Andri Raharja Hobi Minum Kopi Bikin Coffee Shop

AndriNgopi dan nongkrong kini sudah menjadi gaya hidup di Semarang. Peluang inilah yang tak ingin disia-siakan Andri Raharja. Berbekal pengetahuannya tentang kopi, dia mendirikan coffee shop berkonsep unik di kawasan Taman Tabanas, Gombel Semarang. Classic Coffee Shop yang didirikannya sejak Februari 2009, hingga kini sukses membuat mahasiswa dan eksekutif muda sebagai target marketnya, gemar nongkrong di tempat tersebut.

Bukan tanpa alasan jika pria berkacamata ini membuat coffee shop. Andri yang juga mengelola Gombel Panorama Resto ini memang sejak dulu hobi minum kopi. Mencicipi berbagai jenis kopi merupakan hobi utamanya di samping otomotif. “Saya memang suka mencoba macam-macam kopi. Kadang kopi saya campur bahan-bahan lain untuk mencari sesuatu yang baru,” kata Andri yang mengoleksi berbagai kopi hitam seperti kopi Aceh dan Lampung ini.

Saat mendirikan coffee shop, dia pun membuat konsep yang tak jauh dari hobinya. Maka dibuatlah tempat minum kopi bernuansa klasik dengan sentuhan otomotif. Konsep ini dituangkan melalui beberapa gambar mobil klasik yang dipajang di coffee shop. “Dulu memang sempat ragu karena coffe shop sudah banyak berdiri. Ada yang berkonsep sport, dan musik. Agar beda saya membuat sesuatu yang lain,” ujarnya.

Keunggulan utama yang coba ditawarkannya pada konsumen adalah lokasi coffee shop dengan view dari Semarang atas yang indah. Ya, view daerah Semarang bawah di kala malam, lengkap dengan kerlap-kerlip lampu warna warni memang menawan. Pemandangan inilah yang tak bisa didapat di coffee shop lain. Tak hanya itu, Andri juga menawarkan pilihan menu yang lebih banyak dan memakai peralatan home made untuk meracik kopinya. “Masih pakai coffee breaker. Dengan begitu aroma kopi tidak hilang dan lebih pekat,” kata dia.

Karena hobi ngopi, dia pun ikut menciptakan menu yang ditawarkan. Bahan yang digunakan sebagian besar memakai kopi lokal. Sementara beberapa menu internasional yang sudah cukup dikenal dibuat dengan mempertahankan old fashioned receipe. Pilihan konsep, view dan menu yang disuguhkan berhasil  menarik minat para mahasiswa dan eksekutif muda menjadi pelanggannya. “Responnya cukup bagus. Banyak orang baru yang datang selanjutnya repeat order karena sudah punya menu favorit sendiri,” paparnya. Dia pun sukses menarik anggota klub-klub otomotif untuk ikut nongkrong. Letak coffee shop di Semarang atas juga membuat sejumlah orang dari luar kota singgah ke tempatnya.

Andri yang punya 6 karyawan ini mengungkapkan, sekarang ini coffee shop tak sekedar dijadikan tempat ngopi. Tapi juga ngobrol, kumpul keluarga, bekerja, dan menjamu kolega. “Banyak yang kesini tak hanya ngopi. Tapi juga buka laptop dan kerja,” kata Andri yang melengkapi tempat ngopinya dengan fasilitas hot spot. Agar pelanggan loyal, dia pun rajin menggelar promosi. Seperti program student month yang memberlakukan diskon 15 persen bagi pengunjung yang menunjukkan kartu pelajar. Dengan konsep yang matang, pemandangan dari Semarang atas yang indah, dan menu beragam serta lezat, Andri yakin coffee shopnya bisa diterima masyarakat Semarang meski usaha sejenis terus bermunculan

4 Responses

  1. aku mau tanya nih bos… Aku dari DB Coffee ingin menawarkan biji kopi bagaimana prosedurnya?. Kontak kami di wiilii@yahoo.com….Kami tunggu yah..Thanks

  2. mas gimana caranya kita memilih kopi sesuai jenisnya yang baik.dan cara penyajian kopi itu sendiri kepada konsumen( pelanggan ) ??……..apakah kopi2 tsb khusus di datangkan dari luar ap indonesia aj mas ?
    ak doni di malang ini alamat emeilk doniajag@yahoo.co.id.

  3. hai pak andri…bagaimana penawaran kopi yang kami tawarkan ke bapak?. Kami ada juga yang buat ritel dengan harga yang lebih terjangkau.

  4. Bos aku sebagai penggemar/penikmat kopi pingin nanya nih gimana caranya memilih biji kopi terbaik, oh kopi luwak pasarannya pergelas berapa bos, thks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: