Komunitas Denok Kenang Semakin Sibuk Mempromosikan Wisata Semarang

Seiring tumbuhnya industri pariwisata di Tanah Air, berbagai daerah tentu membutuhkan duta wisata untuk mempromosikan daerahnya. Acara pemilihan duta wisata pun kemudian digelar diberbagai kota, termasuk di Semarang tentunya. Uniknya setiap kota memberi sebutan kepada para duta tersebut sesuai panggilan khas di daerahnya masing-masing, seperti Semarang dengan Denok dan Kenangnya. 

Ya, Denok Kenang adalah gelar yang dianugerahkan untuk pasangan yang menjadi duta wisata Kota Semarang. Denok merupakan panggilan untuk anak perempuan dalam bahasa Jawa Semarangan. sedangkan Kenang adalah sebutan untuk anak laki-laki. Denok Kenang Semarang terpilih setiap tahunnya akan dilibatkan dalam setiap tugas yang berkenaan dengan promosi pariwisata.

“Komunitas Denok Kenang sendiri tentunya lahir sejak pemilihan Denok Kenang diselenggarakan, anggotanya para finalis Denok Kenang. Kegiatannya sesuai dengan tujuan pemilihan, yaitu mempromosikan pariwisata di Kota Semarang ini,” papar Meutia Larasati, Humas (Hubungan Masyarakat) Komunitas Denok Kenang 2011

Kegiatan Komunitas Denok Kenang di Tahun 2011 lalu bisa jadi merupakan kegiatan tersibuk dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ini karena, Pemkot (Pemerindah Kota) Semarang mencanangkan program Semarang Setara, dan pariwisata menjadi salah satu pilar yang digarap secara serius. Apalagi sebagai Ibu Kota Jawa Tengah, Semarang tentu harus bersiap secara maksimal menyambut Visit Jateng 2013 nanti.

“Tahun ini kami mendapat arahan dari Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Semarang untuk lebih giat ikut kegiatan yang diselanggarakan Pemkot. Karena itu kemudian kami memperkuat Komunitas Denok Kenang ini, sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan siap melaksanakan tugas yang diberikan dengan baik,” tambah mahasiswi Arsitektur Undip ini.

Berbagai kegiatan promosi maupun penyambutan tamu yang datang ke kota Semarang telah sukses dengan peran serta Komunitas Denok Kenang di dalamnya. Bahkan untuk kegiatan promosi di pameran wisata di beberapa kota, stan Semarang mendapat penghargaan sebagai salah satu stan terbaik. “Seperti saat pameran di Bali, stan Semarang menjadi yang terbaik ke-2,” ungkap cewek cantik ini.

Untuk kegiatan penyambutan tamu maupun wisatawan, juga sangat padat di Tahun 2011 kemarin. Berbagai acara yang digelar di Kota Semarang, tentu melibat peran Denok Kenang di dalam. Seperti dalam SEMBIZ (Semarang Business Forum) di Lawang Sewu dan menyambut Ibu Negara pada acara Dekranasda 2011.

“Kita juga mengenalkan batik Semarang kepada anak-anak. Seperti dalam acara yang digelar di Kampung Batik dengan mengajari anak-anak TK membatik. Selain itu, kita juga ikut memberi penyuluhan sadar wisata bagi masyarakat di sekitar tempat wisata. Seperti yang kita adakan di dekat lokasi yang sedang dibangun waduk,” tambah cewek yang juga aktif sebagai model ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: