Desy Putriningtyas: Orang Diet Tetap Harus Makan Teratur

Banyak orang beranggapan bahwa diet itu berarti tidak makan, padahal tidak harus demikian. Diet bisa dengan tetap makan teratur namun pemilihan bahan makanannya harus seimbang dengan kondiri tubuh seseorang. Untuk mengetahui gizi atau makanan yang seimbang bagi tubuh tentu seseorang perlu untuk berkonsultasi langsung pada ahlinya.

“Manusia sehat atau sakit awalnya dari makanan. Makan berlebih, terutama yang banyak lemak tentu tidak baik bagi tubuh. Memilih makanan yang pas takarannya akan membuat kita tetap sehat. Karena itu di sini, kami mengajak pasien untuk mengikuti pola makan dan pola hidup yang sehat,” papar N Desy Putriningtyas, Pengelola Klinik Laras Langsing yang berlokasi di RS (Rumah Sakit) Hermina Pandanaran Semarang.

Berat badan yang tidak ideal bagi sebagian orang dianggap membuat penampilan jadi tidak menarik. Dalam sudut pandang kesehatan, semua orang dengan berat badan berlebih dan gemuk mempunyai risiko yang lebih besar untuk terjadinya berbagai penyakit akibat obesitas. Ini menandakan bahwa kesehatan dan kecantikan memang saling berkaitan. Sejak awal berdiri klinik Laras Langsing sendiri lebih menekankan pada kesehatan. Namun seiring waktu berjalan juga memasukkan unsur kecantikan dalam perawatan.

“Saya di Laras Langsing sejak pertama didirikan, tepatnya pada tahun 2008. Yang pertama saya kerjakan di sini adalah ikut dalam mendesain ruang klinik, apa saja yang dibutuhkan untuk sebuah klinik. Setelah itu mempersiapkan bagaimana manajemennya, serta mempelajari usaha sejenis. Dan yang terpenting adalah bagaimana mengubah pola hidup pasien yang sudah datang ke sini untuk hidup sehat,” papar Sarjana Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro ini.

Kesadaran akan pola makan dan hidup sehat menjadi perhatian wanita yang pada 25 Desember nanti menginjak umur 25 tahun ini. Menurutnya, banyak kebiasaan di tengah masyarakat yang belum mengindahkan pola makan yang sehat. Ini bisa dilihat dari pola makan maupun aktivitas harian yang jarang bahkan tanpa melakukan olah raga.

“Biasanya jika kita memberikan reward atau sesuatu kepada orang lain berupa makanan, dan makanan tersebut biasanya banyak mengandung lemak. Begitu pula ketika kita janjian dengan seseorang, biasanya kita memilih untuk bertemu makan bareng di tempat makan, dari pada melakukan fitness bersama. Tentu tidak salah juga bagi kita yang ingin makan enak yang berlemak, tapi setidaknya itu dalam sebulan sekali,” tambah penggemar buku-buku karya Pramoedya Ananta Tour ini.

Untuk tetap sehat dan cantik, Desy mengajak untuk selalu berpikir positif dalam menghadapi semua kejadian. Karena dengan mengambil sisi positifnya, kita akan terhindar dari stress dan tetap tenang menghadapi segala kejadian. “Selain itu biasakan untuk makan yang seimbang dengan aktifitas fisik,” pesan wanita yang punya target untuk melanjutkan kuliah S2 ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: