KoBer, Ruang Berbagi Komunitas di Semarang

Hembusan angin pagi Semarang di tengah suasana libur panjang akhir pekan begitu membuai kita untuk bersantai menikmati liburan. Namun, itu tak menyurutkan niat kuat tim KoBer Komunitas Loenpia.net untuk tetap menggelar KoBer Edisi Mei 2010. Tepatnya 29 Mei 2010, sebelum matahari mulai menyengat kulit, teman-teman Komunitas Loenpia sudah siap menyambut tamu yang akan masuk ke Lobi Gedung Telkom Jalan Pahlawan, tempat acara akan berlangsung.

Satu persatu peserta berdatangan, tidak hanya dari Loenpia tapi juga dari berbagai komunitas di Semarang. Ya, KoBer Edisi Mei ini memang agak berbeda, jika biasanya hanya diikuti intern Loenpia, sekarang terbuka untuk umum. Memang ini salah satu cara supaya KoBer tetap menarik dan kreatif. Kali ini KoBer juga bekerjasa dengan Telkom, dan selalu terbuka untuk bekerjasama dengan berbagai pihak ke depannya.

Nama KoBer sendiri merupakan akronim dari Kopdar Bermutu yang memiliki tujuan sebagai tempat berbagi ilmu dan pengalaman. Spirit yang diusung adalah semangat komunitas yang guyup dan kekeluargaan. Dimotori oleh teman-teman komunitas blogger Loenpia.net, KoBer juga mengajak teman-teman komunitas lain dan masyarakat pada umumnya untuk ikut bergabung. KoBer sendiri biasanya dilaksanakan setiap bulan sekali, pada minggu terakhir.

Danindra, sang MC acara, menyalurkan anerginya untuk memulai acara dengan penuh semangat. Dua doorprize langsung dibagikannya untuk menambah semarak ruang yang dipenuhi sekitar 80 peserta tersebut. Setelah suasana mulai terbentuk, MC mempersilahkan Ahmad Munif, salah satu pendiri Komunitas Loenpia.net yang menjadi Ketua Panitia acara tersebut untuk membuka acara.

Tema Photoblogging: Pictures Speak Louder Than Words, cukup lengkap disajikan pembicara pertama, Ahmed Dee. Salah satu pegiat Semarangdailyphoto.com ini, mengupas pembagian blog begitu detail beserta contoh-contoh blog yang dia maksud. Tentu di dalamnya termasuk photoblog. Ahmed menjelaskan, photoblog bisa bermanfaat sebagai sarana berbagi keagungan ciptaan Tuhan, berbagai informasi, dan bahkan bisa untuk menjual foto. Selain itu, diungkapkan pula ada ajang penghargaan untuk photoblog yang bisa diikuti setiap pegiat photoblogging.

Sebelum pembicara kedua membagi ilmunya, Telkom sebagai pihak pendukung acara berbagi info tentang layanan konten speedy. Ada tiga portal yang diinformasikan, yaitu Kanal Bola, Pesona Edu, dan Full Trex. Pihak Telkom kemudian juga mengumumkan lomba blog, Speedy Writing Contest, dengan hadiah NetBook. Lomba ini akan berlangsung sampai 30 Juni 2010, dan info lengkapnya bisa dibaca di blog Loenpia.net.

Rahman Hakim, pembicara kedua, yang juga pendiri Kfsemarang.com, berbagi berbagai teknik fotografi, bedah foto, dan cara menentukan harga sebuah foto. Untuk menghargai sebuah foto sendiri, ada berbagai faktor pertimbangan. Bisa dari lamanya waktu memotret, tingkat kesulitan, besar ukuran foto, tujuan penggunaan foto, dan faktor lain. Sesi yang sangat menarik ini diakhiri dengan praktek pemotretan model.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: