Dua Pilihan Wisata Pantai Semarang

Sebagai kota pantai, banyak potensi wisata pantai yang bisa dikembangkan di Semarang. Sekarang ini biasanya masyarakat mengunjungi dua pantai yang memang telah menjadi favorite untuk menikmati deburan ombak, yaitu Pantai Marina dan Pantai Maron. Kedua pantai ini jaraknya cukup dekat, namun berbeda karakteristik. Jika Pantai Maron berbatas pasir, Pantai Marina berbatas bebatuan untuk menahan ombak. Keduanya cukup menarik untuk berekreasi karena juga dilengkapi fasilitas pendukung.

Pantai Marina terletak di bagian utara Kota Semarang, bersebelahan dengan arena PRPP dan Mareokoco, sekitar 4 km dari Tugumuda. Jalan menuju pantai ini cukup mewah, sehingga untuk mencapai lokasi sangat mudah, kita bisa mengendarai motor atau mobil sampai di tepi pantai. Untuk memasuki lokasi kita cukup membayar Rp 3 ribu perorang. Pohon yang rimbun di tepi pantai sangat nyaman untuk menikmati suasana pantai.

Pantai ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk permaian air dan arena bermain anak-anak. Dibuka setiap hari, biasanya Pantai Marina ramai di akhir pekan atau hari libur. Di pantai Marina selain kita bisa menikmati permainan di air juga bisa menikmati sajian kuliner yang cukup lengkap di tepi pantai sambil bersantai menikmati keindahan pantai dan deburan ombak. Pada pagi hari kawasan ini sangat cocok untuk berolahraga jogging.

Tidak jauh dari Pantai Marina, tepatnya di dekat Bandara Ahmad Yani atau di sekitar muara Sungai Silandak, kita juga bisa mengunjungi Pantai Maron. Pantai ini bisa ditempuh dari dua tempat, yaitu dari Bandara Ahmad Yani atau dari Perumahan Graha Padma, Krapyak. Kira-kira berjarak 3 km dari jalan raya kita sudah bisa sampai di lokasi. Jika menggunakan kendaraan bisa ditempuh sekitar 10 menit.

Jika biasanya pantai Laut Utara itu terjal karena banyak batu karang atau batu penahan ombak seperti di Pantai Marina, tetapi di Pantai Maron bentuknya landai dan berpasir. Pasirnya nyaris seperti di Bali, hanya saja warnanya tidak putih. Mungkin karena itu, suasana pantai benar-benar bisa dirasakan, meski jarang dijumpai keindahan ombak seperti di pantai-pantai di daerah Bali maupun Jogja.

Selain keindahan pantai, kita juga bisa menikmati beragam menu kuliner. Deretan panjang warung yang berada tidak jauh dari bibir pantai sangat memudahkan pengunjung yang ingin mengisi perut jika terasa lapar. Menu yang tersedia pun cukup beragam, mulai dari nasi goreng, mie goreng, soto, bakso, mie ayam, sate ayam, sate kambing, dan berbagai menu lainnya. Namun tampaknya sate ayam menjadi menu yang paling banyak ditawarkan.

Jika berkunjung ke Pantai Maron pada Sabtu Sore, Minggu Pagi, Minggu Sore, atau hari-hari libur, bisa dipastikan pelancong yang datang sangat banyak. Bahkan bisa dikatakan tidak kalah dari jumlah pelancong di Parangtritis Jogja ataupun Kuta Bali. Hampir setiap sudut pantai dan warung-warung di tepi pantai penuh oleh pengunjung.

5 Responses

  1. tapi akses ke pantai maron kok susah gitu ya??hehe..cmiiw

  2. jadi pingin maen ke Semarang lagi nih, thanx infonya ya

  3. […] : https://simpang5.wordpress.com/2010/06/15/dua-pilihan-wisata-pantai-semarang/ This entry was posted in : ini karya ku🙂 by admin. Bookmark the […]

  4. Klo dari arah simpang lima semarang ke pantai Marina & Maron jaraknya brp Km?…

  5. Pantai Marina dan Pantai Maron di Semarang ini indah sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: