Psikotest dan Tips Menghadapi Psikotest

Salah satu tujuan terpenting perusahaan adalah peningkatan produktifitas, Apabila lowongan kerja dibuka maka perusahaan hanya menginginkan satu hal, calon karyawan tersebut harus dapat mendukung peningkatan produktifitas perusahaan. Bagaimana cara melihat apakah seseorang dapat mendukung peningkatan produktifitas tersebut? Salah satu caranya melalui psikotest.

Psikotes atau tes psikometri adalah salah satu cara sebuah perusahaan, atau organisasi untuk melihat kesesuaian antara karakter calon karyawan dengan deskripsi kerja posisi tertentu. Contoh: apakah si A dengan karakter kerja dan kepribadiannya tersebut dapat menjadi seorang marketing yang dapat mendukung laju produktifitas perusahaan sesuai dengan deskripsi dan budaya kerja perusahaan. Jadi, apabila seseorang lolos pada tahap psikotest berarti perusahaan memprediksi bahwa karakter orang tersebut sesuai dengan posisi kerja yang ditawarkan, kemudian apabila seseorang belum lolos berarti karakter orang tersebut lebih sesuai di perusahaan lainnya.

Hasil psikotest bukan satu-satunya penentu seseorang diterima atau tidak sebagai karyawan. Biasanya keputusan tersebut merupakan kombinasi antara wawancara dan tes tertulis. Psikotes biasanya dilakukan untuk tes awal penerimaan karyawan kemudian dilakukan wawancara. Namun ada juga perusahaan yang melakukan wawancara terlebih dahulu baru psikotest. Biasanya melalui psikotest mereka ingin memastikan pandangan mereka sesudah melakukan wawancara.

Tulisan ini masih akan berkembang, namun ada prinsip yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi psikotest, yaitu dua gambaran besar tentang jenis tes psikometri atau psikotest :

a. Tes Intelegensi : Biasanya terdiri dari hitungan, bahasa, bentuk gambar dan ingatan. Isi tes relatif mudah dicerna dan mudah dijawab hanya saja biasanya menggunakan batasan waktu dalam pengerjaan. Jika dipahami benar maka isi soal seperti saat kita masih bersekolah di SMU atau bahkan SMP, hanya saja batasan waktu pengerjaan membuat beberapa orang menjadi cemas sehingga pengisian tidak maksimal.

b. Tes Kepribadian atau karakter kerja : Biasanya peserta akan dihadapkan pada serangkaian pertanyaan mengenai situasi kerja yang mungkin dihadapi lalu diminta memilih tindakan yang biasanya peserta lakukan. Tips terbaik adalah jadi diri sendiri. Semakin anda ingin memanipulasi, semakin jauh harapan anda diterima perusahaan karena seorang psikolog pasti akan mengetahuinya. Selain dihadapkan pada serangkaian pertanyaan, tak jarang juga peserta diminta menggambar sesuatu. Tips dari tugas ini adalah kembali jadilah diri sendiri. Ekspersikan gambar anda sesuai instruksi tester. Tes kepribadian tidak dapat dimanipulasi.

Bagi anda yang dipanggil untuk menjalani psikotest, sebaiknya anda memperhatikan beberapa saran dibawah ini.

1. Sebelum Tes
a. Menyadari dan meyakini bahwa pekerjaan yang dilamar sesuai dengan keinginan dan kemampuan diri.

b. Beristirahat yang cukup dan siapkan mental untuk menjadi diri sendiri. Siap sebelum berjuang merupakan setengah dari kemenangan.

c. Pastikan tahu tempat tes dan datanglah 30 menit sebelum tes berlangsung. Sebelum berangkat tes, berdoalah terlebih dahulu selain itu makan dan minum secukupnya.

2. Saat Tes
a. Dengarkan dengan seksama penjelasan tester, bertanyalah jika masih perlu penjelasan. Bertanya saat tes berlangsung adalah hal yang kurang pintar dilakukan.

b. Kerjakan sendiri, kerjakan saat diminta dan berhenti kerjakan tes saat waktu habis. Jangan mendahului ataupun menambah waktu. Hasil observasi atas sikap anda sangat mempengaruhi laporan psikologis anda.

c. Tetap tenang dan berpikir positif. Ingat, pada dasarnya soal psikotest terdiri dari soal yang mudah dan dapat dikerjakan.

3. Selesai Tes
Bersyukur bahwa telah mengerjakan soal dengan maksimal dan percaya diri.

Terimalah dengan lega bagi yang tidak diterima pada pekerjaan tertentu karena saya yakin anda pasti akan diterima pada pekerjaan yang sesuai dengan kondisi pribadi anda. Anda akan stress dan frustasi bila bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan karakter kerja dan kondisi kepribadian anda. Selamat mengikuti psikotes. Apapun akan tercapai bila kita menginginkannya! (Sekar Nareswari M.Psi.Managing Director PGC Psychological Consulting)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: