Ponsel Sudah Seperti Asisten Pribadi

Sifat ponsel (telepon selular) yang mudah dibawa kemana-mana, membuatnya begitu dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari pekerjaan hingga hiburan bisa kita kerjaan dengan bantuan ponsel. Tabloid Simpang5 mewawancarai Anindito Respati Giyardani, Corporate Communications PT Telkomsel Jateng – DIY, untuk membahas hal tersebut. Berikut rangkuman wawancara dengan lulusan S1 Hukum Unpar Bandung yang juga hobi ngoprek gadget ini. 

Bisa ceritakan bagaimana awal ketertarikan Anda pada teknologi?
Sejak SMP saya sudah tertarik dengan yang berbau teknologi, bahkan sejak SD. Saat itu masih berkisar pada elektronik dan mainan game, seperti Nintendo, Sega, atau Play Station. Saat SMA, ponsel sudah mulai masuk, saya langsung tertarik memakai salah satu merk ponsel, yang saat itu hanya bisa untuk telpon. Saat masuk kuliah, perkembangan ponsel sudah cukup pesat, berbagai ponsel saya coba, termasuk saya juga pakai PDA. Masa kuliah inilah saya mulai ngoprek atau ngulik ponsel. Setelah bekerja, ketertarikan saya pada gadget semakin besar. Setiap keluar tipe terbaru merk favorite pasti akan saya buru. Sekarang ini saya pakai beberapa gadget, seperti iPhone 4, Galaxy Note, Blackberry Monza, PlayBook, dan iPad.

Bagaimana Anda memanfaatkan teknologi sebagai hiburan?
Bagi saya, hiburan yang paling saya sukai saat ini adalah memakai gadget yang saya miliki untuk memotret dan mengedit foto. Mendengarkan musik saat dalam perjalanan, terutama saat berangkat dan pulang kerja. Selain itu juga untuk memainkan beberapa game dan kadang juga untuk menonton film.

Teknologi apa saja yang Anda gunakan sebagai hiburan, baik di sela kerja ataupun saat di rumah?
Alat basic yang saya gunakan ponsel. Saat ini, dengan ponsel yang sudah canggih teknologinya, kita bisa melakukan berbagai hal. Dengan ponsel, kita bisa mendapatkan hiburan dimanapun, baik di sela-sela kerja, di rumah, maupun saat jalan-jalan.

Ketertarikan Anda pada teknologi seberapa jauh menunjang pekerjaan?
Teknologi sangat menunjang pekerjaan. Dengan memakai aplikasi kerja di gadget, kita bisa mengerjakan berbagai pekerjaan kantor di manapun berada. Saat sedang suntuk di dalam ruang, bisa mengerjakan pekerjaan kantor di luar ruang. Begitu kembali ke ruang, bisa langsung melanjutkannya di komputer kantor. Sangat menunjang dan memudahkan dalam pekerjaan, apalagi sekarang sudah memakai cloud computing.

Teknologi seperti apa yang Anda impikan untuk digunakan sehari-hari?
Hampir semua yang saya impikan tentang teknologi sudah terwujud saat ini. Banyak hal terutama yang berhubungan dengan pekerjaan maupun hiburan bisa dijalankan di ponsel, seperti asisten yang siap membantu kita kapan saja. Bagi saya, yang penting apa yang ada sekarang, bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Berkait dengan pekerjaan, apa target Anda dalam jangka pendek maupun jangka panjang?
Soal target saya lebih fokus dengan pekerjaan saya sekarang. Apa yang bisa dilakukan saat ini akan saya kerjakan sebaik-baiknya, ikuti arus kemana mengalir. Namun mengalirnya bukan tanpa strategi, tetap harus berpikir bagaimana agar pekerjaan sekarang dan ke depan sesuai dengan rencana.

Leave a Reply

