Namira Fanessa Marketing Communication E-Plaza

Usianya masih muda, bahkan masih kuliah di Jurusan Komunikasi Undip (Universitas Diponegoro) Semarang. Namun, gadis kelahiran Pekalongan, 12 Oktober 1985 ini, sudah dipercaya memegang jabatan sebagai Marketing Communication E-Plaza. Prestasi penyuka travelling ini pun cukup bisa dibanggakan, tahun 2008 terpilih mewakili Semarang dalam ajang Anggun Cari Bintang Pantene. Bagaimana cerita seputar prestasi dan ide-ide cewek yang hobby travelling ini, berikut wawancara.

Bisa ceritakan dari awal bagaimana bisa masuk 5 besar Gadis Pantene?
Awalnya ikut Anggun Cari Bintang Pantene tidak sengaja. Waktu itu ada audisi di depan kampus UNDIP. Nah, kebetulan aku mau kuliah, terus teman-teman pada ngebujukin buat ikut. Akhirnya aku pikir kenapa engga, terus ikutan audisinya deh. Akhirnya dari kurang lebih 100 peserta dipilih 10 peserta. Masih diadu bakat lagi, dari 10 itu dipilih 1 orang untuk Audisi di Jakarta mewakili Semarang. Alhamdulilah aku yang terpilih buat mewakili Semarang.

Di Jakarta harus berjuang lagi buat Audisi 10 besar yang berhak ikut karantina, saingannya dari kota-kota besar lain seperti Surabaya, Jogja, Bandung, Makassar, Medan, dan Jakarta. Jumlahnya 30 orang dan dari situ dipilih 10 orang. Harus adu bakat menampilkan yang terbaik di depan 4 juri. Yaitu Anggun.C Sasmi, Rudy Hadisuwarno, Helmy Yahya dan Ibu Ita (Perwakilan P&G beauty produsen Pantene). Kebetulan aku nari Jawa yaitu Tari Gambang Semarang, alhamdulilah terpilih masuk 10 besar mewakili Semarang.

Setelah karantina 2 minggu peserta menjadi 8 besar, lalu dipilih 5 orang finalis, dan aku termasuk salah satunya. Terus karantina 1 minggu berikutnya ada wild card, dan 3 orang finalis yang sudah tereliminasi berhak masuk kembali untuk mengikuti grand final di Studio 1 Trans TV. Waktu grand final aku ngga menang, namun buat aku menjadi finalis juga merupakan kebanggaan tersendiri dan dapat pengalaman yang amat sangat berharga.

Apa manfaat masuk 5 besar pemilihan Gadis Pantene?

Alhamdulilah banyak banget, sempat ikut syuting Reality Show Anggun Cari Bintang Pantene yang di tanyangkan di TransTV, ikut casting iklan juga, pemotretan sama fotografer terkenal, terus pemotretan buat baju designer terkenal juga. Yang pasti aku bisa kenal banyak orang-orang hebat, yang tidak akan saya dapatkan jika tidak mengikuti ajang tersebut.

Selain masuk 5 besar Gadis Pantene, prestasi lain apa yang pernah Anda raih?

Dari dulu basic aku tu tomboy, terus mama yang support aku untuk ikut model biar aku bisa lebih feminim dan berani tampil di depan banyak orang. Manfaatnya sangat besar. Terbukti aku pernah menjadi juara 3 Duta Wisata Pekalongan tahun 2003 untuk mempromosikan pariwisata Kota Pekalongan. Prestasi model lain, seperti The Best Top Model dan Fotogenic H&R, dan lainnya.

Anda bekerja sebagai Marcomm (Marketing Communication), apa tugas utama seorang Marcomm?
Tugas utama marketing communication adalah memilih media partner, tentunya dengan kerjasama yang saling menguntungkan. Promosi dengan menginformasikan ke khalayak umum melalui media partner. Membuat program yang fresh and new. Serta menerima dan mengatasi komplain yang ada.

Gambaran Marcomm yang ideal menurut Anda yang seperti apa?
Sebagai mata dan telinga operasional produk yang akan di tampilkan, keberhasilan seorang marcomm diukur melalui: Promo yang ada bisa diketahui secara up to date, dan informasi ke khalayak umum dapat diterima dengan jelas.

Bagaimana gambaran bisnis pariwara di Semarang dalam pandangan Anda sebagai Marcomm?
Bisnis pariwara di Semarang kelihatannya berkembang cukup bagus. Banyak juga pengusaha yang bergerak di bidang tersebut, sehingga kompetisi antar pengusaha juga terlihat. Ini tentu memicu mereka yang bergerak di bidang pariwara untuk terus kreatif menciptakan ide-ide baru. Kebutuhan pasar akan produk pariwara juga akan tetap berkembang, karena produsen tentu menginginkan produk mereka terus diingat dan diketahui konsumen.

Menurut Anda iklan atau promosi yang baik itu yang seperti apa?
Khalayak umum dapat menerima pesan yang disampaikan dengan jelas, eye catching, persuasif dan mempunyai brand image yang kuat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: