Bisnis Inovatif dari Keluarga Kreatip

Sisa hujan dan matahari baru saja tenggelam di ufuk barat. Sebuah rumah makan di ujung Jalan Pandanaran, tampak ramai tamu berdatangan. Tampak kebanyakan dari mereka adalah pelaku wirausaha Semarang. Malam itu mereka datang untuk menghadiri Forum Wedangan dengan tema “Bisnis Inovatif dari Keluarga Kreatip” di RM Padang Nusantara. Forum Wedangan sendiri merupakan forum yang dimotori oleh JRU (Jaringan Rumah Usaha).

Kali ini sesuai dengan tema acara, keluarga Septi Peni Wulandari, Business Owner Jarimatika, berbagi ide dan pengalaman menjalankan bisnis inovatif bersama keluarganya. Septi hadir bersama suami, Wahyudi Maryanto, dan ketiga anaknya. Septi dihadapan ratusan hadirin yang datang menceritakan, awal bisnis yang dijalankannya dimulai saat anak pertamanya lahir.

“Suami minta saya menjaga anak-anak, meski saya saat itu diterima menjadi PNS, namun saya diminta keluar. Meski awalnya berat, namun suami berhasil menyakinkan saya bagaimana keluarga ini akan berjalan,” ungkap Septi.

Hal yang paling berat adalah ketika ditanya “Kerja dimana?” Jawaban sebagai ibu rumah tangga, sering dipandang remeh oleh orang yang bertanya. Inilah yang menjadi pemicu semangat Septi untuk merubah hal tersebut. Dia berusaha untuk mewujudkan, rumah adalah juga kantor tempatnya bekerja.

“Rumah kami adalah kantor kami. Ada jam kerja, dan saya selalu memakai pakaian kerja, saat jam kerja. Jika ada tetangga yang datang ingin mengajak ngerumpi, akan saya jawab, maaf saya sedang bekerja,” tandas sarjana Kesehatan Masyarakat dari Universitas Diponegoro Semarang ini.

Sukses yang diraih Septi, berdasar pada keinginan yang dia pegang. “Sukses dulu dengan anak-anak baru sukseskan orang lain”. Biasanya, lanjut Septi, kita lebih sering memberi sisa kepada anak-anak atau keluarga kita. Mendidik anak orang lain agar sukses, tapi melupakan anak sendiri, harusnya tidak demikian.

Wahyudi Maryanto, kemudian menambahkan, kegiatan sehari-hari yang dilakukan keluarganya adalah berkumpul dan ngobrol. Dari hal tersebut keluarganya menemukan banyak ide. Saat tahu, paten perkapita Indonesia sangat rendah, Dodi (panggilan akrabnya) bersama keluarga kemudian membuat gerakan membuat paten. Termasuk di dalamnya Jarimatika.

Untuk menemukan paten bagi keluarga Dodi bukanlah hal yang sulit. Hal apa yang dilakukan anak-anak kemudian dibukukan. “Hal apa yang dilakukan anak pertama yang bisa membaca dalam 2 tahun, kemudian diruntut balik buat anak kedua,” jelas lulusan Teknik Fisika ITB ini.

Setelah Septi Peni Wulandari dan Wahyudi Maryanto bercerita kemudian dilanjutkan cerita dari ketiga anaknya yang masih usia SMP dan SD, namun sudah memiliki usaha sendiri. Ketiga anak tersebut memutuskan untuk tidak sekolah di lembaga formal. Mereka dengan sendirinya memilih untuk home schooling. Melihat hasil yang dicapai anak-anak tersebut membuktikan keputusan yang mereka pilih tidak hanya tepat, tapi juga mampu mendobrak tradisi.

Meski tidak banyak yang disampaikan dalam acara tersebut, karena keterbatasan waktu. Namun apa yang disampaikan keluarga Wahyudi Maryanto ini tentu akan menjadi inspirasi bagi mereka yang datang dalam Forum Wedangan malam itu, atau bahkan bagi banyak keluarga di Indonesia. Bahwa keberanian untuk mendobrak tradisi, diikuti kemauan yang kuat untuk berkreasi, akan membawa manfaat bagi keluarga dan masyarakat luas.

2 Responses

  1. Kesuksesan butuh pengorbanan

  2. Batik is Amazing!!! apalagi kalo udah punya baju atau batik sendiri.

    agan/sist yg terhormat, kami dari pemegang merk dagang Batik aqila Menyediakan berbagai Produk BATIK murah dan berkualitas.

    BATIK – ANEKA batik-BAJU batik – KEMEJA batik – kaos BATIK – batik SARIMBIT- TOPI batik – CELANA batik – BLOUSE batik – JAKET batik – JUAL batik – batik MURAH – GROSIR batik – PAKAIAN batik – ACCESSORIS batik – batik PEKALONGAN
    JUAL ANEKA macam BATIK, TOPI, KAOS, BAJU, KEMEJA, CELANA, PAKAIAN, HARGA MURAH DAN GROSIR, terima PARTAI BESAR DAN KECIL

    silahkan kunjungi kami di toko online kami http://www.kaosbatikpekalongan.wordpress.com
    Batik Aqila For Smart Fashion
    Kepuasan Anda berbelanja di tempat kami, adalah kebanggaan bagi kami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: