Memanfaatkan Waktu Luang dengan Mengajar Private

Banyak cara untuk mengisi waktu luang. Jika Anda masih mahasiswa dan ingin mengisi waktu luang dengan kegiatan positif, memberi les private bisa menjadi pilihan. Tidak hanya uang saku akan bertambah, tapi juga bisa mempraktekkan ilmu yang didapat di bangku kuliah. Banyak mahasiswa yang telah melakukan hal tersebut, tentunya mereka memilih mengajar yang sesuai dengan ilmu yang mereka miliki.

Peluang untuk mengajar les private sangat terbuka lebar. Setiap tahun tentunya jumlah murid akan selalu bertambah seiring pertambahan jumlah penduduk. Bagaimana gambaran mahasiswa yang mengajar private? Berikut ini wawancara Tabloid Simpang5 dengan Indra Dhani Kusuma, mahasiswa English department UNNES 2006. Cowok kelahiran 25 April 1988 yang juga Duta Wisata Jawa Tengah 2006 ini, telah mulai mengajar private sejak semester awal kuliah.

Bagaimana awal ceritanya memutuskan untuk mengajar private dan apa alasannya?
Awal mula memutuskan mengajar karena sebagai seorang mahasiswa memiliki waktu yang lebih kalau hanya digunakan untuk kuliah, belajar, dan jalan-jalan. Dengan adanya kesempatan untuk mengembangkan diri, mempraktekan ilmu, dan sekalian mendapatkan
penghasilan. Maklum, mahasiswa dengan sangu cekak mana bisa jajan di kafe, nonton bioskop, ataupun menuruti formula makan tiga kali sehari dengan menu sehat. Akhirnya mengajar private menjadi pilihan mendapatkan uang sekalian mempraktekkan ilmu.

Bagaimana membagi waktu mengajar private dan kuliah?
Kuliah kan pagi, dari pukul 07.00 sampai pukul 15.00, jarang memilih waktu sore. Sedangkan jadwal private itu menyesuaikan kebutuhan si murid. Yaitu dari pukul 15.00 sore sampai pukul 21.00, sehingga klop. Efek sampingnya jadi jarang main dan jalan-jalan.

Apa manfaat mengajar private bagi diri Anda, baik sewaktu masih kuliah maupun untuk ke depannya?
Manfaat bagi diri sendiri adalah membantu memperlancar mempraktekan ilmu yang didapat di kampus. sekalian berusaha untuk mandiri dan membantu orang tua. Jangka panjangnya adalah kita sudah membuka ‘pasar’ untuk mengajar. Setelah lulus, jaringan murid dan orangtua murid sudah luas, sehingga tidak kesulitan dalam mencari murid.
Semakin tinggi jam mengajar maka kemampuan akan semakin terasah dan harga akan semakin naik.

Kira-kira akan sampai kapan mengajar private?
Sampai lulus, sampai mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan kemampuan saya. Dan bisa jadi untuk seterusnya jika saya masih di Semarang.

Ada tips atau saran untuk mahasiswa yang juga ingin menjadi pengajar private?
Tips untuk mahasiswa yang mau jadi pengajar privat: Pertama, ikut bimbel (bimbingan belajar) terlebih dahulu. Itu akan menjadi agen Anda untuk mendapatkan murid, jika memang Anda belum menemukan atau susah menemukan murid. Setelah bisa berdiri sendiri dengan murid yang cukup dan uang yang cukup, biasanya bimbel menawarkan share hasil mengajar, ada yang 60:40, ada yang 70:30. Pilih yang paling fair pembagiannya. Kedua, iklankan diri Anda. Selama ini komunikasi dari mulut ke mulut adalah yang paling berhasil. Tapi cobalah menempel iklan di sekitar sekolah.

Advertisements

4 Responses

  1. Baru sempat mampir nih!
    Liat-liat dulu….
    Situsnya bagus nih!
    apalagi kalau disuguhi makan!
    hehehehehhehehe
    Kunjungan balik ya sob, ini blog saya
    http://artibelajarmengajar.blogspot.com
    Salam kenal….

  2. Foto tenaga pengajarnya keren n ganteng… Hehe… Jadi termotivasi juga pengen mengajar bahasa inggris anak sd dan smp kayak beliau…

  3. Foto Tenaga pengajarnya ganteng… Hehe… Jadi termotivasi juga pengen ngajar private bahasa inggris anak sd dan smp… Buat tambah penghasilan… 😉

  4. sy jg ngajar private gan… malah lembaga sy profit share nya 80:20…
    80% buat instruktur,,, 20% buat lembaga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: