BYAR Creative Industry Memberikan Dukungan Terhadap Perkembangan Seni Rupa

Langit Semarang tampak cerah malam itu, di sebuah galeri di daerah Lbagian barat kota, tepatnya di Jalan Borobudur Utara Raya No. 6 Manyaran, terlihat aktivitas yang membuat hidup suasana. Galeri yang cukup besar itu, cukup ramai dengan pengunjung yang datang. Ya, malam itu sedang berlangsung “Pameran Seni Rupa Fragmen Renungan Fragmen Personal” di Galeri Bu Atie. Ratusan mata pecinta seni atau masyarakat pada umum yang datang dimanjakan dengan berbagai karya senirupa. 

Pameran yang berlangsung pada tanggal 3- 9 Desember 2009 itu menampilkan berbagai karya seni rupa, seperti lukis, komik, digital print, instalasi ruang, video, dan obyek seni. Pameran ini melibatkan beberapa seniman, seperti Candra Yudha Satria, Syamsul Anugrah, Lina Nurdiana, Rosita Amalia, dan Kiki Aly. Sedangkan untuk kurator pameran Chabib Duto Hapsoro.

Pameran “Seni Rupa Fragmen Renungan Fragmen Personal” merupakan salah satu pameran yang diselenggarakan di antara berbagai pameran seni rupa lainnya. Jika ada yang bertanya siapa yang berada di balik maraknya pameran seni rupa di Semarang beberapa tahun terakhir ini. Jawabnya, salah satunya adalah BYAR Creative Industry. Tentu kerjasama dengan berbagai pihak juga selalu dibangun organisasi yang memang bergerak di bidang seni tersebut.

“BYAR Creative Industry sebagai organisasi seni berdiri di Semarang 24 Desember 2006. Fokus akan kajian untuk memberikan dukungan terhadap perkembangan senirupa. Kajian melalui pendataan, dokumentasi, riset, penulisan, workshop, perpustakaan, diskusi, residensi, dan pertukaran seniman. Mengembangkan seni melalui pameran, laboratorium eksperimen, promosi, serta manajemen seni,” papar Maretha Handoyo, salah satu pendiri BYAR Creative Industry.

Dengan visi aktif dalam mengumpulkan data, mengadakan proyek seni, dan membangun jaringan kerja dengan organisasi seni sejenis. Misinya agar membuka lebar peluang kesenimanan skala lokal, nasional, dan internasional. “Untuk keanggotaan, BYAR ini organisasi seni yang fokus memberikan peluang bagi siapa saja yang bergerak di bidang kreatif. Silakan jika ingin bergabung, tidak ada keanggotan secara formal, siapa saja bisa terlibat,” jelas Maretha.

Pada 10 Februari 2008, BYAR Creative Industry menempati rumah kontrakan di Perum BPD II No. 35 Kalicari Semarang Timur. Rumah tersebut digunakan sebagai fasilitas berbentuk ‘ruang seni alternative’. Untuk penyimpanan datadokumentasi- perpustakaan, pameran, residensi, diskusi, workshop, dan laboratorium eksperimen. Juga sebagai sarana dalam mengembangkan jaringan kerja khususnya dalam bidang seni rupa, skala lokal, nasional, maupun internasional.

“Kita di sana selama dua tahun atas dukungan berupa kolektif dari seluruh seniman, kawan-kawan mahasiswa atau pelajar, sponsor, HIVOS People Unlimited, keluarga, warga BPD II Kalicari, dan seluruh pihak terkait,” tambahnya. Selanjutnya, pada 30 Januari 2010 secara resmi BYAR Creative Industry ‘pindahan’ tempat. Untuk sementara alamat dan kontak ke Ridho Mochammad Salafi Handoyo Perum Dolog G.112 Tlogosari Wetan Pedurungan 50.

“Kedepannya BYAR Creative Industry merancang dan menyusun program jangka panjang. Semoga lebih bermanfaat dan mempunyai peran jelas akan kajian dan perkembangan seni rupa. Dalam bidang kajian, informasi serta data yang terkumpul akan dibagikan sejak MARET 2010 melalui website resmi BYAR Creative Industry. Sedangkan untuk bidang pengembangan berupa kerja lapangan, BYAR Creative Industry menjalin kerjasama dengan DAHARA Gallery di Semarang,” ungkapnya, seperti juga tertulis di Group BYAR Creative Industry di Facebook.

2 Responses

  1. schedule berikutnya tuk pameran senirupa kapan lagi ya bro..tolong infonya n juga prosedur tuk ikut pameran..munkin kaligrafi bisa termasuk didalamnya ato ada pameran sendiri tuk kaligrafi?
    mohon infonya ya…makasih ahead ya

  2. Bravo! Ada greget manis dari Manyaran…selamat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: