Tergoda Sajian Mie Ayam Jamur

Aroma mie yang masih hangat begitu mudah menggoda selera. Apalagi ketika mie diaduk dengan kuah yang sudah dicampur bumbu. Kelezatannya pasti akan langsung terbayangkan bagi para penggemar mie. Tidak heran jika aneka masakan yang terbuat dari mie banyak kita jumpai, baik di warung tenda kaki lima maupun di restoran mewah.

Salah satu sajian mie yang banyak kita jumpai adalah mie ayam. Sajian mie ayam dan rasanya di suatu tempat bisa jadi berbeda dengan tempat lainnya. Namun kebanyakan mie ayam yang disajikan di sini berupa campuran mie, kuah yang sudah dibumbui, ayam yang sudah dimasak khusus dan diremuk hingga kecil-kecil, serta campuran sayur seperti sawi dan ditaburi irisan daun bawang.

Mie ayam jamur bisa jadi merupakan menu yang sangat jarang kita jumpai di warung-warung di Semarang. Salah satu tempat yang bisa kita kunjungi untuk menikmatinya adalah di Mie Ayam Jamur “Djamet” yang terletak di dekat Universitas Diponegoro, tepatnya di Jalan Pleburan Barat No 37 Semarang. “Kita baru buka di sini sejak tahun 2008. Karena tidak ada menu serupa di sini, pelanggan dari hari ke hari terus bertambah,” ungkap Anik, pengelola Mie Ayam Djamet.

Mie ayam jamur sebenarnya proses memasaknya sama dengan mie ayam lainnya. “Yang membedakannya hanya pada tambahan jamur di dalamnya. Proses memasak jamurnya juga sama dengan cara memasak ayamnya. Namun ayam dan jamurnya dimasak secara terpisah. Selain itu mie yang disajikan adalah mie keriting dan kuahnya disajikan secara terpisah,” jelas Anik.

Bagi yang suka bakso atau pangsit bisa memilih menu spesial di sini. “Untuk sajian spesial, pengunjung juga bisa memilih menu mie ayam jamur ditambah pangsit dan bakso,” tambah Anik. Untuk harga seporsi mie ayam jamur, baik yang spesial maupun yang biasa tidak beda jauh. Yang jelas harga mie ayam di sini hampir sama dengan mie ayam di tempat lainnya.

Untuk resepnya sendiri Anik mengaku mendapatkan dari kakaknya yang telah lama membuka warung mie ayam jamur di Jakarta. “Pusat Mie Ayam Djamet ada di Jakarta, cabangnya sudah cukup banyak di kota lain. Di Semarang sendiri selain di sini, kami juga baru buka di daerah Tembalang,” paparnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: