Rujak Es Krim Rasa Rame

Rujak mungkin sudah pernah dicicipi semua orang. Menu dari aneka buah-buahan dicampur sambal gula Jawa ini enak disantap saat musim panas atau hajatan tertentu. Begitu juga dengan es krim. Makanan ini tak hanya digemari anak kecil, tapi juga orang dewasa. Juga enak disantap saat panasnya siang menyengat.

Bagaimana bila kedua menu tersebut digabungkan. Hasilnya adalah menu berasa rame bernama Rujak Es Krim. Menu kolaborasi ini salah satunya ditawarkan oleh Agus Haryono. Setiap harinya dia mangkal di Jalan Kawi, tak jauh dari Rumah Sakit Elizabeth Semarang.

Rujak es krim yang dijajakan Agus merupakan paduan buah yang diserut dan diberi 3 bulatan es krim. “Rujaknya yang biasa disuguhkan pada acara mitoni, diberi sambal dan ditambahi es krim,” ujarnya. Rasa yang dihasilkan adalah perpaduan manis, asam, dan pedas bercampur menjadi satu.

Saat pembeli memesan rujak es krim, Agus akan segera meraciknya di atas gerobak dorongnya. Buah-buahan seperti bengkoang, timun, nenas, dondong, mangga, dan jambu air diserut hingga halus. Buah serut tersebut dibubuhi sambal gula Jawa dicampur garam, pisang batu, dan terasi yang diuleg. Dia memisahkan bumbu cabai bagi pembeli yang tak suka pedas. “Bagi yang suka pedas, ya langsung dicampur cabai,” ujarnya.

Di atas piring lalu ditambahkan tiga bulatan es krim. Rasanya bisa macam-macam. Kadang Agus membuat es krim nangka, kelapa muda, atau alpukat. Es puter itu dibuat dari santan dan tepung maizena. “Kadang memakai susu, tapi ada pembeli yang tidak suka karena eneg,” katanya. Sensasi rasa rujak es krim pun langsung dapat dicicipi. Harganya pun murah meriah. Hanya Rp. 3.000 satu porsi.

Setiap hari rujak bikinan pria yang tinggal di Tegalsari ini selalu ramai didatangi pembeli. Menu unik itu dibuatnya dengan melihat penjual rujak es krim di Yogyakarta. “Saya lihat kok menunya aneh, lalu saya coba buat. Ternyata bisa diterima lidah orang Semarang juga,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: