh begitu pesat?
Tantangan seorang pendidik sekarang terkait dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat adalah bagaimana menyiapkan etika siswa. Etika yang terinternalinasi dalam jiwa siswa adalah dinding terkuat dalam menghadang serangan informasi yang tidak berguna. Siswa pun dapat lebih bijak dalam menggunakan perkembangan IT tersebut, ke dalam fungsi yang semestinya. Siswa dapat menyaring mana yang baik dan mana yang buruk bagi dirinya sendiri dan juga orang lain.

Berkait dengan kesibukan sehari-hari, bagaimana cara kamu tetap berprestasi di kampus, meski banyak kesibukan sebagai Denok Semarang dan Mbak Jawa Tengah 2011?
Yang terus saya lakukan agar semua bisa berjalan seimbang, saya harus pintar-pintar membagi waktu saya dalam seluruh kegiatan saya sehari-hari, antara kuliah, mengerjakan tugas-tugas dari dosen, tugas-tugas negara (Putri Kampus, Denok dan juga Mbak Jateng), dan menjaga kesehatan. Dari awal niat saya kuliah, jadi prioritas utama tetep pada kuliah. Prestasi yang saya dapat adalah anugerah dari Allah SWT, jadi tetep saya jalankan dengan sungguh-sungguh dan tanggung jawab, honestly I do my best. Saya harus akui terkadang sulit sekali ketika banyak kegiatan dalam waktu yang sama, Alhamdulillah semua dapat berjalan lancar, tetep tersenyum yakin Allah akan membantu hamba-Nya yang kesusahan.

Persaingan sekarang di berbagai bidang cukup ketat, apa sih tips kamu bisa sukses di berbagai bidang yang kamu ikuti?
Saya pribadi, setiap melakukan apapun, saya kerjakan dengan tulus, ikhlas dan bersungguh-sungguh. Saya yakin bahwa tidak ada yang sia-sia jika kita lakukan dengan sunguh-sungguh. Saya juga terus berusaha untuk menjadi diri sendiri, terus belajar, jangan pernah cepat puas, tetep rendah hati. Tetap tersenyum, dan yang paling penting adalah meminta kepada Yang Maha Kuasa.

Untuk rencana ke depan, apa saja target kamu baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang?
Target saya dalam jangka pendek adalah bisa memberikan yang terbaik dalam pemilihan Duta Wisata Indonesia yang rencananya akan dilaksanakan akhir tahun ini. Saya dan pasangan saya akan mewakili Jawa Tengah dalam ajang ini. Saya harap, bisa memberikan hasil yang terbaik untuk Jawa tengah, dan semua orang yang mendukung saya. Target jangka panjang saya adalah terus belajar, supaya cepet lulus kuliah, kerja di tempat yang saya inginkan, dan saya ingin sekali bisa menaikhajikan kedua orang tua saya.

Leave a Reply

