Tahu Pong Karangsaru Pakai Bahan dan Bumbu Khusus

Semarang memang dikenal kaya akan ragam kuliner yang lezat. Tahu pong menjadi salah satu menu andalan Semarang yang kenikmatannya dirasakan penikmat kuliner dari berbagai kota. Jika mencari referensi tahu pong yang sedap, tak ada salahnya jika mencoba Tahu Pong Karangsaru. Sesuai namanya, tenda kaki lima ini terletak di Jalan Karangsaru, dekat Jalan MT Haryono (Mataram).

Meski tahu pongnya hanya disajikan di tenda, warung ini tergolong legendaris di Semarang. Menu tersebut sudah ada sejak tahun 1949 dan telah dicicipi sejumlah tokoh dan pejabat. Penikmat tahu pong Karangsaru diantaranya mantan Presiden Gus Dur, mantan Presiden Soeharto, dan sejumlah Gubernur yang pernah menjabat di Jawa Tengah.

Pemilik warung tersebut adalah Ivan Samuel Thenu. Dia melanjutkan usaha kuliner itu dari mertuanya, Cahyo Samudro, yang dulu membuka tahu pong Pringgading. Bersama istrinya, Roostina Samudro mengelola warung tersebut hingga laris dan banyak dikenal orang.

Menu yang ditawarkannya diantaranya tahu komplit, tahu kopyok, tahu emplek, gimbal udang, telor, pong gimbal telur, emplek gimbal telur. Rahasia kelezatannya ada pada resep tradisional yang sehat. “saya tak pernah menggunakan penyedap rasa, tahu dan bahan-bahan lain juga saya buat sendiri tanpa pengawet,” ujar dia.

Sebagai pengganti penyedap rasa, dia menggunakan ebi atau udang kering sebagai bumbu dasar. Bahan tersebut lalu dicampur dengan gula aren untuk bumbu cair cocolan tahu. “Memang lebih mahal, tapi rasanya lebih enak,” kata dia. Kecap yang digunakannya sebagai kuah juga dibuat sendiri. Bahan baku udang dipilihnya dari udang tambak putih. “Udang ini kulitnya pun bisa dimakan. Lebih enak,” katanya.

Itulah sebabnya rasa tahu pong buatannya lain. Untuk acar, Ivan tak menggunakan acar mentimun. Sebagai gantinya, dia memakai acar lobak. Lobak diiris tipis-tipis, dibubuhi gula, dan garam agar rasanya pas. Hasilnya, tahu pong buatannya banyak disukai orang.

Di warung ini paling enak menyantap tahu komplit. Menu itu sudah disertai tahu, telur,dan  gimbal udang yang semuanya digoreng. Selanjutnya menu ini disajikan dengan bumbu manis gurih berbahan dasar ebi tadi. Tahu pong enak disantap dengan nasi panas, acar lobak, dan kerupuk udang. Boleh juga dicoba tahu emplek yang dikocok dengan telur. Kenikmatan tahu pong buatannya tak diragukan lagi. Tak heran dia kerap mendapatkan pesanan dari acara tertentu ataupun dari hotel dan restoran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: