Langkah Praktis Perawatan Kaca Mobil

Kebersihan kaca mobil sering diabaikan. Padahal fungsinya amat vital. Bagaimana langkah perawatan praktis yang perlu dilakukan?

Kini banyak cara yang bisa dilakukan untuk menampilkan kaca mobil Anda seperti baru. Antara lain, membersihkannya dengan berbagai cairan bersih yang beredar di pasaran. Tetapi harus hati-hati memilih mana yag paling tepat untuk kaca mobil. Ada beberapa jenis kaca mobil yang tidak boleh dibersihkan dengan cara biasa. Kebanyakan datang dari mobil Eropa. Karena itu, untuk mobil Amerika atau Eropa disarankan memakai cairan pembersih yang tidak mengandung bahan kimia.

Proses penghilangannya bisa dicampur dengan air atau menorehkannya langsung di permukaan kaca. Ada alat khusus yang mampu memoles kaca khusus bertenaga listrik yang mampu menggosok secara sempurna. Alat ini memakai semacam bahan karpet untuk menghilangkan noda seperti jamur yang mengeras. Untuk hasil terbaik, beberapa salon mobil sampai meramu dan memproduksi sendiri bahan pembersih khusus kaca.

Sebelum memulai penggosokan, kaca dibersihkan dengan air dan lap hingga benar-benar bebas dari debu. Lalu mulailah menggosok dengan cara memutar dan tidak statis satu arah. Usahakan tidak membersihkan kaca di bawah sinar matahari langsung. Begitu pun bila ingin mencuci rutin kaca mobil dengan shampoo atau sabun mobil. Shampoo yang mengandung zat kimia ini akan cepat terserap di bawah pancaran sinar matahari dan masuk ke dalam pori kaca. hasilnya, flek akan cepat muncul.

Khusus untuk kaca yang tergores akibat kristal debu atau karena terkena gesekan karet wiper yang aus, ada alat khusus yang mampu memoles kaca tergores hingga tampil seperti baru lagi. Alat buatan Amerika ini terbagi atas dua macam. Untuk goresan biasa, penggosoknya terbuat dari semacam asbes. Sementara goresan yang agak dalam, penggosoknya berupa gerinda kaca.

Pemolesan sekaligus pemangkasan lapisan kaca untuk menghilangkan goresan jangan dilakukan pada satu tempat. Soalnya, ini menyebabkan permukaan kaca menjadi distorsi atau tampak bergelombang. Jika mobil dalam keadaan jalan. Kaca yang bergelombang bisa membahayakan syaraf mata. Meski begitu, kalau langkah yang dilakukan dapat menyebabkan kaca menjadi lebih tipis. Yang terkikis hanya sepersekian mikron dan itu masih sangat safety dengan standar keselamatan.

Kini lewat langkah perawatan ringan, mobil Anda semakin tampil bergaya. Kaca yang bersih, tidak hanya akan menimbulkan perasaan nyaman dan aman sewaktu mengendarai di malam hari atau saat hujan, juga akan terlihat pas dengan paduan cat mobil yang mengkilap serta interior yang bersih dan sehat.

Ahmad Sriyono
Manager Auto Beauty Semarang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: