TDA Marketing Online Promosikan Produk di Dunia Maya

Dunia maya merupakan wahana yang efektif dan murah bagi pemasaran produk. Hal tersebut disadari betul oleh komunitas TDA (Tangan Di Atas) Marketing Online. Berawal dari keinginan mempromosikan sejumlah produk milik anggota TDA, TDA Marketing Online berkembang ke bidang jasa pemasaran via internet bagi pihak lain.

TDA Marketing Online terdiri dari sejumlah anggota TDA yang gemar mempromosikan produk melalui internet. Agung Purnomo, Ketua TDA Marketing Online mengatakan komunitas tersebut berawal dari keinginan untuk membuat wadah bagi pemasaran produk-produk yang diproduksi atau dipasarkan oleh anggota. “Kami memulai dengan membuat toko online sendiri untuk memasarkan produk secara gratis,” katanya.

Maka dibuatlah toko online melalui blog. Selain itu, marketing juga dilakukan menggunakan mailing list (mailist), dan facebook. “Semuanya gratisan, dengan modal minimalis kita bisa mendapat hasil maksimal,” ujarnya.

Ali Lukman  Ardiansyah atau Aldi, administrator TDA Marketing Online menambahkan dari situ, pihaknya mengembangkan diri dengan membuatkan toko online bagi pihak lain. Terutama bagi para pengusaha atau penjual yang kebingungan memasarkan produknya. Produk yang ditawarkan bermacam-macam. Mulai dari lahan pertanian, rumah, swalayan, hingga kapal tanker bekas. “Semula kita menawarkan diri untuk membantu promosi. Ternyata responnya bagus,” terangnya.

Arief Pamungkas yang mendesain toko online mengatakan klien tidak dimintai bayaran dari blog yang dibuat. Pihaknya mengambil keuntungan dari hasil penjualan barang apabila laku. “Bikin website-nya gratis, kami hanya mengambil margin dari hasil penjualan. Klien bisa menjual dengan harga tetap, sehingga mereka tidak merasa dirugikan,” lanjutnya. Begitu barang yang dipasarkan laku, blog akan langsung ditutup.

Pemasaran melalui dunia maya tersebut dianggap cukup murah dan efektif. Adinda Adrianto, anggota komunitas tersebut mengatakan dengan berpromosi melalui internet selain gratis, materi promosi bisa dilihat seluruh dunia selama 24 jam. Gratis di sini karena banyak layanan web blog gratis yang bisa dimanfaatkan. Tinggal bagaimana pengelola web memasarkannya

Untuk membuat agar blog dilihat banyak orang, pengelola harus rajin-rajin mengunjungi blog-blog lain dan meninggalkan komentar. Dengan begitu diharapkan ada imbal balik, yaitu pemilik blog-blog lain akan gantian melihat blog yang dibuat. Yang tak kalah penting, untuk memudahkan calon pembeli, informasi yang ada di blog juga harus lengkap. “Paling tidak ada gambar, foto, dan ulasan yang lengkap. Juga nomor telepon untuk memudahkan pembeli menghubungi dan membuat nego,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: