Segarnya Es Gempol Langsung Terasa

Begitu disruput dari cendok, kuah es gempol langsung membuat mulut jadi segar. Tenggorokkan pun langsung merasakan bedanya. Campuran santan dan gula halus atau sirup begitu terasa pas dengan gempol di dalamnya. Ada dua pilihan bentuk gempol, ada yang bulat berwarna putih, dan ada yang bermotif dengan warna merah muda. Kita bisa memilih salah satu atau dua-duanya.

Saat digigit, rasa tepung beras dan manis kuah serasa menyatu menghadirkan rasa yang khas. Karena rasa khasnya ini dan jarang dijumpai di Semarang, tak heran jika es gempol yang berlokasi di daerah Kampus Pleburan tepatnya di depan kampus Fakultas Sastra Universitas Diponegoro banyak digemari. Tidak hanya mahasiswa, tapi juga pekerja kantoran dan masyarakat sekitar.

“Saya berjualan di sini sejak tahun 2000, sebelumnya saya ikut kakak saya dari tahun 1997. Es gempol ini asli Sukoharjo, saya belajar membuatnya dari kakak saya yang asli Sukoharjo. Kakak saya sekarang juga masih jualan es gempol di daerah Johar,” papar Mas Parmo, yang setiap hari menawarkan dagangannya dari pukul 11.00 – 16.00.

Gempol sendiri terbuat dari tepung beras yang dipadatkan, memang terlihat mudah membuatnya. Namun untuk mendapatkan rasa yang pas, tentu tidak gampang. Campuran kuahnya bisa es sirup atau gula halus. Jika ingin rasa yang khas dan kuat manisnya sebaiknya menggunakan gula halus.

“Gula halus memang lebih mahal dari sirup, namun karena berlokasi di lingkungan kampus, saya tetap menjualnya dengan harga terjangkau, satu mangkuknya Rp 2,5 ribu. Dengan harga segitu, dalam sehari sekitar 80 mangkuk es terjual. Bagi yang ingin dibawa pulang juga bisa dibungkus plastik.,” tambahnya.

Leave a Reply

