Layanan Live Streaming Lokal Mulai Menggeliat

Apa yang Anda bayangkan ketika ada orang mengatakan, “saya bisa melihat situasi Lapangan Simpang Lima Semarang secara live!”. Padahal orang itu berada di Palembang? Atau ketika seorang manajer pemasaran di sebuah kantor di Jakarta menyempatkan mengakses Internet sebelum berangkat kerja hanya untuk melihat situasi jalan raya, sehingga dia bisa mengetahui di mana ruas jalan yang macet secara live?

Jika mereka melakukan itu 10 tahun yang lalu, mungkin kita bisa mengira orang-orang tersebut kurang waras. Tapi sekarang, semua itu mungkin terjadi, dan sudah terjadi, Anda pun bisa menggunakannya.

Ketika Internet masuk ke Indonesia belasan tahun yang lalu, kita sudah cukup puas dengan browsing website, mengirim e-mail, atau chatting. Karena pada saat itu kemampuan Internet di Indonesia hanya sanggup untuk melayani aplikasi tersebut.

Namun ketika kemampuan Internet semakin meningkat, apalagi ditambah dengan munculnya teknologi baru seperti HSDPA dan WiMAX sudah membuat Internet bisa digunakan untuk apa saja. Penggunanya pun sekarang tidak hanya kalangan ahli komputer saja, namun sudah merambah ke segala lapisan masyarakat baik itu muda dan tua.

Live Streaming

Mungkin Anda sudah mengenal dengan CCTV, sebuah aplikasi pemantau yang digunakan oleh banyak gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan. Dengan CCTV kita bisa memantau sebuah lokasi menggunakan kamera yang telah diletakkan di lokasi tersebut.

Layanan Live Streaming mengadopsi dari teknologi CCTV, hanya saja untuk koneksi yang digunakan adalah jaringan Internet, tidak menggunakan jaringan lokal seperti halnya CCTV. Jadi dengan menggunakan Live Streaming ini, kita bisa memantau sebuah lokasi dari manapun kita berada, asal sudah tersambung ke internet saja.

Kamera yang digunakan pun khusus, yaitu bernama IP-Cam, proses instalasi pun cukup mudah. Hanya dengan menyambungkan IP-Cam dengan Internet, maka IP-Cam tersebut bisa diakses dari mana saja dengan cara memanggil alamat IP-Cam tersebut melalui web browser.
Penyedia layanan Live Streaming lokal di Indonesia jumlahnya masih terbatas, dan sebagian besar masih dimiliki oleh PT Telkom. Untuk wilayah Jawa Tengah terdapat http://jatengcityview.com dan http://solocityview.com. Untuk di propinsi lain bisa dicoba http://jakartacityview.com.

JatengCityView
Jawa Tengah CityView merupakan aplikasi Live Streaming yang dimiliki oleh PT Telkom Divre IV dan diluncurkan di awal bulan puasa tahun 2008 yang lalu. Jateng CityView memiliki sekitar 20 IP-Cam yang tersebar di seluruh kota di Jawa Tengah.

Anda bisa dengan mudah memantau situasi Lapangan Simpang Lima Semarang, Jalan Malioboro Yogyakarta, dan beberpa ruas jalan di Jawa Tengah secara live. Anda juga bisa memanfaatkan peta online yang bisa diperbesar hingga Anda bisa melihat nama jalan yang berada di wilayah itu. Atau memanfaatkan video streaming yang menampilkan lokasi-lokasi menarik di Jawa Tengah.

Pemetaan di JatengCityView dibagi menjadi 5 wilayah, yaitu Semarang, Solo, Yogyakarta, Pekalongan, dan Purwokerto. Jadi IP-Cam yang saat ini terpasang berada di sekitar kota-kota tersebut. Diharapkan dalam waktu dekat akan ada penambahan IP-Cam.

Adapun kendala untuk menambah jumlah IP-Cam yaitu harga IP-Cam yang masih terbilang cukup mahal. Saat ini harga IP-Cam yang berspesifikasi standar rata-rata berharga USD $600. Selain itu tenaga untuk merawat IP-Cam ini pun masih terbatas.

Pengguna Internet bisa memanfaatkan layanan yang disediakan di JatengCityView secara gratis, namun yang perlu diperhatikan adalah kualitas koneksi yang digunakan. Karena disarankan untuk mengakses JatengCityView, dan situs CityView yang lain adalah menggunakan koneksi Internet broadband.

Saat ini penyedia layanan Internet Broadband sudah cukup banyak, sebut saja Speedy, Astinet, dan Telkomsel Flash. Minimal bandwidth yang dimiliki adalah 256 kbps untuk tampilan tanpa putus-putus. Sedangkan untuk spesifikasi komputer bebas. Anda bisa menggunakan laptop atau pc untuk mengakses JatengCityView.

Selamat menikmati layanan Live Streaming Lokal! (Mohammad Sani Suprayogi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: