Telkom dan RRI Semarang Hadirkan Broadband Learning Center

Saat ini keberadaan Internet sudah menjadi sebuah kebutuhan, hal apapun yang berkaitan dengan informasi dalam kehidupan manusia ini dapat diperoleh disana. Kehadirannya semakin akrab di sekitar kehidupan kita, dan tidak bisa dipungkiri bahwa gambaran dunia yang flat (rata) semakin ada di depan mata kita. Manfaat maupun kegunaannya sangatlah besar dan membawa pengaruh di semua bidang yang disentuhnya, termasuk interaksi dalam masyarakat. 

Kondisi menunjukkan adanya kesenjangan di tengah masyarakat kita, dimana masih banyak masyarakat kita yang belum “melek Internet”, dan fakta menunjukkan bahwa justru masyarakat pelaku layanan di berbagai institusi belum mendapatkan pembekalan dan pelatihan yang cukup untuk dapat mengoperasikan serta memanfaatkan kehadiran Internet di tengah ruang kerjanya.

Telkom sebagai operator perintis hadirnya Internet di seluruh pelosok Indonesia ini terpanggil untuk ikut serta meminimalisir kesenjangan tersebut. Dengan tema Mencerdaskan Bangsa, Telkom hadir dalam sebuah tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibilty – CSR) membangun Pusat Pelatihan IT (Broadband Learning Center – BLC) bagi masyarakat.

Bekerja sama dengan RRI Semarang, pada kesempatan kali ini Telkom membangun sebuah BLC bertempat di Lantai 2 Gedung RRI Semarang Jl. Ahmad Yani Semarang, yang didukung oleh jaringan Akses Internet Speedy berkecepatan 2Mbs, Local Area Network (LAN), 1 buah Infocus dan layar serta 20 buah PC/computer lengkap dengan mebelair ditambah 2 buah printer dengan total bantuan sebesar Rp. 143.500.000,- yang telah siap dimanfaatkan sebagai sarana pelatihan dan pengembangan masyarakat di bidang IT/Internet secara gratis.

“Berbagai program pengembangan dan pelatihan telah kita siapkan sebagai bagian dari tanggung jawab sosial Telkom melalui BLC ini. Saya berharap kehadiran BLC ini akan dapat meningkatkan tingginya jumlah pemakai Internet bagi di kota Semarang sehingga value addednya dapat diambil oleh masyarakat bagi pengembangan potensi diri dan komunitas sosialnya,” jelas Rosydul Umam Aly, Kepala Telkom Jateng & DIY.

Kepala RRI Semarang, Dra. Hj. Saraswati, SA menyambut baik pendirian BLC yang berlokasi di lantai 2 Gedung RRI Semarang ini dan mengharapkan adanya penambahan layanan bagi publik ini, akan menambah kualitas RRI dalam melayani masyarakat, “ Secara khusus saya juga berharap kiranya kompetensi SDM di RRI Semarang dapat ditingkatkan di bidang pemahaman dan pengoperasian IT sehingga tidak tertinggal. Kepada komunitas-komunitas warga Semarang yang selama ini sudah bergabung di RRI Semarang saya ajak untuk memanfaatkan secara optimal BLC yang di persembahkan oleh Telkom ini.” ungkapnya.

Sementara itu, ikut mendampingi Manager CDC (Community Development Center) Telkom Jateng & DIY, Agus Suhartanto menyampaikan bahwa program CSR khususnya pendirian BLC di RRI Semarang ini adalah program BLC yang kelima, setelah Jepara, Pekalongan,Tegal dan Karang Anyar. ”Sama dengan lokasi lain sumbangan BLC Telkom kali inipun didanai dari dana CSR Telkom,” ungkapnya.

Dalam program pelatihannya, BLC di RRI Semarang sejauh ini telah berhasil menyelenggarakan pelatihan perdana bagi 100 peserta yang keseluruhannya adalah pegawai RRI Semarang. Selanjutnya segera akan dilaksanakan Training of Trainer (TOT) bagi sekitar 20 peserta yang terpilih dari RRI Semarang. Program lanjutannya diharapkan berbagai unsur masyarakat akan dapat ikut program pelatihan di BLC RRI Semarang ini dalam waktu dekat, dan adapun pengaturan operasionalisasi selanjutnya BLC ini akan dikelola oleh Telkom Semarang bekerjasama dengan RRI Semarang.

Program ini juga untuk mendukung program sebelumnya, yaitu komitmen Telkom untuk Mencerdaskan Bangsa melalui program Pelatihan Internet Gratis bagi 100.000 (seratus ribu) guru tersertifikasi, kerjasama dengan PGRI Jateng. Harapan selanjutnya melalui program CSR Telkom ini, seluruh pemerintah daerah tingkat kabupaten di Jawa Tengah dapat berdiri tempat pelatihan internet gratis bagi masyarakat.

One Response

  1. Maaf Saya ikut bisa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: