Upgrade Your Personal Image

Banyak orang yang mampu memanfaatkan potensi diri yang mereka miliki, sehingga mereka mampu meraih kesuksesan dan diterima serta dihargai oleh lingkungan mereka dengan baik. Namun tidak sedikit orang yang tahu bagaimana memaksimalkan potensi yang mereka miliki. Banyak hal positif yang bisa dilakukan agar dapat diterima dan dihargai di lingkungan, salah satunya adalah dengan cara meng-Upgrade Personal Image atau meningkatkan kualitas diri dan citra diri yang positif. 

Sebelum kita tentukan hal yang akan kita lakukan agar bisa meningkatkan citra diri ada baiknya kita tahu apa saja faktor yang menunjang kesusksesan seseorang. Ada 3 faktor utama penunjang kesuksesan seseorang, yaitu: Knowledge, Skill dan Attitude

Knowledge
Knowledge adalah informasi atau pengetahuan mengenai suatu hal yang dimiliki seseorang (Wikipedia). Menghadapi tantangan dunia kerja saat ini, tidak cukup hanya berbekal dengan kemampuan akademis semata, oleh karenanya diperlukan pengetahuan yang luas dengan mengupdate ilmu pengetahuan yang kita peroleh di dunia pendidikan formal melalui berbagai media, baik media cetak ataupun media elektronik. Dengan makin luasnya system informasi, memperluas wawasan bukanlah suatu hal yang sulit lagi.

Skill
Skill merupakan kegiatan yang memerlukan praktek atau dapat diartikan sebagai implikasi dari aktifitas (Nadler:1986). Keberhasilan seseorang di dunia kerja tidak lepas dari keterampilan, kemampuan,  keahlian atau ilmu yang mengacu pada profesionalisme. Sebagian besar perusahaan merekrut karyawan berdasarkan skill yang kita miliki. Skill seseorang bisa dilihat dari cara kita melihat suatu permasalah secara lebih spesifik seperti misalnya bagaimana cara kita menggunakan peralatan kantor dan cara berkomunikasi dengan pelanggan. Skill dan kemampuan kita akan berkembang jika kita terus berusaha mengeksplor dan mengasah kemampuan kita melalui hal-hal positif.

Attitude

Attitude adalah tingkah laku individu berasal dari ekspresi kepercayaan secara lisan, perasaan atau tingkah laku yang baik terhadap obyek atau situasi dimana hal ini berasal dari persepsi atau reaksi secara psikologis (Greenberg & Barron, 1999). Sikap dan perilaku yang mencerminkan diri kita. Pada dasarnya kesuskesan yang kita raih adalah satu hal yang tidak mungkin kita raih tanpa bantuan dan kerjasama dengan orang lain, untuk itu kita harus mampu menjaga sikap dan perilaku kita terhadap orang lain.

Dari ketiga faktor kesuksesan tersebut di atas, ternyata yang paling mempengaruhi kesuksesan seseorang adalah attitude. Attitude seseorang dipengarahui oleh citra diri. Citra diri adalah gambaran mental mengenai apa yang orang pikirkan tentang diri mereka, bukan siapa diri mereka sebenarnya. Segala sesuatu yang kita kerjakan dalam kehidupan ini dipenguruhi oleh citra diri kita. Pengembangan citra diri yang positif akan merubah kehidupan kita menjadi lebih baik.

Ingatlah bahwa citra diri kita berawal dari masa kecil kita sendiri, dari orang tua, guru, teman, keluarga atau sosok yang berpengaruh di dalam lingkungan kita. Pengalaman masa lalu, atau ucapan orang tua, teman atau guru secara tidak sadar akan di memory oleh alam bawah sadar kita dan akan mempengaruhi pembentukan citra diri kita. Banyak diantara kita yang cenderung tidak bisa menampilkan citra diri kita, hal tersebut dikarenakan kita merasa tidak percaya diri. Kurangnya rasa percaya diri seseorang sering diakibatkan oleh kata-kata atau ungkapan dari lingkungan kita yang menilai kita secara negative.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa meng-Upgrade citra diri kita menjadi positif? Kuncinya
adalah menemukan siapa sesungguhnya diri kita. Pada dasarnya kepribadian seseorang tercermin
dari sikap, perilaku, tutur bahasa yang digunakan. Karena itu, pengenalan akan diri sendiri
sangatlah penting bagi setiap personal agar dapat menempatkan diri, diterima dan dihargai
oleh lingkungannya. Banyak di antara kita yang karirnya atau bisnisnya terhambat karena faktor
internal, salah satunya adalah karena kita belum mampu mengenali diri kita sendiri. Ask
your self “Who am I?”, “Benarkan kita sudah mengenal diri kita sendiri?”, dan apakah kita
mampu melihat diri sendiri secara apa adanya?”.

Setelah kita mampu mengenali kekurangan dan kelebihan diri kita, Ada 4 cara mengembangkan diri, sehingga dapat terbentuk Citra Diri Positif, antara lain:

Terima Diri Sendiri, Cintai diri Anda dan terimalah diri Anda apa adanya, seperti yang diungkapkan Whitney Houston dalam sebuah lagu “Learning to love yourself, is the greatest love of all”. Langkah pertama yang paling penting adalah menerima diri sendiri, belajarlah mencintai dan menerima segala kekurangan yang ada pada diri Anda sendiri. Catat kata-kata negatif dari lingkungan Anda dimasa lalu, misalkan seseorang mengatakan kepada Anda :”kamu bodoh”, mulailah bertanya benarkan itu? Siapa yang mengatakan itu?, keadaan seperti apa yang Anda alami waktu itu?. Mungkin Anda mengerjakan sesuatu yang salah pada waktu itu, dan mereka menyebut amat bodoh. Ini bukan berarti Anda akan selamanya bodoh. Itu hanya persepsi orang lain dan ekspresi dari rasa frustasi mereka. Bebaskan
diri Anda dari kebencian, kecemburuan, frustasi kepada orang-orang yang mengatakan bahwa
diri Anda negative.

Carilah dimana Anda pernah mengerjakan sesuatu dengan cerdas. Mulailah untuk melihat diri Anda seorang yang cerdas. Temukan kelebihan dan kekurangan diri Anda, sangat penting untuk mulai mencari dan menemukan kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Buatlah daftar kelebihan dan kekurangan kita sehingga kita dapat mulai belajar untuk meningkatkan kelebihan dan meminimalisir kekurangan diri kita. Buat target kekurangan apa yang ingin kita ubah, sehingga dari waktu ke waktu kita menjadi lebih baik.

Seleksi pergaulan. Mulailah memilih teman-teman dekat Anda, karena diri Anda akan sangat dipengaruhi oleh teman terdekat Anda. Menyeleksi pergaulan kita bukan berarti kita membedabedakan teman sesuai dengan status sosialnya, tapi lebih kepada seleksi lingkungan pergaulan kita. Hindari untuk menjalin hubungan dengan orang yang membuat Anda merasa rendah diri dan hanya mampu mengkritik diri Anda. Citra diri positif tentunya akan terus melekat pada diri kita sehingga kita menjadi pribadi yang tangguh, diterima, dipercaya dan menyenangkan bagi orang lain. Ibarat kata pepatah “Harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan
citra positif”. Mulailah untuk selalu meng-upgrade personal image Anda.  (Erma Assegaf, Professional Trainer & Bussiness owner ERMA ENTERPRISE)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: