Plantera Fruit Paradise, Wisata Buah di Dekat Semarang

Masyarakat Semarang tak perlu jauh-jauh lagi untuk menikmati wisata buah. Sekitar 40 km dari kota Loenpia ini, Anda bisa menikmati hamparan luas kebun buah dengan panorama yang mempesona di Plantera Fruit Paradise. Berbagai buah unggulan seperti durian montong, lengkeng itoh, buah naga red dragon, sirkaya grand anona, rambutan binjai dan rapiah, dan jambu citra bisa Anda liat dari dekat. Jika Anda berminat, bisa membeli dan menikmatinya di tengah perkebunan yang terletak di Kabupaten Kendal tersebut.

Namun, tentu setiap buah memiliki musim sendiri, bisa jadi ketika Anda berkunjung, beberapa buah tidak bisa dijumpai karena belum musimnya. Namun jangan kuatir, karena wisata buah yang terletak di jalan antara Pasar Boja – Curuk Sewu tersebut dikelola secara modern. Ada banyak fasilitas lain yang akan membuat Anda merasa nyaman berada di tempat yang luasnya ratusan hektar tersebut. Desain perkebunan serta sarana penunjang sangat membantu Anda untuk menikmati perjalanan suasana.

Untuk berkeliling Plantera ada tiga program wisata yang bisa Anda pilih, yaitu Fruit Tour, Fruit Safari, dan Fruit Paraise. Masing-masih program memiliki keunggulan tersendiri, Anda tentu bisa memilih sesuai yang Anda inginkan. Setelah Anda berkeliling, untuk bersantai dan menikmati makanan juga disediakan Plantera Resto ‘n Shop. Di tempat tersebut Anda juga bisa berbelanja buah yang telah dikemas.

Sebelum menjadi kawasan wisata buah, Plantera merupakan perkebunan cengkeh. Sekitar tahun 2000 pengelola perkebunan berinisiatif untuk mencoba budidaya buah. “Semua buah yang kami budidayakan merupakan bibit unggul, hampir semua bibit kita import dari luar negeri. Budidaya buah tersebut mulai menampakkan hasil pada tahun 2003, hasil buah yang berlimpah tersebut kami distribusikan ke supermarket-supermaket,” ungkap Lusika Yuliana, Manajer Agrowisata Plantera saat ditemui di kantornya.

Keberhasilan budidaya buah tersebut, kemudian menarik banyak orang untuk mengunjunginya. Banyak permintaan dari instansi atau pun kelompok masyarakat untuk melihat secara langsung. Dari situlah kemudian muncul ide untuk menjadikan kawasan perkebunan buah tersebut sebagai tempat wisata buah terlengkap, pertama dan satu-satunya di Indonesia.

“Tahun 2007/2008 kami berpikir untuk menjadikan perkebunan buah tersebut sebagai Agrowisata. Kemudian kami membuat divisi khusus Agrowisata yang mengelola wisata di Plantera. Dua bangunan baru dan jalan untuk armada wisata di perkebunan pun kami bangun untuk meningkatkan prasana wisata,” tambah Lusika.

Di luar dugaan Agrowisata tersebut disambut antusias oleh masyarakat. Target kunjungan pun jauh melampaui yang telah ditetapkan pihak pengelola. “Untuk hari libur dan akhir pekan bisa mencapai 500-an pengunjung yang datang. Ini jauh di atas target kami yang hanya 100 orang perhari,” jelas Lusika.

About these ads

14 Responses

  1. wah kayaknya menarik n harus didatengin tuh….saya dah nonton liputannya di tv…penasaran aja soalnya slama kuliah disemarang blm pernah denger tuh…kuper bgt deh jadinya…how beatiful indonesia…..

  2. Jd pengen nieh

    • aku dah pernah ke sana, tapi mengecewakan, bayar 25rb cuma diajak keliling taman kira2 10 menit. Kalo di mekar sari kan kita disuguhi buah yang sedang dipanen,,,,jadi ke plantera siap2 ngiler aja :) atau siapkan kocek tebal untuk beli buah di fruit mart mereka yang harganya mahal abis,

  3. Mhn info rate dan contc prsonnya, tq

  4. Mohon info lbh lengkap ttg HTM, Package, gambar dll

  5. manatap surantap itu.
    mau, mau, mau Q datang ke Plentera Fruit Paradise

  6. klo blh tw . .
    Contact person ny brp y ?

    Thank’s . .

  7. minta visi dan misi agrowisata plantera fruit paradise dung,,,,

  8. Saat ini Plantera Fruit Paradise sudah dilengkapi dengan wahana permainan bagi Anda dan keluarga.. Ada Flying Fox, Sepeda Air, dayung perahu di danau, Memancing, Shooting Target dan sebentar lagi akan diluncurkan RC (Remote Control) Car Sirkuit.. untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi di 024-7055-7222 (foni).
    Salam Plantera..

  9. mw tanya kira2 tket masuk berapa ya?..terus itu benran kita bsa nkmatin makan buah distu sepuasnya nggak??…

  10. TIKET MASUKNYA BERAPA YA?

  11. berapa km dari semarang ? jalannya bagus gak ?

  12. sianan bu foni and bu lusika km dri kelopok tanaidan pekb buah d tegal pengin mitra n keja sama to produk pemasaran buah lengkeng bisa, kantor kami 087830074063. bpk alim munawar se.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 34 other followers

%d bloggers like this: