Tampil Trendi? Asal Sesuai Diri…

“Fashion is not something that exists in dresses only. Fashion is in the sky, in the street, fashion has to do with ideas, the way we live, what is happening.” (Coco Chanel, French Fashion Designer )

SELAMAT TAHUN BARU 2011….
Sudah siap mengikuti tren penampilan 2011? Tak diragukan, bila Anda merupakan orang yang fashionable, pasti jawabannya adalah: SIAP!!! Siapa sih yang tidak ingin menunjukkan penampilan terbaiknya? Lebih-lebih kaum perempuan, mereka selalu ingin terlihat cantik, modis serta ingin menjadi orang pertama yang mengikuti tren.

Tren memang berkembang sangat cepat, entah itu soal busana, aksesori maupun perlengkapan lainnya. Intinya semua yang menunjang penampilan itu sangat cepat berubah. Perubahan itu memang menarik dan kita boleh mengikutinya, asalkan pantas dan membutuhkan.

Sebenarnya, berpenampilan sesuai tren itu mudah dan bisa dilakukan semua orang. Tapi, berpenampilan yang trendi dan menarik adalah  sebuah tantangan. Untuk tampil trendi dibutuhkan kepekaan dalam mengenali berbagai aspek yang kita miliki karena setiap perempuan memiliki gaya, bentuk tubuh, dan karakter yang berbeda. Kalau kita sudah bisa memahami aspek-aspek tersebut, selanjutnya kita bisa berkreasi dengan tren yang tengah berkembang. Kalau tidak, wah… kita akan menjadi ’’kormod” alias korban mode.

Ya, penampilan itu salah satu elemen penting bagi kehidupan kita. Penampilan merupakan hal pertama yang dilihat orang dan juga dinilai orang. Penampilan jugalah yang menentukan kehidupan sosial kita, apakah kita akan diterima atau ditolak di dalam pergaulan. Benar memang, ada pepatah yang mengatakan “Jangan menilai orang dari luarnya” (Don’t judge the book from the cover). Ini tidak sepenuhnya salah, tapi tidak akan pernah juga menjadi benar untuk sebuah kesan pertama.

Ketika kita berpenampilan dengan busana yang menarik, maka kita dengan sendirinya akan mengalami peningkatan rasa percaya diri. Seperti kita ketahui bahwa busana tidak hanya terbatas pada pakaian saja, tapi keseluruhan yang kita pakai mulai dari yang berada di kepala sampai ke ujung kaki. Keindahan penampilan busana fisik yang kita kenakan akan memoles keadaan psikis kita . Sebab, “when you look good, you feel good”.  Kalau Anda terlihat baik, Anda akan merasa baik juga. Bisa dikatakan pula penampilan bukan hanya alat pamer saja, melainkan  cerminan  dari kepribadian kita.

PENAMPILAN terbaik tak melulu berkaitan dengan gaya yang sedang populer, rancangan desainer ternama, apalagi harga yang paling mahal. Penampilan terbaik adalah sesuatu yang begitu pas dengan tubuh sehingga seolah-olah ia tercipta secara khusus untuk kita seorang saja.

Maka kita harus bisa mencari model, gaya yang memang menggambarkan diri kita sesungguhnya dan usahakan berpenampilan sesuai kondisi. Berpenampilan trendi sangat mungkin dilakukan, asal kita memahami aturan mainnya. Ada beberapa aturan yang perlu diketahui agar kita tidak menjadi korban mode (fashion victim).

Seperti dikutip dari Conectigue, gaya berbusana trendi belum tentu tepat untuk dikenakan setiap orang. Karena itu, kenalilah beberapa hal di bawah ini:

Temukan Gaya Pribadi
Setiap perempuan memiliki gaya dan karakter yang berbeda. Pahami karakter diri kita untuk menemukan gaya pribadi. Tampil mengikuti tren bukan berarti mencomot begitu  saja model yang sedang tren tanpa memperhatikan gaya dan karakter diri kita, bisa bisa kepercayaan diri kita malah menghilang.  Sekali lagi gaya dan karakter kita berbeda satu dengan yang  lain.

Pertimbangkan Usia
Saat ini sedang tren minidress, celana pendek, tank top, atau jins yang superketat. Mungkin, kita tidak keberatan dengan busana seperti itu. Tapi, apakah cocok dengan usia kita saat ini? Penampilan seksi tidak hanya bisa didapat dari busana mini atau jins yang ketat. Kita bisa tetap tampil chic dan seksi dalam busana terusan sifon dengan tali kecil di pinggang. Tambahkan satu gelang perak besar dan sepatu high heels.

Pilih Satu Tren untuk Satu Penampilan
“Pilih satu tren dan buatlah itu sebagai panduan bagi Anda.” Begitu saran Joanna Baum, perancang pakaian dari New York. Misalnya Anda ingin bergaya mini, cukup konsentrasikan pada satu busana terusan mini dan tambahkan sedikit aksesori saja seperti gelang dan anting. Tren aksesori tahun 2011 adalah sesuatu yang besar dan tebal yang berwarna perak, perunggu, emas dan kuningan sehingga bisa menambah aksen yang menarik. Jangan gabungkan beberapa tren menjadi satu penampilan seperti: floral dress digabungkan dengan wide belt, lalu dipadukan dengan skinny jeans. Hal tersebut justru mematikan keunikan masing-masing gaya.

Sesuai Ukuran Tubuh
Dalam memilih busana trendi, jangan melupakan sifat material dan ’’jatuhnya’’ di tubuh kita. Tidak semua orang cocok dengan rok mini, skinny jeans atau celana pendek. Sekali lagi, jangan memaksakan diri mengikuti tren tetapi kita harus pintar untuk menyesuaikannya dengan tubuh kita. Pahami kekurangan dan kelebihan tubuh sehingga kita bisa menyamarkan kekurangan dan terlihat menarik serta pas. Pilih baju yang bisa menonjolkan fitur terbaik dari tubuh kita. Dengan begitu, kekurangan tubuh kita bisa ditutupi. Misalnya, kalau bahu kita bagus, pilih baju yang menonjolkan keindahan bahu, sehingga fokus orang akan berpusat pada bahu kita. Jangan malah menonjolkan kelebihan daging kita dengan mengenakan busana ketat.  Perlu diperhatikan pula adalah saat memilih busana trendi carilah   dengan  ukuran yang   pas dengan tubuh kita, jangan terlihat kebesaran atau kedodoran atau bahkan kekecilan.

Konsultasi kepada Ahli
Ahli yang dimaksud bukan hanya fashion stylist atau designer, tapi juga pramuniaga departement store. Sering kita tidak sadar bahwa pengetahuan seorang pramuniaga bisa memberikan banyak keuntungan untuk kita dalam memilih barang. Misalnya jika kita merasa tidak nyaman dengan low-rise jeans yang sedang in saat ini, pramuniaga departement store dapat membantu untuk mencari medium-rise jeans yang tidak kalah trendi.

Underwear
Jangan ketinggalan pemilihan underwear pun harus diperhatikan terutama ketika kita memakai rok atau celana berbahan tipis atau berwarna putih.

Keserasian Warna
Perhatikan keserasian warna, situasi maupun waktu pada saat berpenampilan. Boleh trendi tapi tentunya kurang pas apabila kita memakai rok terlalu mini dengan belahan dada yang rendah dan warna yang mencolok untuk ke kantor.

Kalau semua itu sudah ada cermati dan siap mengikutinya, yakinlah Anda bakal menjadi sosok yang berpenampilan trendi  dalam semua situasi, tanpa harus menjadi korban mode.

Bonita D Sampurno
Direktur YPI Training Centre & Consultancy ”Up Grade Your Personal Image”/ email: info@ypitrainingcentre.com

2 Responses

  1. tlong dunk di ulas lg mngenai skolah kpribadian…
    saya tertarik untuk mengikutinya….

  2. Tambahan :

    Pengeruh teknologi terhadap gaya hidup manusia masa kini

    http://pobersonaibaho.wordpress.com/2011/01/15/teknologi-dan-gaya-hidup/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: