RoTI FreSh sebagai Ajang Sharing Ilmu

roti freshSatu lagi lahir dari kreatifitas anak-anak muda Semarang, namanya RoTI FreSh. Ini merupakan ajang diskusi, kumpul-kumpul, networking, sharing ilmu antara kita semua yang hidup dalam industri kreatif. Forum berbagi ide ini diharapkan akan terus berlangsung reguler sehingga akan semakin membuka wawasan (insight) kita dalam dunia kreatif. Dengan RoTI FreSh diharapkan bisa saling tahu trend yang sedang populer, hambatan apa yang dihadapi, dan solusinya.

RoTI FreSh (Return of Tuker Ilmu Freedom of Sharing) dilaunching pada pertengahan Oktober kemarin, tepatnya tanggal 14 Oktober 2009, bertempat di Tungdeblang. Acara yang berlangsung berkat dukungan dari Telkom ini mengambil tema “The Power of Online Community”. Selain dihadiri Komunitas-komunitas Online Semarang, seperti Loenpia.net, Nasikucing.com, Komunitas Cah Semarang, Internet Club, acara ini juga dihadiri Bengawan (Komunitas Blogger Solo), dan pengurus FreSh pusat dari Jakarta.

Acara yang tidak dipungut biaya ini, dibuka oleh Wiwik, salah satu penggerak RoTI FreSh. Dia menjelaskan apa itu RoTI FreSh serta bagaimana dan mengapa membuat RoTI FreSh. “Pada intinya kami berharap ilmu yang didapatkan dari RoTI FreSh ini bisa menjadi ‘makanan utama’ bagi orang-orang yang memang belum pernah mendapatkan ilmu seperti yang kami sajikan, atau sekedar menjadi ‘makanan pelengkap’ bagi orang-orang yang hanya ingin melengkapi ilmu yang telah mereka punya,” papar Wiwik.

Acara semakin meriah saat memasuki sesi kedua, yaitu perkenalan dari setiap komunitas. Perkenalan dimulai dari Bengawan, Setyo Mursid yang menjadi wakil  dari Bengawan, menjelaskan tentang Bengawan dan aktifitasnya. Selanjutnya, Loenpia.net yang diwakili oleh Ahmad Munif juga memaparkan tentang komunitas dan kegiatan didalamnya. Tidak ketinggalan komunitas lain seperti Komunitas Cah Semarang, Nasikucing.com, Indoflyer, Internet Club juga menjelaskan komunitas dan aktifitas mereka. Sesi perkenalan ini banyak diselingi gelak tawa.

Catur PW, founder tokohelm.com sekaligus salah founder FreSh Jakarta, melanjutkan dengan memperkenalkan apa dan mengapa mereka membuat FreSh. Dia juga memperkenalkan tim committee FreSh yang berada di Jakarta. “Yang menarik dari FreSh adalah konsep berbagi ilmu dari para pembicaranya. Dari setiap event yang diselenggarakan akan selalu diusahakan untuk mendatangkan expert dan upstart, sehingga konsep sharing akan selalu bisa maksimal,” jelas Catur yang datang khusus dari Jakarta untuk berbagi di RoTI FreSh.

Pengelolaan sebuah komunitas online menjadi tema pembicara selanjut, yaitu Yogie dari Loenpia.net. Yogie sebagai salah satu admint dan pendiri Loenpia.net mengambil contoh pengelolaan Komunitas Loenpia.net. “Salah satu cara untuk menghidupkan komunitas Loenpia.net adalah dengan membuat milis. Selain itu yang terpenting adalah menghilangkan sekat jabatan. Jika sudah masuk Loenpia, semua anggota sama, tidak memandang jabatannya apa,” ungkap Yogie.

Salah seorang pendiri FreSH Jakarta, Pitra Satvika, membawakan tema “Power Of Online Community” untuk sesi sharing malam itu. Pitra mengungkapkan. mengapa orang membutuhkan sebuah komunitas untuk menyalurkan kegiatan sosialnya dan bagaimana sebuah komunitas bisa digunakan untuk membangun atau malah menghancurkan sebuah brand image. “Beberapa hal yang menarik adalah fakta bahwa pengguna internet dari Indonesia selalu menduduki 10 besar dari pengguna social network dari seluruh dunia seperti twitter arau facebook. Hal ini membuktikan kalau orang Indonesia memang senang bersosialisasi bahkan dengan tools online sekalipun,” ungkapnya.

Bagi yang tertarik untuk mengikuti acara RoTI FreSh selanjutnya atau yang ingin tahu lebih lanjut tentang RoTI FreSh bisa mengunjungi http://www.rotifresh.net.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: