Persiapan Bisnis Puasa-Lebaran

Bagi beberapa bidang usaha, Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana kenaikan omset terjadi cukup tajam. Bisnis busana, perlengkapan ibadah, maupun makanan merupakan beberapa bidang yang biasanya mengalami peningkatan cukup tajam saat Bulan Ramadhan. Tentu sebelum Bulan Ramadhan datang, para pengusaha harus mempersiapkan segala sesuatunya agar target bisa diraih.

“Untuk persiapan menyambut Bulan Ramadhan, kami telah melakukannya sejak bulan Mei lalu. Baik itu untuk busana atau aksesoris yang kami produksi sendiri maupun yang dari supplier. Semakin awal kami mempersiapkan diri tentu akan lebih baik, karena jika sudah mendekati hari H, harga busana maupun kain akan naik. Selain itu, tentu kami menghindari kehabisan stock, karena bisa jadi stock akan habis saat mendekati hari H,” papar Ika Upaya, pemilik Bloom Boutique.

Tentu tiap usaha memiliki caranya sendiri untuk menarik minat pengunjung agar datang. Ada yang dengan promo memberi diskon, ada pula yang memberi harga sama seperti harga biasanya tanpa diskon. Bahkan tingginya jumlah pembeli yang berkunjung, membuat beberapa pengusaha menaikkan harga karena stock yang mulai terbatas. Tentu tiap pengusaha memiliki pertimbangan tersendiri untuk langkah yang diambilnya tersebut.

“Berdasar pada tahun-tahun sebelumnya, biasanya di Bulan Ramadhan akan ada kenaikan omset cukup tinggi. Ini karena pada bulan tersebut orang memang telah mempersiapkan diri untuk berbelanja kebutuhan Ramadhan maupun Lebaran. Meski begitu, kami tidak akan menaikkan harga. Bahkan diskon tetap kami berikan kepada pengunjung yang datang. Ini sebagai bentuk pelayanan kami pada pengunjung,” jelas ibu muda yang akrab dipanggil Iiq ini.

Selain mempersiapkan stock barang, hal yang perlu diantisipasi sebelum Bulan Ramadhan datang adalah stamina. Banyaknya jumlah pengunjung tentu akan memerlukan stamina yang cukup untuk tetap fit melayani pengunjung yang datang. Jika tidak mengantisipasinya bisa jadi akan jatuh sakit karena terlalu lelah.

“Biasanya kami mengonsumsi vitamin agar tetap prima melayani pengunjung yang datang. Selain itu tentu tetap berusaha makan di tengah kesibukan melayani pengunjung. Untuk menambah tenaga yang melayani pengunjung, saya sendiri tiap hari harus ikut membantu. Waktu istirahat memang harus diatur sedemikian rupa agar tetap fit,” ungkap Iiq yang butiknya berada di salah satu mal di Semarang ini.

Persiapan menyambut Bulan Ramadhan tentu juga dilakukan pihak pengelola mal. Sebagai pusat perbelanjaan yang pasti akan dipadati pengunjung, pihak pengelola mal tentu ingin memberikan kenyamanan pada pengunjung yang datang. “Menyambut Bulan Ramadhan, berbagai persiapan pasti kami lakukan. Seperti Bulan Ramadhan sebelumnya, kami akan menyediakan takjil gratis untuk pengunjung tiap Senin – Jumat saat berbuka puasa. Selain itu, seperti tahun lalu, kami juga mengadakan event menyambut Ramadhan,” jelas Aisa R Jusmar, Public Relations Mal Ciputra Semarang.

Aisa R Jusmar menambahkan, untuk promo seperti diskon dan lainnya sifatnya variatif, tergantung kebijakan masing-masing tenant. “Sebagai pengelola mal kami selalu berusaha menciptakan rasa nyaman baik bagi pengunjung maupun tenant. Event dengan konsep unik kami harapkan bisa menarik orang untuk berkunjung ke mall. Karena pada perkembangannya saat ini, mal tidak hanya sebagai tempat belanja tetapi juga sarana rekreasi. Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung yang datang berbelanja pada Bulan Ramadhan dan menjelang lebaran nanti kami juga telah siap dengan sistem yang telah ada,” tambah wanita yang biasa dipanggil Achie ini.

Advertisements

One Response

  1. Ada investasi di Bursa saham dan Forex,.. BUka dan gabung di http://www.komisiprima.com/?ref=2006

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: