Berbagi Sarapan Berbagi Kebahagiaan

Semarak social media banyak melahirkan komunitas berbagi di berbagai kota. Jika Anda aktif mengikuti perkembangan di facebook, twitter, google+, blog, atau social media lainnya, tentu Anda tidak asing lagi, atau bahkan telah aktif dalam berbagai komunitas berbagi tersebut. Salah satu komunitas berbagi yang sekarang ini aktif bergerak di beberapa kota, termasuk di Semarang tentunya adalah Pagi Berbagi.

Komunitas ini bertujuan mengajak semua kalangan masyarakat untuk berbagi di pagi hari. Dari hati turun ke tangan untuk berbagi. Komunitas yang baru terbentuk ini, pada awal aksinya mengajak siapa saja untuk ikut berbagi di pagi hari, dengan membagikan nasi box kepada banyak orang yang membutuhkan di pagi hari. Banyak lokasi yang menjadi tujuan pembagian nasi box untuk sarapan. Di lokasi yang dituju komunitas ini membagikan nasi box pada tukang sapu jalanan kota, buruh panggul di pasar, tukang becak yang baru bangun dari ranjangnya berupa becaknya sendiri, loper koran, pedagang sapu, dan masih banyak lagi.

Aksi perdana #PagiBerbagi diadakan di kota Solo, tempat komunitas ini dibentuk. Setelah aksi perdana yang diadakan pada hari Sabtu, 11 Juni 2011 tersebut, aksi Pagi Berbagi ini diadakan rutin seminggu sekali, setiap Sabtu Pagi. Di Semarang sendiri Pagi Berbagi telah memulai aksi perdana pada Sabtu 25 Juni 2011. Para #SahabatBerbagai (sebutan untuk mereka yang ikut dalam aksi tersebut) biasanya memulai aksinya dari pukul 06.00 hingga selesai. Untuk bergabung dengan komunitas ini bisa mengikuti infonya di twitter: @pagiberbagi.

Bagaimana aksi para #SahabatBerbagai di Semarang? Berikut ini kutipan liputan “#BerbagiSarapan ketiga di #Semarang, Sabtu 9 Juli 2011” yang dimuat di blog Pagi Berbagi: pagiberbagi.wordpress.com:

Bertemu kembali dengan kami #SahabatBerbagi regional #Semarang di Aksi #BerbagiSarapan ketiga yang dilakukan di kota Semarang pada Hari Sabtu, tanggal 9 Juli 2011. Seperti biasanya Aksi kami mulai dengan berkumpul di meeting point andalan yaitu di Taman Gajahmungkur Semarang Pukul 06.00 WIB. Pada Aksi kali ini saya dibantu oleh 5 #SahabatBerbagi lainnya, menjadikan total anggota tim kali ini seluruhnya menjadi 6 Orang. Ada wajah lama dan baru, mereka adalah saya sendiri Landhes (@landhes), kemudian Liyta (@lituun), Wendy (@wenswens), Myta (@mytamtyh), Isan (@arinaisan), dan Adid (@adidpermana).

Kembali kali ini kami Alhamdulillah bisa membagikan 100 NasiBox kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Target kami kali ini adalah kawasan Imam Bonjol – Poncol. Segera kami meluncur ke kawasan target dengan 2 mobil, di perjalanan kadang kami bertemu juga dengan saudara-saudara kita yang sudah bekerja di pagi hari, di kawasan yang pernah kami kunjungi pada aksi sebelumnya. Namun dengan berat hati kami melaju terus ke kawasan target sembari berkata dalam hati: “Maaf Pak… Bu… kami belum bisa berhenti kali ini, semoga rejekinya melimpah pagi ini dan seterusnya, lain kali pasti kami kembali lagi.” Terkadang memang sering terbesit di setiap aksi, anda kami membawa Nasibox yang sangat amat banyak sehingga kami bisa berbagi ke semua orang, bahkan melakukannya tiap hari. Namun karena kami sudah menetapkan kawasan yang akan dipilih untuk melakukan aksi tiap minggunya, maka kami sebisa mungkin konsisten dengan hal tersebut.

Kami memulai Aksi saat memasuki kawasan Jalan Imam Bonjol dari arah Tugu Muda. Target yang kami temui sedikit banyak sama dengan aksi-aksi sebelumnya. Para Pemulung, Tuna Wisma, Petugas Kebersihan Jalan, Tukang Becak, Pedagang Asongan, Pedagang Koran, dan lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: