KCS Aktif Gelar Kegiatan Sosial

Tak banyak komunitas yang mewadahi orang-orang berdasarkan domisilinya. Komunitas Cah Semarang (KCS) menjadi salah satunya. Aktif menarik anggota melalui situs jaringan pertemanan Facebook, KCS kini telah beranggotakan lebih dari 3000 orang. Komunitas ini didirikan oleh Nanang Agus pada 1 Februari 2009.

Dalam hitungan bulan, dengan memanfaatkan dunia maya, jumlah anggotanya sudah mencapai ribuan. Basecamp KCS sendiri ada di Jalan Tampomas Selatan I No 6 Semarang. Dalam perkembangannya, anggota yang masuk tak hanya dari Semarang saja. Namun juga dari kota-kota di luar Semarang. Sebagian besar dari mereka adalah yang pernah tinggal dan punya kenangan di Semarang.

Pembentukan KCS sebenarnya berawal dari acara kumpul-kumpul yang sering dibuat Nanang dan beberapa temannya. Dari pertemanan tersebut, tercetus ide membuat sebuah komunitas yang dikhususkan bagi anak-anak Semarang, baik yang tinggal di Semarang, maupun di kota-kota lainnya. Singkat kata terbentuklah Komunitas Cah Semarang atau disingkat KCS.

“Istilah Cah dipakai karena merupakan panggilan sehari-hari bagi orang Semarang,” katanya. Selain merekrut anggota secara langsung, mereka juga berpromosi dan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi yang ingin bergabung melalui Facebook. Mereka yang ingin menjadi anggota juga bisa menghubungi email komunitascahsemarang@yahoo.co.id.

Tak hanya sekedar ajang kumpul-kumpul, sejak berdiri, KCS menggelar berbagai kegiatan termasuk kegiatan sosial. Contohnya donor darah, pengumpulan sejuta buku, dan kunjungan ke panti jompo. Tanggal 5-6 Juni lalu mereka menggelar kegiatan  untuk mensukseskan program Semarang Bergandeng Tangan di DP Mal.

Acara yang diberi nama KCS Peduli Sesama tersebut diisi dengan donor darah, pengumpulan sejuta buku, live music, live dance, dan lomba memotret model berhadiah kamera digital. “Acara tersebut digelar untuk memeriahkan HUT Kota Semarang ke 462. Kami membuat donor darah karena selama ini suplai darah selalu kurang bagi orang-orang yang membutuhkan,” katanya.

Sedangkan pengumpulan sejuta buku yang diadakan langsung didistribusikan bagi mereka yang membutuhkan untuk meningkatkan minat baca dan menambah pengetahuan. Ke depan KCS akan berkomitmen menggelar kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat bagi orang banyak. Seiring perkembangan waktu, KCS tak hanya ada di Semarang saja. Anggotanya yang ada di kota-kota lain juga memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang diadakan. Mereka ada di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Anak-anak KCS di Yogyakarta misalnya, belum lama ini memfasilitasi kunjungan KCS ke sebuah panti jompo di Kota Gudeg.

Advertisements

One Response

  1. ikutan donk boleh kan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: