Tips Gaya Hidup Sehat di 2011

Tahun sudah berganti dan berbagai hal menjadi pelajaran yang harusnya semakin memacu kita menjadi pribadi lebih baik. Berbagai rencana baru disusun untuk mencapai target dan sasaran di tahun 2011. Berbagai resolusi dibuat masing- masing pribadi untuk semakin meninggkatkan prestasi maupun kualitas diri. Target menikah, lulus kuliah, mendapat pekerjaan dan promosi kerja mungkin menjadi hal yang ingin diraih dan tidak kecuali menjadi lebih sehat.

Bagi beberapa pribadi mungkin menjadikan tahun 2011 sebagai tahun resolusi untuk menjadi dan meraih kesehatan menjadi lebih baik dan pastinya berumur panjang.  Kecantikan dan tata rias memiliki kecenderungan atau tren nya sendiri yang berbeda dari tahun lalu, perekonomian juga memiliki tren nya sendiri tetapi tidak demikian dengan tren atau kecenderungan kesehatan. Menjadi sehat dan bugar adalah impian semua orang.

Gaya hidup yang fun dan serba instant serta didominasi fast food yang mengandalkan rasa nyaman, enak dan happy sudah hadir sebagai tren. Bagi sebagian pribadi mungkin menghadirkan diet sebagai salah satu resolusi tahun 2011. Berdasarkan kamus Merriam- Webster diet sendiri berarti manner of living atau diaitasthai yang berarti to lead one’s life. Jadi diet adalah tentang gaya hidup. Diet adalah gaya hidup maka sebaiknya program ini menyangkut hampir seluruh aspek hidup manusia. Mulai dari pola pikir, kebiasaan sehari- hari, cara memilih makanan dan menakar jumlah asupan, serta mengambil keputusan tentang jenis makanan yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Kita juga sebaiknya bisa membedakan antara lapar dan ”lapar mata”. Pola pikir merupakan komponen yang harus diperbaharui dulu dan sebaiknya jangan hanya bertahan di permulaan atau awal tahun saja. Jadi jika seseorang hanya mempersepsikan diet sebagai sesuatu yang menyiksa, hampir pasti akan gagal. Kegagalan ini berawal dari anggapan bahwa karena berat badan sudah turun sesuai target yang diinginkan maka program diet sudah selesai. Anggapan ini sebenarnya menimbulkan munculnya pertanyaan lain seperti ”Apakah tubuh menjadi lebih sehat dan pikiran lebih segar?” atau ”Apakah hidup menjadi lebih bahagia?”

Memang benar dan sah jika kita berdiet demi beberapa tujuan pribadi. Agar dipuji pacar, agar baju pengantin kita pas di tubuh ataupun karena mengikuti kontes kecantikan dan tuntutan pekerjaan. Namun, sebaiknya di atas semua itu, kita harus tetap mengutamakan kesehatan. Inti dari berdiet adalah mendapatkan tubuh yang lebih sehat, bukan menjadi lebih kurus dan kurang bugar serta terjadinya pembakaran lemak. Pola pikir ini agar selalu diingat supaya kita tidak perlu terlalu menjalani diet yang menyebabkan lapar berlebih.

Beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan menjalani diet sehat, di antaranya: Terhindar dari penyakit kronis atau penyakit degeneratif, selalu bugar, pernapasan lancar, hormonal normal, lebih percaya diri, umur lebih panjang, dan hidup sejahtera dan bahagia

Beberapa trik yang dapat dilakukan untuk mengendalikan berat badan, di antaranya:

  • Banyak konsumsi buah segar daripada meminum jusnya
  • Membawa air minum kemana pun pergi untuk menghindari terjadinya dehidrasi
  • Minumlah air dalam jumlah besar sebelum menyantap makanan
  • Hindari soft drink
  • Banyak konsumsi sayuran dan sebisa mungkin frekuensi pemakaian santan dibatasi
  • Gunakan piring makan yang berukuran kecil sehingga porsi makan akan terlihat lebih banyak
  • Batasi camilan yang berupa gorengan dan snack padat kalori lain
  • Positive thinking dan sebisa mungkin hindari stres
  • Buat jadwal tetap untuk melakukan aktivitas fisik dan jangan hanya sekedar ”meluangkan waktu”

Menjadi lebih sehat sebagai salah satu resolusi untuk tahun 2011 merupakan pilihan yang dapat dilakukan dan hal ini sangat berkaitan dengan masalah berat badan. Satu hal yang harus selalu diingat adalah agar semua menjadi satu kompilasi yang seimbang antara pengaturan pola makan dan perubahan gaya hidup yang mencakup olah raga, rekreasi, istirahat, bahkan pola pikir.

N. Desy Putriningtyas, S. Gz
Ahli Gizi di Klinik Laras Langsing RS. Hermina Pandanaran lt. 3 Semarang

One Response

  1. Makasih tipsnya..Sehat secara alami memang lebih baik..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: