Lotek Khas Jogja di Semarang

Menu khas Yogyakarta tak hanya gudeg. Banyak variasi makanan lain yang selalu membuat kangen lidah yang pernah mencicipinya. Di antaranya Lotek Jogja. Makanan yang mirip pecel ini dibuat dari sayuran, tahu-tempe, irisan tomat, dan yang sangat, khas, memakai ketupat, meskipun makanan yang biasa ada di saat lebaran ini bisa digantikan nasi.

Lotek yang di Semarang dikenal sebagai buah-buahan yang diberi sambal gula Jawa manis, di Jogja merupakan nama makanan berisikan sayur-sayuran. Bila selama ini lotek sulit ditemui di Semarang, kini bisa dinikmati di warung Ulleg-Ulleg yang ada di Jl Tirto Agung 49 Banyumanik Semarang.

Tempat makan yang dikelola Sugiyono bersama istrinya ini menyajikan berbagai varian makanan yang sebagian besar memakai sambel kacang. Selain lotek, ada gado-gado, tahu campur, tahu pojok, dan pecel. “Saya mencoba menawarkan sesuatu yang baru di Semarang,” ungkapnya. Berbagai menu tersebut nikmat disantap dengan gorengan dan tempe serta tahu bacem yang juga disediakan.

Dia menawarkan berbagai variasi masakan agar pengunjung mempunyai banyak pilihan. Selain lotek yang menu khas Yogyakarta, dia juga mengadopsi tahu pojok yang merupakan menu khas Magelang. “Semua ini resep sendiri dari hasil coba-coba,” ungkapnya.

Satu menu pun divariasikan dengan bahan lainnya seperti pecel sutra (suwir dan telur) yang ditambahi suwiran ayam dan telur rebus. Ada pula ketupat sayur, petis kangkung, plencing glandir, dan ayam pejantan. Sebagai minumannya, ada es kelapa muda yang segar.

Sugiyono mengatakan sambutan pembeli di Semarang sangatlah bagus. “Banyak orang Jogja yang tinggal di Semarang, di sini juga banyak dosen Undip yang dari Jogja. Setiap hari selalu ada pembeli baru,” ujarnya.

Dia mengaku tak ada resep khusus dalam meracik masakannya. Selain memasak ketupat menggunakan sistem presto agar cepat matang. “Sehari kira-kira habis 50 ketupat, kadang-kadang bisa lebih,” ucapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: