B2W Semarang, Ciptakan Kualitas Hidup yang Lebih Baik dengan Bersepeda

Kepedulian terhadap lingkungan tentu menjadi tanggungjawab semua pihak. Komunitas atau gerakan moral B2W (Bike to Work) mengajak kita semua untuk peduli dan cinta pada lingkungan hidup. Bagaimana dan apa saja yang telah dilakukan komunitas B2W, berikut ini wawancara kami dengan ketua B2W Semarang, Aluizeus Suryo Triyono atau yang akrap dipanggil Om Tri ini.

Anggota B2W Semarang terlihat semakin lama semakin bertambah banyak, sebenarnya bagaimana sejarah berdirinya B2W Semarang?
Berawal dari gerakan moral B2W Indonesia pada 6 Agustus 2004 di Jakarta, yang menyuarakan gerakan bersepeda ke tempat kerja dan tempat aktifitas. Awalnya kami 5 orang, yaitu Om Firman, Om Budi Seli, Om Nasir, Om Agus, dan saya sendiri. Kami berkoordinasi untuk membuat gerakan yang sama di Semarang, tepatnya pada 28 Juni 2008, terbentuklah kepengurusan B2W Semarang.

Tentu setiap Komunitas punya visi, misi, dan tujuan, apa saja sih visi, misi dan tujuan B2W Semarang?
Visi dan Misi dari komunitas B2W Indonesia merupakan wujud kepedulian kita terhadap peningkatan kualitas manusia Indonesia secara fisik maupun psikis, serta terhadap permasalahan lingkungan hidup yang terjadi saat ini. VISI: Terciptanya Kualitas Hidup yang Lebih Baik dengan Bersepeda. Dan MISI: Meningkatkan Jumlah Pengguna Sepeda Untuk Beraktivitas Sehari-hari

Untuk menghidupkan komunitas apa saja Aktifitas atau kegiatan yang telah dilaksanakan B2W Semarang?
Kegiatan kami terbagi dalam dua kategori, yaitu Campaign Serius dan Campaign Santai. Antara lain sebagai berikut: Kategori Campaign Serius: talk show tentang jalur sepeda dan yang akan datang B2W Semarang patrol unit yang memungkinkan pihak sponsor untuk bekerjasama dan mempromosikan produk-produknya,wawancara dengan beberapa stasiun radio dan media cetak untuk tersedianya jalur seeda di Kota Semarang, aksi peduli pohon dengan mencabuti paku yang menancap di pohon.

Untuk Kategori Campaign Santai: CNR (city nite ride): gowes bersama di malam hari, CMR (city morning ride): gowes pagi keliling kota, SCMR (Semarang critical mass ride) bekerjasama dengan komunitas sepeda lain keliling kota mengkampanyekan penggunaan sepeda, gowes ceria: gowes ke kota tetangga seperti Kudus dan Jepara, dan kegiatan lainnya. Akhir-akhir ini kami memang sedang mengalami trend menurun dalam beraktifitas, tetapi kami tetap bersepeda dan event yang akan datang adalah bike patrol unit bekejasama dangan CNI.

Bagi yang ingin bergabung B2W Semarang apa saja syaratnya?
Secara garis besar kami adalah (komunitas) gerakan moral untuk menggerakan masyarakat bersepeda bukan sebuh klub. Jadi bagi yang mau bergabung dalam gerakan moral ini syaratnya harus mempunyai sepeda dan atau mempunyai keinginan untuk mempunyai sepeda.

Fasilitas umum penunjang B2W di Semarang bisa dibilang masih sangat terbatas, bisa ceritakan apa saja seharusnya fasilitas yang harus disediakan pemerintah Kota Semarang?
Sesuai dengan MISI yang telah dicanangkan yakni “Meningkatkan Jumlah Pengguna Sepeda untuk Beraktivitas”, maka agar masyarakat terdorong untuk menggunakan sepedanya dalam beraktivitas sehari-hari, dipandang perlu untuk mewujudkan Fasilitas Bersepeda yang memadai sebagai bagian dari Infrastruktur Bersepeda. Adapun contoh Infrastuktur Bersepeda adalah: Jalur khusus sepeda, Area parkir sepeda yang layak, Fasilitas mandi umum / ganti pakaian yang memadai, serta Integrasi antara infrastruktur bersepeda dengan fasilitas kendaraan umum. Ini semua hanya dapat tercapai apabila pemerintah, pengelola gedung, pengelola fasilitas umum serta masyarakat secara bersama dan berkesinambungan mempunyai komitmen untuk meraihnya.

Ke depan ingin seperti apakah Komunitas B2W Semarang?
Harapan ke depan kami, B2W Semarang bisa menjadi lebih aktif lagi dalam mewujudkan visi dan misinya dan menjadi mitra Pemkot (Pemerintah Kota) Semarang untuk terwujudnya lajur sepeda dan infrastruktur sepeda di Kota Semarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: