Bekerja dengan Senang dan Bersungguh-sungguh

Mengetahui kebutuhan pasar menjadi salah satu kunci untuk terus tumbuh dalam industri properti. Bagaimana dengan pasar Semarang? Berlian Febriana, Marketing Manager CitraSun Garden Semarang (Ciputra Group) yang juga lulusan S1 Teknik Arsitektur Unika Soegijapranata Semarang memaparkan jawabannya kepada Tabloid Simpang5. Berikut wawancara dengan wanita kelahiran Semarang, 28 Februari 1983 ini. 

Bisa ceritakan bagaimana awalnya bisa terjun ke dunia properti?
Ber-basic pendidikan teknik arsitektur dan berawal dari bekerja pada perusahaan konsultan aristektur milik perorangan, saya mendapat banyak ilmu dalam bidang teknik. Namun merasa bahwa sebuah karya arsitektur dan jasa pembangunan suatu rumah tidak lah gampang untuk dipasarkan, mengingat persaingan yang cukup banyak. Untuk itu saya mulai terjun di dunia marketing. Beberapa produk pernah dipasarkan, yang pada akhirnya berkenalan lah dengan Marketing Property. Dan di sini saya merasa benar menemukan kecintaan saya terhadap dunia marketing dan property. Berstrategi dan memasarkan produk yang sesuai dengan basic pendidikan.

Menjual produk properti tentu memiliki tantangan tersendiri, apa saja tantangannya dan bagaimana mengatasinya?
Mengawali semua dengan mencintai pekerjaan, ternyata membuat spirit tersendiri terhadap bidang pekerjaan kita. Properti merupakan produk yang menjadi kebutuhan pokok, jadi secara tidak langsung memang akan dicari oleh semua orang sebagai standar bahwa mereka sudah mapan.

Persaingan di dunia properti di Semarang cukup tinggi, bagaimana strategi yang diterapkan agar tetap bisa mencapai target?
Untuk di pasar Semarang properti terbagi menjadi beberapa segmen, dari mulai low – low, low – middle, middle – middle , middle – up, dan high – class. Dan dari semua kelas tersebut ada kuenya di kota Semarang. Sebagai eksistensi, produk memang menjadi point utama, di-support dengan promosi yang kreatif. Tidak lepas juga memperbanyak jaringan serta me-maintain customer dengan telaten.

Apa saja sih faktor yang mempengaruhi suatu produk properti terutama perumahan agar bisa diterima oleh masyarakat?
Sedikit karaketer unik dari pasar Semarang adalah tidak mudah percaya, dan sekalinya percaya akan sangat luar biasa loyalitas yang diberikan. Dan inilah yang menjadi kajian saya dalam 4 tahun di Marketing Property. Dua kali saya bekerja dalam perusahaan nasional yang punya nama besar di bidang properti. Dalam data customer memang hal yang membuat mereka tertarik berawal dari nama besar pengembang. Tahun 2008 – 2010 saya bekerja di PT. Bukit Semarang Jaya Metro (Pembangunan Jaya Jakarta) dan di tahun 2011 sampai sekarang di Ciputra Group dengan project CitraSun Garden Semarang. Dengan kepercayaan tersebut pun kami tetap maksimalkan produk (desain bangunan, lingkungan kawasan) dan semakin berprestasi secara produk untuk semakin dipercaya dan dicari oleh masyarakat.

Anda telah memegang jabatan yang cukup tinggi di usia yang relatif muda, apa resepnya?
Mau belajar (dari semua lingkungan baik dari lingkungan kerja, keluarga, teman bermain dan relasi), bekerja dengan senang dan bersungguh-sungguh, membuat saya lebih bisa beradaptasi serta menambah wawasan yang menjadikan saya bisa seperti saat ini

Apa target pribadi Anda, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang?
Sebagai wanita bekerja dan juga ibu rumah tangga dengan 1 anak (Yardan Raafi Kusuma) dari Suami (dr. Ardian Budi Kusuma, M.Kes) tetap bisa menjalani karir dan kehidupan sebagai ibu rumah tangga dengan seimbang. Selalu ingin bermanfaat untuk siapapun. Simple dan percaya rencana Tuhan akan terbaik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: