Kinerja KSP Nasari Membanggakan Dukungan Pemerintah pun Datang

Wakil Presiden Boediono saat membuka seminar One Product One Village (OVOP) di Bali pada 14 November lalu menyatakan bahwa pemerintah akan melibatkan koperasi sebagai wadah menampung dan mengembangkan hasil produksi sektor usaha kecil dan makro (UKM). Alasannya lembaga yang menampungnya selama ini masih sangat terbatas. Karenanya, pemerintah memilih lembaga yang cocok untuk menyokong pembiayaan dan pemasaran hasil UKM tersebut yakni koperasi. 

Sebelumnya, Menteri Negara Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Jakarta pada 10 November juga menegaskan koperasi dan usaha micro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran strategis yang berkaitan langsung dengan kehidupan dan peningkatan kesejahteraan rakyat adalah nyata. Mereka juga telah terbukti menopang kekuatan dan pertumbungan ekonomi.

Komitmen pemerintah, terhadap koperasi dan UMKM tersebut dibuktikan dengan dialokasikannya anggaran Rp 100 triliun selama periode 2009 – 2014, atau Rp 20 triliun tiap tahunnya, melalui program kredit usaha rakyat (KUR) guna membantu permodalan pelaku UKM. Terkait perluasan penyebaran KUR, menteri juga berjanji akan melibatkan koperasi sebagai penyalur.

Menurut menteri, seperti yang dituturkan Sahala Panggabean, Ketua KSP Nasari, ada empat koperasi yang segera akan direkomendasikan untuk ikut menyalurkan KUR. Mereka adalah Kospin Jasa, Nasari, Sitia Bakti Wanita (SBW), dan Kodanua. “Selanjutnya adalah koperasi-koperasi berprestasi lainnya yang telah diseleksi. Yang jelas KSP Nasari akan mendapatkan alokasi, itu merupakan penghargaan atas kinerja koperasi selama ini,” jelasnya usai diterima Menteri Negara Koperasi dan UKM.

Tidak berlebihan jika pemerintah berencana melibatkan KSP Nasari untuk ikut menyalurkan KUR. Sebab koperasi yang berpusat di Semarang ini memiliki kinerja yang cukup membanggakan. Meski usianya baru 11 tahun koperasi yang khusus melayani para pensiun PNS, TNI/Polri ini telah mampu berdiri sejajar dengan koperasi-koperasi maju lainnya yang didirikan jauh lebih lama.

Kinerja Membanggakan

Soal prestasi, koperasi yang kini didukung 11 Kantor Cabang dan 11 Kantor Cabang Pembantu dan memiliki 230 unit pelayanan di 230 kabupaten/kota di 25 provinsi ini, telah mengantongi penghargaan tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga pusat telah diperolehnya saat koperasi ini belum genap sewindu.

Pengurus KSP Nasari Audiensi dengan Menteri Koperasi dan UKM

Salah satu hal yang disampaikan dalam audiensi tersebut adalah berkaitan dengan penyesuaian batas bunga simpangan anggota koperasi yang tidak kena pajak. Frans Meroga, Direktur Operasi Nasari yang juga ikut audiensi mengatakan, apa yang dilaporkan kepada menteri yaitu bunga koperasi yang tidak kena potongan pajak sesuai Kepmenkeu No 522/KMK/04/1998 adalah sebesar Rp 240 ribu. Mengingat usianya yang telah lebih dari 10 tahun tetapi belum dilakukan penyesuaian, meski Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) sering mengalami penyesuaian.

Berdasarkan UU PPh No 36/2008 yang berlaku sejak 1 Januari 2009, menetapkan PTKP untuk diri wajib pajak sebesar Rp 15.840.000 per tahun atau Rp 1.320.000 per bulan. “Berdasarkan peraturan UU PPh tersebut, besarnya pajak atas bunga simpanan di koperasi dan perbankan sama-sama dikenakan pajak penghasilan 15%, kami merasakan ketidakadilan. Bahwasanya koperasi memiliki tekad dan tujuan mensejahterakan anggota dan UMKM, maka kami mengajukan permohonan agar ada peninjauan. Kalau PTKP saja naik, semestinya batas simpanan anggota koperasi yang kena pajak juga dinaikkan dari Rp 240 ribu menjadi Rp 1.320 ribu. Apalagi ini jangka waktunya sudah 10 tahun,” jelasnya.

One Response

  1. WORKSHOP Internet Marketing
    ZERO BUDGET to UNLIMITED MARKET
    Anda akan belajar (Open No LIMIT | Except AURAT) :
     Memanfaatkan Fasilitas GRATIS di Internet
     Jangan Hanya No. 1 di GOOGLE tapi di SEMUA Halaman GOOGLE
     Melakukan Riset Yang SEGMENTED dan TARGETED
    Sehingga Lebih EFEKTIF dan EFISIEN
     Bagaimana Kita Memilih DISPLAY, BROSUR, IKLAN.
    Dan jangan memBRANDING yang hanya banyak mengeluarkan UANG
     Membuat WARUNG ONLINE Serba GRATISAN dari si RAJA GRATISAN
     Berbagi Ilmunya Mudah Sekali
     Cocok untuk siapa saja yang Ingin Mendapat Hasil Jutaan Melalui Internet
     Sudah Banyak Buktinya
    Oleh :
    Ir. Agus Setiyawan, MM, Chem.Eng
    (Bukan MOTIVATOR – bukan INSPIRATOR – tapi benar benar REALITOR)
    Mulai untuk Beginner – Intermediate – Expert Internet Marketer
    Seorang Pembicara yang juga Pelaku dan Pengamat Internet Marketing (4 tahun)
    http://www.pembicarainternetmarketing.com
    Fasilitas :
     CD Materi
     Makan Siang dan Snack
     Sertifikat
     Wi fi
     GRATIS Konsultasi Pasca Pelatihan
    Hari, Tgl : Sabtu-Minggu, 23-24 April 2011
    Tempat : PadangPlusResto, Jl. Depok Semarang
    Pukul : 09.00-17.00
    Investasi :
    Rp. 750.000 (early bird s/d tgl 10 April 2011)
    Rp. 850.000 ( Normal )
    Pendaftaran hubungi :
    Plaza Office (024) 8456618, 085 741 222 873
    Pembayaran via transfer
    Bank MANDIRI :
    FORI SUWARGONO 136 000 973 9407

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: