Semarang Multiply Community Jalin Pertemanan Positif di Dunia Maya

komunitas multiplyKecanggihan teknologi memungkinkan orang tak selalu harus bertemu secara fisik untuk saling kenal. Dunia maya pun dapat dijadikan sarana pertemanan, saling tukar informasi, dan bekerjasama. Tren pertemanan di dunia maya ikut mendorong terbentuknya sejumlah komunitas berbasis pertemanan di internet. Salah satunya adalah Semarang Multiply Community (SMC).
SMC sudah dirintis sejak 2 tahun yang lalu. Pembentukannya tak terlepas dari peran Titus Supono Aji atau yang lebih dikenal dengan julukan Katrok. Tituslah yang banyak menelorkan ide kegiatan SMC.

Radityo Prabowo, salah satu punggawa SMC mengatakan komunitas tersebut awalnya dibentuk untuk  menjawab kebutuhan para pengguna layanan multiply. Terutama yang  berada atau berasal dari Semarang untuk bertemu dan beranjangsana. “Keberadaannya sendiri tidak bersifat formal dan terstruktur. Kita fleksibel saja,” katanya.

Karena tidak bersifat formal, para anggota sepakat tidak menjadikan SMC sebagai sebuah organisasi.  “Kalau ditanya kapan berdirinya SMC juga sulit menjawabnya, karena tidak pernah terbersit mendirikan secara resmi. Meski demikian kegiatannya sendiri sudah dirintis sejak 2 tahun lalu,”  ujarnya.

SMC menurut Radit menjadi ajang silaturahmi dan juga berjejaring secara lebih positif. Cara bergabung di komunitas inipun tidak sulit. Yaitu dengan membuat akun di multiply, posting sesuai kepribadian dan minat dan mulai berjejaring dengan multiplier Semarang atau bergabung di group kota Semarang. “Di sini kita bisa menambah teman yang sehobi dan seminat. Membuka keran pertemanan yang kualitatif secara lebih baik daripada moda jejaring lainnya,” ujarnya.

Radit mengatakan para anggota, atau biasa disebut penggembira SMC adalah mereka yang  merasa punya ikatan batin  dengan Semarang atau bisa jadi mereka yang lahir besar di Semarang kemudian pindah ke luar kota. Ataupun mereka yang merupakan pendatang dari kota lain dan bekerja di Semarang.

Tidak ada jadwal yang pasti  kapan para penggembira SMC berkumpul. Namun sesering mungkin diadakan pertemuan informal dengan beberapa partisipan  misalnya saat bulan puasa dan silaturahmi pasca lebaran. “Kami biasa berkumpul di kafe, warung makan, atau rumah salah satu partisipan,” kata dia.

Salah satu kegiatan memorable yang cukup besar dilakukan SMC bulan Februari lalu di Semarang Computer Center, sebuah tempat perbelanjaan di Semarang bertajuk Kampung Cyber Semarang. Saat itulah digagas kopi darat (kopdar) raya para blogger dan komunitas pengguna internet di Semarang melalui sebuah karya pameran dan eksibisi. Acara ini diikuti oleh belasan komunitas cyber di Semarang dengan berbagai point of interest. “Pameran 3 hari ini tak kami sangka bisa sedemikian besar dan cukup mendapat respon bagus dari pengunjung,“ katanya.

One Response

  1. Selamat hari raya idul Fitri 1430 H… Mohon Maaf lahir Dan Batin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: