Menjadi Teknopreneur di Bidang Teknologi Informasi

Salah satu jurus untuk sukses menjadi teknopreneur adalah dengan mengerjakan apa yang kita suka. Dengan mencintai pekerjaan maka kita akan melakukan pekerjaan dengan sungguh-suggung dan pantang menyerah meski banyak tantangan yang menghadang. Perkembangan pesat teknologi informasi, menjadikan bidang ini banyak disukai generasi saat ini. Tulisan saya ini akan menarasikan mengapa website dam perawatan komputer menjadi bidang yang tetap akan memiliki prospek cerah bagi teknopreneur ke depannya.

Internet saat ini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Semua aspek kehidupan telah mulai memanfaatkan fasilitas internet, tidak hanya perusahaan yang ingin memasarkan produknya secara global, tetapi juga pemerintahan, organisasi, partai politik, yayasan, lembaga, dan bahkan individu juga telah menggunakan internet untuk mendapatkan kemudahan dalam memberikan layanan dan informasi, juga untuk kemudahan perluasan dan pengembangan bisnis.

Setiap waktunya internet semakin memasyarakat di Indonesia, hal ini ditandai dengan semakin banyaknya pengguna internet dari tahun ke tahun, dan akan terus bertambah. Diprediksikan setiap tahunnya pengguna internet di Indonesia meningkat tajam. Ini sangat masuk akal mengingat era globalisasi yang sudah mulai berjalan.

Website adalah salah satu alat penunjang, sebagai media informasi dan promosi di internet. Sekarang ini website bukan lagi menjadi “barang mewah” untuk perusahaan, orgranisasi, maupun pribadi. Tetapi sudah merupakan keharusan bagi mereka yang siap untuk Go Public, siap untuk memulai perluasan dan pengembangan usaha apapun bidangnya. Website, juga sebagai simbol kredibilitas dan prestige yang menunjukkan bahwa perusahaan selangkah lebih maju dari kompetitornya dan lebih siap dalam menghadapi pasar global.

Dengan memiliki website, maka semua orang, semua pihak, dan semua komponen dari seluruh penjuru Indonesia dan dunia dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai perusahaan/instansi atau apapun yang sekarang Bapak/Ibu pimpin, atau dengan mudah menghubungi Bapak/Ibu bilamana ingin melakukan kegiatan transaksi.

Selain Internet dan website yang menunjang kinerja kita adalah komputer itu sendiri. Komputer saat ini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Semua aspek kehidupan telah mulai memanfaatkan fasilitas komputer sebagai alat bantu untuk menyelesaikan pekerjaan manusia. Secara umum digunakan untuk kepentingan pribadi dan juga untuk kepentingan bisnis. Tetapi yang paling dibutuhkan dan paling dirasakan manfaatnya untuk kepentingan bisnis. Seperti pada lembaga pemerintahan, perusahaan, organisasi, partai politik, yayasan, lembaga usaha swasta dan masih banyak lagi yang lain. Dengan menggunakan komputer maka akan mendapatkan banyak kemudahan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Jika komputer mengalami masalah pada waktu tertentu maka pekerjaan yang seharusnya dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat dapat berakibat sebaliknya, maka dari itu perlu adanya perawatan dan pemeliharaan (maintenance) pada perangkat komputer tersebut. Dengan adanya maintenance ini diharapkan komputer akan selalu pada keadaan yang prima untuk membantu kita menyelesaikan pekerjaan. Jadi maintenance komputer penting sekali dilakukan untuk menjaga komputer agar tetap baik.

Yang perlu dilakukan untuk menjaga komputer agar tetap baik dan prima adalah ada dua hal yaitu perawatan dan pemeliharaan komputer secara fisik dan secara software. Secara fisik yang perlu dilakukan adalah komputer secara rutin dibersihkan dari debu-debu yang menempel di chasing dan juga dikomponen komputer tersebut. Sedangkan secara software adalah dengan melakukan optimalisasi pada system startup, optimalisasi pada services yang berjalan, optimalisasi pada system setting, optimalisasi pada visual effect, optimalisasi pada internet connection, optimalisasi pada registry, optimalisasi pada memory, optimalisasi penggunaan harddisk, optimalisasi pada program yang diinstall, optimalisasi link program, optimalisasi firewall dan antivirus, dan lain-lain. Dengan melakukan perawatan komputer secara berkala, rutin dan teratur maka diharapkan semua aktifitas pekerjaan kita yang berhubungan dengan komputer menjadi lancar tanpa ada masalah.

Ari Putranto
Programer Media Informatika Semarang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: