Tips Mengatasi Mobil yang Bermasalah Saat Dihidupkan

Selama perjalanan jauh Anda tentu berharap semua berjalan lancar dan menyenangkan. Namun tidak ada salahnya jika Anda mengetahui berbagai tips selama dalam perjalanan. Berikut ini tips mengatasi mobil yang bermasalah saat dihidupkan atau mogok.

1. Cek Accu
Mungkin sudah dalam kondisi kurang bagus sistem kelistrikannya, dipermukaan atas accu ada indikator yang menunjukkan kondisi terakhir dari accu, bisa dilihat kondisi accu bagus atau rusak atau malah air kosong karena lupa pengecekan berkala. Pada teknologi mobil baru, bila masalah terjadi pada CDI maka perlu dibawa ke bengkel karena rumit dan sulit ditangani sendiri. Pada teknologi mobil lama berarti pada plat platina, cek tonjolan plat platina, bila sudah kusam berarti tidak bisa menangkap percikan listrik. Supaya platina bisa kembali berfungsi dengan baik, gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang menempel.

2. Periksa Boks Sekring
Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan boks sekring. Perhatikan apakah sekring yang telah terpasang masih utuh atau tidak, bila kawat sambungannya sudah putus, berarti sekring sudah harus diganti. Untuk keadaan darurat, Anda bisa memakai kawat atu serabut kabel untuk dipasang sementara pada sekring tersebut.

3. Suplai Bahan Bakar
Hal terakhir yang bisa menjadi biang keladi mesin mobil tidak bisa distarter adalah karena suplai bahan bakar/udara yang kurang pada sistem karburator (dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut filter-filternya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat pemanas dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak dinding saringan udara.

4. Kopling Macet
Cara pertama yang mudah bila kopling macet adalah memaksa mesin berputar pada posisi transmisi masuk dan pedal kopling ditekan atau masukan ke gigi 1 sambil didorong tekan pedal kopling.

5. Kampas Rem Macet
Hal ini biasa terjadi pada rem tromol. Caranya bisa dengan memaksa kendaraan berjalan maju dan mudur, bila belum bisa maka roda harus didongkrak, lepas roda dan pukul tromol hingga bisa diputar dengan tangan.

Mengantisipasi sebelum muncul masalah di perjalanan tentu sangat dianjurkan. Karena itu diperlukan untuk mengecheck semua kondisi mobil. Selain itu, jangan lupa untuk membawa peta mudik lebaran, karena biasanya di dalamnya juga terdapat informasi bengkel terdekat atau setidaknya pusat bantuan sementara.

(Gunawan, Penulis adalah Chief Store CARfix Semarang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: