Era Baru Digital Video Recorder

Digital Video Recorder atau sering disingkat DVR adalah alat untuk memonitor dan merekam obyek gambar yang nampak oleh kamera CCTV. Saat ini DVR merupakan salah satu jenis pemantauan perekam yang paling populer dan disukai dalam industri video surveillance. DVR pada awalnya dirancang untuk mengatasi masalah kualitas rendah dan pemeliharaan tinggi.

Sejak awal diperkenalkan ke pasar sampai saat ini, DVR telah mengalami banyak perkembangan. Di tahun 2010 bahkan DVR telah memasuki generasi keempat. Perkembangan dari DVR sendiri tentu tidak lepas dari perkembangan dunia teknologi informasi. Bahkan bisa dikatakan perkembangan DVR banyak dipengaruhi perkembangan teknologi informasi.

Pada generasi keempat ini DVR bahkan telah menyatu dengan gadged tanpa menginstall aplikasi khusus. Memang beberapa merk masih mengharuskan menginstall aplikasi khusus, namun merk seperti TelView telah mempu membuat terobosan teknologi sehingga DVR bisa langsung berjalan di gadged tanpa aplikasi khusus. Hebatnya lagi DVR juga bisa berjalan di semua platform, baik tablet, notebook, bahkan juga jalan di andraoid, dan tentunya di symbian juga blackberry.

Dengan berjalan tanpa aplikasi tentu sangat mempengaruhi kinerja DVR, terutama di perangkat seluler menjadi jauh lebih baik. Jika dengan aplikasi memori tentu akan banyak digunakan dan sering kali aplikasi tidak kompatibel dengan perangkat seluler yang digunakan. Dengan tanpa aplikasi memori lebih lega dan kompatibel dengan hampir semua ponsel (telepon seluler) yang sekarang ada di pasaran.

Dengan teknologi mutakhir yang diusung, tidak heran jika DVR generasi empat ini harganya hampir dua kali lipat DVR generasi tiga, yang sekarang ini masih merajai pasar DVR di tanah air. “Bagi yang menggunakan DVR dengan aplikasi di ponsel biasanya setelah waktu berjalan akan merasa keberatan, karena akan kena biaya internet mobil dari operator yang dipakai. Sedangkan yang tanpa aplikasi, contohnya pengguna BB service tanpa charge tersendiri,” jelas Stefanus Tjokro, saat ditemui di CCTV Anggrek Jalan Brigjend Katamso No 2C Ruko E Semarang.

Di Semarang sendiri sudah ada beberapa yang memasarkan DVR generasi empat yang berjalan tanpa sistem aplikasi, salah satunya adalah CCTV Anggrek. “Salah satu produk yang kami pasarkan bahkan bisa dikatakan sebagai generasi 4,5 karena sudah berteknologi CMS atau central monitoring system. Di sini user bisa mengontrol langsung dua atau lebih tempat berbeda, secara bersamaan dan real time,” tambahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: