Komunitas Fotografer Semarang, Photography and Friendship

kfsKFS is not just photography, but friendship. Itulah motto yang dipegang teguh anggota Komunitas Fotografer Semarang (KFS). Sebagai komunitas pecinta seni fotografi di Semarang, para anggotanya tak mengenal pembeda-pembeda yang membuat terkotak-kotak, tidak ada beda status sosial, merk camera, tidak ada pembeda dari club manapun, antara senior dan junior, tidak asal daerah, dan profesional atau amatir.

Klub foto yang kini anggotanya mencapai 1400 orang ini terbuka menerima semua kalangan. Joko Nuswantoro, Ketua KFS mengatakan di dalam klubnya tidak ada ikatan yang membelenggu. “Mereka bebas dan sukarela untuk bergabung maupun mengundurkan diri,” katanya. Yang dibutuhkan sebagai persyaratan hanya mempunyai semangat dan komitmen yang sama dalam fotografi, kebersamaan, pertemanan bahkan persaudaraan dengan sesama, lingkungan dan alam.

Joko menceritakan KFS semula berawal dari copy darat temen-temen member fotografer.net di Semarang pada tahun 2006. Dari kumpul-kumpul tersebut, mereka sepakat berkomunikasi lewat milis. “Dulu nama yang dipakai adalah FN Semarang, kemudian tahun 2007 resmi menjadi Komunitas Fotografer Semarang,” ujar Joko.

Hingga pertengahan 2008 jumlah member aktif KFS hanya sekitar 100 orang saja. Namun sejak adanya website http://www.kfsemarang.com sebagai wadah bertukar informasi berbagai kegiatan fotografi sekaligus galeri foto, anggota terus bertambah hingga hampir mencapai 1400 orang. Menurut Joko, mereka sebagian besar dari Semarang dan kota-kota sekitar. Namun ada juga yang dari Singapura, Beijing, New Jersey, hingga Abu Dhabi. ”Bagi orang yang pernah tinggal di Semarang, melihat aktivitas website ini seolah seperti pulang kampung,” katanya.

Di website KFS, ada juga forum diskusi, untuk tanya jawab mengenai peralatan tertentu. Juga dilengkapi forum jual beli, dimana member bisa melakukan penawaran dan pencarian barang-barang yang berhubungan dengan fotografi. Saat ini forum ini masih merupakan bagian yang paling diminati para member.

Kegiatan anggota KFS beraneka ragam. Mulai Pameran Foto bersama, Workshop Fotografi, bulan Oktober ini mengundang pakar infra red dari Bandung, Dibyo Gahari. Kemudian juga Hunting bersama ke Rawapening. Lomba Foto internal tiap tiga bulan. Selain yang berhubungan dengan fotografi, komunitas ini juga punya kegiatan umum seperti KFS Peduli, berupa kunjungan ke Panti Asuhan, Panti Jompo. Dan kegiatan keakraban seperti Halal Bihalal.

Humas KFS Rahman Hakim menambahkan hunting foto terbagi dalam hunting besar dan kecil. ”Hunting besar digelar setahun sekali karena selain tempatnya jauh, juga memakan biaya yang cukup besar, sehingga member yang mau ikut serta diharapkan bisa menabung dulu,” jelasnya. Daerah yang sudah dikunjungi antara lain Bromo, Tanjung Papuma, di Jawa Timur dan Kawah Putih di Bandung, serta Pangandaran. Untuk Hunting Kecil, dilaksanakan seputaran Jawa Tengah dan Yogyakata,

Uniknya, member komunitas ini tidak diwajibkan iuran. Sebab ada tim sendiri yang menggali dana dengan bantuan sponsor dan pihak terkait yang peduli pada perkembangan fotografi. ”Dana yang diperoleh dikembalikan ke para anggota dalam bentuk kegiatan-kegiatan fotografi,” ujar Hakim.

Kepengurusan KFS, dipegang oleh member yang aktif dan dipilih melalui polling. Tentusaja dibutuhkan sukarelawan karena sifat organisasi yang non-profit. ”Menjadi member KFS cukup mudah, tinggal melakukan pendaftaran via website dan isi data diri dengan lengkap,” katanya.

Untuk mendapat ID card KFS, cukup mengupload copy kartu identitas dan aktif mengikuti kegiatan. Dengan menunjukkan kartu ini akan mendapatkan harga khusus atau agen di hampir semua tempat lab cetak foto di Semarang. Juga untuk pembelian kamera beserta aksesorisnya di Toko Kamera ternama di Semarang.

8 Responses

  1. cari color print pack,DPP-F series, size4*6inch 10*15 cm untuk sony cybershoot, disemarang. minta tolong.

  2. Team Organisation KFSemarang,
    Kapan ada kursus atau penataran atau sharing technikal atau semacam2 itu,mohon undang saya turut bergabung,Salam Sukses

  3. Haloo…salam kenal juga..
    Saya beri informasi, ada lomba foto oleh Bank Indonesia Jakarta batas waktu 3 September 2010
    tentang Heritage Bangunan Bersejarah/Cagar Budaya di Nusantara. Bagi peminat klik website http://www.bi.go.id/web/id/Tentang+BI/Museum/Berita+Museum/Berita+Khusus/Lomba_foto_2010.htm
    matur nuwun..

  4. Haloo,.,.,.,.,., Salam kenal nama saya diyan Saya Hobi bnget deng FotoGrafer Tpi saya belum tau bagaimana cara Untk mengembangkanya tolong kalian bisa memberi solusi buat saya untuk menjadi FotoGrafer Hebat seperti Kalian,.,.,.,
    Trimakasich,.,.,.,

  5. Dalam rangka menutup akhir tahun 2011 dan membuka lembaran baru di tahun 2012, Komunitas Indonesian Geographic mengadakan sayembara foto bertema Traveling. Hanya akan ada 1 pemenang dengan hadiah :
    Mengikuti Sailing Trip Gratis Lombok – Komodo pada tanggal 18 – 22 Januari 2012

    Ketentuan umum :
    1. Tema foto “Traveling Indonesia” ,yaitu memotret keunikan objek wisata, budaya dan kekayaan alam di Indonesia.

    2. Lomba terbuka untuk umum warga negara Indonesia.

    3. Lokasi subyek foto berada di wilayah Indonesia dan tidak dibatasi oleh waktu pengambilan foto tersebut.

    4. Foto adalah karya milik sendiri. Foto boleh hasil dari foto yang pernah diikutsertakan pada lomba foto sebelumnya dari pihak lain, selama tidak bertentangan dengan peraturan pada lomba foto sebelumnya dan foto belum pernah memenangkan lomba tersebut. Indonesian Geographic tidak bertanggung jawab jika ada masalah mengenai hal ini di lain waktu.

    5. Peserta dapat mengirimkan foto berwarna ataupun hitam putih. Olah digital yang diperbolehkan adalah sebatas menaikkan kontras, burning, dodging, sharpening dan cropping. Penambahan elemen dalam foto tidak diperkenankan.

    6. Tidak dipungut biaya apapun dalam keikutsertaan lomba ini.

    7. Submit foto di website Indonesian Geographic ( http://www.indonesiangeographic.com ) tipe Landscape dengan lebar terpanjang adalah 900 pixel dan besar file maks 300KB. Untuk submit foto, login terlebih dahulu jika sudah terdaftar sebagai user. Jika belum, daftar terlebih dahulu sebagai user. Lalu buat album foto sendiri dengan nama bebas, lalu upload foto dengan memilih Photo Contest ”Yes”

    8. Batas akhir lomba adalah pada tanggal 30 Desember 2011.

    9. Hadiah untuk pemenang yaitu gratis mengikut Sailing Trip Lombok – Komodo pada 18 – 22 Januari 2012 ( exclude tiket pesawat Kota Domisili-Lombok dan Labuan Bajo-Kota Domisili ).

    10. Foto pemenang akan menjadi hak dari Indonesian Geographic dan akan ditampilkan di website Indonesian Geographic.

    11. Ketentuan dari juri adalah sah dan tidak dapat diganggu gugat.

    12. Dengan mengirimkan karya foto melaui website Indonesian Geographic, berarti peserta telah dianggap menyetujui semua ketentuan teknis dan persyaratkan yang telah ditetapkan.

    Pengumuman Pemenang akan diumumkan melalui website sekaligus email pada tanggal 5 Januari 2012.

  6. MASS mau tanya nih
    toko dan aksesoris kamera yg lengkap di semarang ada gak yah ?
    jawab yah mass.
    oh ya biasanya kalo lg kupul di mana aja …?

  7. PSYCHOLOGY DIPONEGORO UNIVERSITY proudly present:
    “EKSPOSE 2014-LEVEL UP TOGETHER

    ※ PHOTOGRAPHY COMPETITION and SEMINAR
    – Seminar theme : Street Photography
    Seminar speakers :
    1. Erik Prasetya(Founder of Street Photography)
    2. Edy Purnomo (Pannafoto institute)
    On May 25th 2014, at @hom Hotel Pandanaran
    Public : IDR 120k
    Student: IDR 100k

    Competition
    Theme: The Hidden Struggle of Hard Workers
    • Open for Public (Java)
    • Registration on April 1st – May 23rd 2014
    • Registration fee: IDR 30k/person
    * 1st: certificate, IDR 750k
    * 2nd: certificate, IDR 500k
    * 3rd: certificate, IDR 250k
    CP: Intan 087770555914
    Adhit 08568144291

    REGISTER ON APRIL 1st – MAY 23rd 2014!😀
    Info? follow @eksposeundip😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: